Manfaat Kembang Macan Kerah

17:42

 Manfaat Kembang Macan Kerah




Sebelumnya saya pernah membahas tentang Mengenal Apa Itu Kembang Untuk Nyekar Menurut Tradisi Jawa. Dalam tulisan kali ini, saya akan membahas lebih detail tentang manfaat Kembang Macan Kerah.


Kembang adalah Bahasa Jawa dari bunga. Namun, dalam masyarakat Jawa, kembang memiliki pengembangan kata tersendiri yang mengacu pada rangkaian atau kumpulan bunga yang kemudian digunakan untuk ritual tertentu. Untuk detailnya bisa baca Mengenal Tradisi Rebo Wage, Kemis Kliwon, Jumat Legi.


Salah satu jenis kembang di Jawa adalah Kembang Macan Kerah. Terkadang ada yang menyebutnya dengan istilah Jamu Macan Kerah. Kembang jenis ini tidak hanya berisi bermacam-macam bunga seperti mawar, melati, gading atau lucari, kenanga, sundel atau sedap malam, dan daun pandan saja. Tapi juga berisi semua bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih juga empon-empon khas Jawa seperti jahe, kunyit, dan lain sebagainya. Plus ada tambahan daun sirih, candu, dan jeruk angir atau jeruk nipis. Jeruk angir adalah buah jeruk dari tanaman jeruk purut.


Karena terbuat dari berbagai macam empon-empon dan rempah-rempah, Kembang Macan Kerah sering digunakan sebagai jamu dengan jalan direbus lalu airnya diminum. Ada pula yang menggunakannya untuk mandi yang tujuannya selain untuk membersihkan diri tentu saja untuk memperoleh manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.


Kebetulan bulan November kemarin saya mendapat kesempatan untuk mandi dengan menggunakan Kembang Macan Kerah. Sebenarnya dari dulu ada yang menyarankan untuk mandi dengan menggunakan Kembang Macan Kerah. Namun, saya nggak kunjung merealisasikannya. Hingga akhirnya pada tanggal 15 November 2020 ada orang pesan Kembang Macan Kerah dan nggak diambil. Karena sayang udah dibuatin, diracik, akhirnya saya gunakan untuk mandi.




Efek yang saya rasakan setelah mandi dengan menggunakan Kembang Macan Kerah adalah tubuh jadi lebih fresh dan wanginya itu suka banget. Campuran aroma kembang dan rempah-rempah, bikin rileks.


Di tempat saya, biasanya mandi dengan Kembang Macan Kerah dilakukan oleh wanita setelah melahirkan, setelah menggelar acara hajatan atau kegiatan lain yang cukup menguras tenaga. Mandi dengan Kembang Macan Kerah dipercaya bisa mengembalikan vitalitas tubuh. Baiknya memang digunakan untuk berendam, tapi karena saya tidak memiliki bathup, saya langsung saja mengguyurkan air berisi campuran Kembang Macan Kerah dari kepala. Efeknya memang setelah mandi tubuh terasa fresh, seolah semua lelah hilang.


Ada pula beberapa orang yang mandi dengan Kembang Macan Kerah sebelum melakukan hal tertentu, terutama hal besar karena dipercaya mampu menambah rasa percaya diri.


Untuk efek jamu jika diminum pun kurang lebih sama untuk mengembalikan vitalitas tubuh. Juga meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk kecantikan bisa membuat kulit halus dan keringat menjadi wangi. Tentu saja manfaat ini bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi dengan rutin.


Minat untuk mencoba?


Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat.



Tempurung kura-kura, 14 Desember 2020.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews