Review Film Korea More Than Family (2020)

19:24

 More Than Family




Jika pernikahan ini kacau, tak mengapa. Toh keluargaku juga baik-baik saja. Untuk mengetahuinya, aku harus mencoba.


• Judul:

   - Global: More Than Family

   - Romanisasi: Aebigyuhwan

   - Hangul: 애비규환

• Sutradara Choi Ha Na

• Penulis: Choi Ha Na

• Tanggal rilis: 12 November 2020

• Durasi: 110 menit

• Genre: Keluarga

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Distributor: Little Big Pictures

• Pemeran:

   - Krystal

   - Jang Hye Jin

   - Choi Duk Moon

   - Shin Jae Hwi


To Il (Krystal) seorang mahasiswi berusia 21 tahun. Ia bekerja sebagai guru les privat. To Il berkencan dengan anak didiknya Ho Hoon (Shin Jae Hwi) yang berusia 19 tahun. To Il hamil dan sengaja menyembunyikannya. Ketika kandungan berusia 5 bulan, To Il dan Ho Hoon meminta restu pada orang tua To Il. Ibu To Il (Jang Hye Jin) dan ayah tirinya (Choi Duk Moon) tidak memberi restu. To Il memutuskan kembali ke Daegu untuk mencari ayah kandungnya yang bercerai dengan sang ibu ketika ia berusia lima tahun.



Akhirnya bisa nonton juga film pertama dari Dedek Ital. Rasa penasaran terjawab sudah tentang kisah To Il.



To Il (Krystal) gadis berusia 21 tahun yang berstatus sebagai mahasiswi. Ia juga bekerja sebagai guru les privat. To Il memiliki satu murid laki-laki bernama Ho Hoon (Shin Jae Hwi). Usianya 19 tahun. Hubungan To Il dan Ho Hoon tak hanya sekadar guru dan murid, keduanya menjalin kasih hingga To Il mengandung. Mengetahui kedua orang tuanya akan menyarankan aborsi, To Il menyembunyikan kehamilannya hingga kandungannya berusia 5 bulan. To Il dan Ho Hoon menemui orang tua To Il untuk menunjukkan status hubungan mereka, kehamilan To Il, serta meminta restu.



Mendengar kabar itu, Ayah (Choi Duk Moon) dan Ibu To Il (Jang Hye Jin) marah besar dan tidak mau memberikan restu. Mengetahui watak kedua orang tuanya, To Il telah mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi serangan dari ayah dan ibunya. Namun, hal itu justru membuat To Il dan kedua orang tuanya bertengkar.



Sepulang dari rumahnya, To Il dan Ho Hoon ganti menemui orang tua Ho Hoon. Berbeda dengan orang tua To Il, Ayah (Nam Moon Chul) dan Ibu (Kang Mal Geum) Ho Hoon justru menyambut baik kabar kehamilan To Il dan langsung merestui keduanya.



Dalam kondisi kalut, To Il memutuskan pergi ke Daegu untuk mencari ayah kandungnya dan sementara waktu berpisah dengan Ho Hoon. Dalam perjalanan itu To Il mengalami banyak hal dan akhirnya bertemu dengan ayah kandungnya (Lee Hae Young). Saat kembali dari Daegu, To Il mendapati fakta bahwa Ho Hoon tiba-tiba menghilang.



Film ini simpel dan ringan banget. Kisah To Il bisa kita jumpai di sekitar kita. Gadis yang hamil di luar nikah menjadi aib bagi keluarganya. Wajar jika orang tua To Il syok, marah, bahkan tidak merestui hubungannya dengan Ho Hoon. Terlebih Ho Hoon masih 19 tahun, masih mau lulus SMA. Makin dobel syoknya. Setiap orang tua pasti nggak mau putrinya hidup menderita nantinya setelah menikah. Hal inilah yang menjadi kekhawatiran orang tua To Il.


Orang tua Ho Hoon unik. Tahu anaknya menghamili anak orang nggak marah malah menyambut baik. Mungkin karena mereka udah mengenal To Il yang tak lain adalah guru les privat Ho Hoon.


To Il adalah sosok gadis pintar dengan pemikiran terbuka. Alih-alih menggugurkan kandungannya, ia memilih untuk melahirkan. Ho Hoon sosok pacar bucin. Doi sayang banget sama To Il dan berusaha keras untuk memberikan yang terbaik untuk To Il. To Il juga sayang banget sih ama Ho Hoon. Keduanya sama-sama bucin.


Saya sempet mikir Ho Hoon jahat karena tiba-tiba menghilang. Sempet mikir orang tuanya sengaja nyembunyiin dia juga. Ternyata.... Btw, saya nggak nyangka lho kalau yang meranin sosok Ho Hoon ini yang juga menjadi pemeran di True Beauty. Yang jadi musuhnya Han Seojun.


Film ini memberi gambaran bahwa untuk mewujudkan sebuah pernikahan bukan perkara gampang. Ada saja ujiannya, ada saja halangannya. Tergantung bagaimana calon mempelai menanggapinya. To Il dan keluarganya mempelajari banyak hal dan menyadari banyak hal, terutama To Il sendiri. Pada akhirnya kesalahpahaman selama 15 tahun bisa diluruskan. Salut sama ayah tirinya To Il. Baik banget. Akting Ital keren. Kayak bumil muda beneran.



Ringan dan ada rasa humor. Gemes liat Ital agak gendutan dengan perut membuncit. Beneran kayak mama muda. Good actress dah idol Krystal ini.


"Jika pernikahan ini kacau, tak mengapa. Toh keluargaku juga baik-baik saja. Untuk mengetahuinya, aku harus mencoba." --To Il.



Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.


Sumber poster dan foto: Hancinema



Tempurung kura-kura, 28 Desember 2020.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews