Review Film Animasi Hotel Transylvania 4: Transformania

07:09

 Hotel Transylvania: Transformania


Monster dan manusia bertukar posisi karena kekuatan Kristal Ajaib dari Gua Refleksi


• Judul:

  - Global: Hotel Transylvania: Transformania

  - Judul lain: Hotel Transylvania 4

• Sutradara: Jennifer Kluska, Derek Drymon

• Produser: Alice Dewey Goldstone

• Penulis cerita: Genndy Tartakovsky

• Penulis skenario: Amos Vernon, Nunzio Randazzo, Genndy Tartakovsky

• Perusahaan produksi: Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, MRC

• Distributor:

  - Seluruh dunia: Amazon Studios

  - Cina: Sony Pictures Releasing

• Tanggal rilis: 14 Januari 2022

• Durasi: 87 menit

• Bahasa: Inggris

• Negara: Amerika Serikat

• Catatan: Berdasarkan karakter oleh Todd Durham


Pada perayaan ulang tahun Hotel Transylvania yang ke 125, Johnny membuat pesta kejutan tapi hampir terjadi kekacauan. Dracula membenahi semua sebelum terlambat dan pesta berjalan dengan baik. Dracula yang berencana mewariskan hotel pada Mavis menunda keputusannya. Johnny merasa itu karena dirinya yang hanya manusia biasa, bukan monster. Van Helsing menawarkan bantuan dengan mengubah Johnny menjadi monster naga lewat alat temuannya.

Dracula yang ingin mengubah kembali Johnny menjadi manusia membuat kesalahan hingga membuat dirinya berubah menjadi manusia biasa. Tak hanya itu, teman-temannya, Frank, Wayne, Griffin dan Murray turut terkena imbas dan menjadi manusia. Untuk kembali pada diri masing-masing, Dracula harus menemukan Kristal Ajaib yang berada di Gua Refleksi. Dracula dan Johnny pergi bersama. Di tengah perjalanan, Johnny mulai kehilangan jadi dirinya dan perlahan berubah jadi monster ganas.


Waktu Rara bilang ada Hotel Transylvania 4, saya sempat nggak percaya. Masa sih? Karena nggak nemuin postingan informasinya di semua sosial media, padahal kadang ada aja lewat. Setelah cek, ternyata beneran ada dong!


Masih berkisah tentang Dracula dan keluarganya. Setelah Mavis menikah dengan Johnny, Dracula kembali menemukan tambatan hati yang tak lain adalah Kapten Ericka, cucu dari musuh bebuyutannya Van Helsing. Ketika merayakan ulang tahun Hotel Transylvania yang ke 125, Dracula berniat mewariskan hotel pada Mavis. Namun Drac ragu karena suami Mavis, Johnny, hanyalah manusia biasa. Dihantui ketakutannya sendiri, Drac berniat menunda keputusannya.



Mavis yang memiliki pendengaran super tajam tidak sengaja mendengar obrolan Dracula dan Ericka. Dracula berniat pensiun dan mewariskan hotel pada Mavis, Ericka menyetujui rencana itu. Mavis senang mendengarnya dan langsung membagi kabar dengan Johnny. Johnny yang senang bukan kepalang tidak bisa menahan diri dan menemui Dracula. Melihat bagaimana Johnny, Dracula semakin yakin jika mewariskan hotel pada Mavis dan Johnny bukanlah pilihan yang tepat. Karenanya pada saat pidato, Dracula mengumumkan akan adanya penambahan kamar.



Johnny merasa perubahan keputusan Dracula adalah karena dirinya yang bukan monster. Di tengah kekalutan itu, Van Helsing menceritakan tentang alat temuannya yang bisa mengubah manusia jadi monster. Johnny tertarik dan mengikuti Van Helsing ke ruang bawah tanah. Alat bekerja dengan baik pada Gigi, hewan peliharaan Van Helsing. Johnny bersemangat dan bertekad bulat untuk berubah jadi monster. Ia pun berubah menjadi monster naga setelah ditembak alat buatan Van Helsing. Dracula yang mengetahui hal itu berusaha mengembalikan keadaan, sialnya ia tertembak dan menjadi manusia biasa. Tidak hanya Dracula, Frank, Wayne, Griffin dan Murray juga terkena imbas dan menjadi manusia biasa. Dracula dan Johnny pergi untuk mencari kristal ajaib yang berada di Gua Refleksi demi membuat keadaan kembali seperti semula.




Ceritanya unik banget, Dracula dan Johnny bertukar tempat. Dracula versi manusia bapak-bapak banget penampilannya. Johnny jadi monster naga. Kenapa naga? Apakah hatinya sekuat dan seteguh naga? Teman-teman Dracula yang jadi manusia juga mengejutkan penampilannya. Paling bikin kaget si Frank, good looking banget. Mana narsis pula. Si monster jeli beneran jadi jeli/puding yang nggak bisa ngapa-ngapain, tapi tetep diajak buat nyari kristal ajaib.



Bertukar tempat, Dracula merasakan beratnya jadi manusia. Terkagum-kagum pada matahari, tapi karena terbiasa dalam kegelapan bikin matanya sakit hingga bikin rusuh di neraga orang sampai masuk berita. Johnny setia mendampingi Drac dan hobinya berpetualang memudahkan perjalanan menuju Gua Refleksi ya walau banyak halangan dan rintangan. Nggak melulu berat, Drac mendapatkan pengalaman baru selama jadi manusia salah satunya nyobain makanan manusia yang lagi-lagi membuatnya kagum.


Alat temuan Van Helsing yang ternyata punya kelemahan, membuat monster yang diciptakan pelan-pelan hilang kendali. Pun demikian dengan Johnny, terlebih setelah dia tahu kalau Drac berbohong soal adanya "monster real-estate law". Johnny yang marah perlahan berubah jadi monster sepenuhnya.


Kekompakan keluarga monster (Mavis) dan manusia (Ericka) yang membantu Drac untuk menemukan kristal ajaib dan mengembalikan keadaan. Di seri sebelumnya saya kira Van Helsing mati, ternyata dikasih tinggal di hotel dan merestui cucunya menjalin hubungan sama Drac.


Setelah melalui perjalanan dan perjuangan panjang, lagi-lagi Drac mempelajari hal baru dan semakin membuka diri untuk menerima kelebihan dan kekurangan menantunya. Nyeseknya pas balik ke hotel dan ternyata hotelnya dibuat porak-poranda ama Gigi yang udah kehilangan jati diri dan berubah jadi monster ganas. Walau demikian, tetep happy ending.


Pas salah satu zombie kena tembakan berubah jadi manusia, cakep euy. Sayang digigit temennya trus balik lagi jadi zombie. Trus jadi tahu gimana wujud manusia tak kasat mata dan mumi.


Momen seru waktu Drac mulai masuk hutan sebagai manusia dan mengalami segala problem manusia mulai dari kepanasan, digigitin nyamuk sampai dikeroyok piranha. Benar-benar menghibur.


Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Selamat menonton.


Sumber informasi: Wikipedia.

Sumber poster: IMP Awards.


Tempurung kura-kura, 28 September 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews