Review Korean Movie Kingdom Season 2 - Kisah Perebutan Tahta Yang Dikemas Dengan Cara Berbeda

19:01

Kingdom Season 2 - Kisah Perebutan Tahta Yang Dikemas Dengan Cara Berbeda



Film saeguk atau film kolosal dari Korea memang khas dengan kisah perebutan tahta yang kejam, penghianatan yang bikin geram, dan kesetiaan yang tak jarang membuat kita menitikan air mata. Kingdom memberikan tontonan tentang ciri khas yang sudah umum tersebut, tapi dikemas dalam versi yang unik.





Kingdom Season 2

• Judul:
- Global: Kingdom Season 2
- Korea: Kingdeom Seuszen 2
- Hangul: 킹덤 시즌 2

• Network: Netflix
• Episode: 6
• Tanggal rilis: 13 Maret 2020
• Bahasa: Korea
• Negara: Korea Selatan
• Catatan:  Berdasarkan webcomic “Burning Hell Shinui Nara” karya Kim Eun Hee (penulis) dan Yang Kyung Il (illustrator) (pertama kali diterbitkan pada 23 Juli 2015 oleh RHK).

• Pemeran:

- Ju Ji Hoon - Lee Chang
- Bae Doo Na - Seo-Bi
- Ryoo SeungbRyong - Jo Hak Joo
- Kim Hye Jun - Ratu
- Kim Sang Ho - Moo Young
- Kim Sung Kyu - Young Shin
- Heo Jun Ho - An Hyun
- Jun Suk Ho - Jo Beom Pal
- Park Byung Eun - Min Chi Rok
- Jin Seon Kyu - Deok Sung
- Kim Tae Hoon - Lee Kang Yoon
- Ha Min - Dayang istana kepercayaan Ratu
- Kim Jong Soo
- Gianna Jun





• Sinopsis

"Kingdom - Season 2" adalah kisah zombie pada zaman Dinasti Joseon. Ini tentang seorang pangeran bernama Yi Chang (Ju Ji hoon) yang dijebak sebagai pengkhianat, tetapi ia menemukan kebenaran tentang orang-orang yang telah kelaparan sampai-sampai menjadi monster.



Akhirnya!!! Setelah penantian selama satu tahun lamanya bisa menonton kembali aksi Pangeran Tampan Lee Chang. Tapi harus galau menunggu setahun lagi buat ketemu Pangeran Lee Chang. Heuheuheu....

Masih melanjutkan petualangan Lee Chang (Ju Jihoon) yang mencari kebenaran tentang wabah yang menyerang negerinya. Di season 1 ditutup dengan adegan Lee Chang dan pasukannya bersiap menghadang pasukan zombie yang bergerak menuju benteng pertahanan. Mereka lega ketika matahari terbit. Tapi sialnya walau matahari sudah terbit, kawanan zombie masih datang menyerbu benteng hingga membuat pasukan Pangeran Lee Chang kuwalahan bahkan kocar-kacir dan harus mundur ke benteng utama.


Di tempat lain Seo Bi (Bae Doo Na) sedang mencari tahu tentang rumput pembangkit dan justru dikepung kawanan zombie bersama Jo Beom Pal (Jun Suk Ho). Seo Bi menemukan fakta bahwa kawanan zombie itu tidak takut sinar matahari, melainkan takut pada hawa panas. Sesuai dengan rumput pembangkit yang gemar tinggal dan tumbuh subur di daerah dingin. Jadi para zombie bisa tetap keluar di siang hari karena hawa tetap dingin walau matahari sudah terbit. Karena sedang musim dingin, hawa tetap dingin walau matahari sudah terbit, sehingga para monster tetap bisa bergerak dan menyerang.



Di season 2 ini penonton udah disuguhi adegan tegang mulai dari awal. Alurnya pun maju-mundur. Penonton digiring untuk kembali menyaksikan kejadian di masa lalu bagaimana awal mula wabah menyebar. Bagaimana Tuan An Hyun (Heo Jun Ho) bisa begitu memahami karakter monster yang mereka hadapi melebihi Pangeran Lee Chang.



Diceritakan pula bagaimana hubungan antara Jo Hak Joo (Ryoo Seung Ryong) dan Tuan An Hyun terbentuk. Ada kejutan di season 2 ini tentang karakter Jo Hak Joo. Suer sebel banget liatnya, tapi nggak nyangka dia berakhir dengan cara yang mudah. Selamat dari kematian akibat gigitan monster, tapi nggak selamat dari jebakan putrinya sendiri. Miris. Ending-nya tragis tapi nggak keren. Heuheuheu.



Si pembuat masalah, ya karena wabah menyebar karena ulah mamas bernama Young Shin (Kim Sung Kyu) yang dengan sengaja memasak daging murid Guru Lee yang tewas diterkam Yang Mulia Raja. Jadinya satu desa jadi zombie dan bikin Seo Bi kerepotan. Young Shin tetep setia mengawal Pangeran Lee Chang hingga akhir lho! Bahkan rela mati sama-sama dengan Pangeran Lee Chang. Young Shin ini misterius juga. Awalnya saya pikir dia lah sang pengkhianat. Ternyata....



Pengawal setia Pangeran Lee Chang yang berakhir tragis. Konflik antara Moo Young (Kim Sang Ho) meningkat di season 2 ini. Pangeran Lee Chang masih mencurigai Moo Young tak setia padanya, tapi pada akhirnya dia memilih untuk mempertahankan Moo Young. Tak banyak yang tahu kalau sosok Moo Young ini sebenarnya adalah sosok penting dalam era baru negeri.



Babang kocak dari Klan Jo ini pun masih setia mengintili Seo Bi. Cinta emang gitu ya. Bisa merubah siapa aja. Hehehe. Jo Beom Pal (Jun Suk Ho) yang penakut akhirnya ikut berpetualang bersama Seo Bi. Saking sukanya dia sama Seo Bi jadi dia ngintil Seo Bi ke mana aja termasuk ke bukit tempat tumbuhnya rumput pembangkit. Bahkan sampai terjebak dalam kepungan zombie di bukit itu. Gara-gara babang ini juga hidup Seo Bi kocar-kacir. Dilempar sana sini.



Sebenarnya Ratu tidak terlahir sebagai psikopat. Ratu (Kim Hye Jun) hanya seorang korban dari sistem patriaki. Ia selalu diremehkan oleh sang ayah karena dia seorang perempuan yang kebetulan juga memiliki fisik lemah. Miris juga sama karakter ini. Jadi keinget Mishil.



Di season 2 juga bermunculan banyak karakter baru yang bikin saya jatuh hati karena mereka berbeda dari orang-orang istana kebanyakan. Selalu ya film saeguk ada tokoh dengan tipikal seperti ini.




Di season 2 penonton disuguhi lebih banyak adegan ngeri juga adegan yang bikin nangis. Banyak fakta yang diungkap sehingga hampir semua teka-teki di season 1 terjawab.

Walau bukan film saeguk pertama yang bertema zombie, Kingdom saya sebut sebagai film saeguk dengan tema zombie yang unik. Dalam film ini zombienya tidak kaku seperti dalam film zombie yang pernah saya tonton atau seperti dalam cerita yang pernah saya baca dalam novel. Zombienya lentur. Bisa lari, bahkan bisa naik ke atas genteng. Walau cara penyebarannya sama melalui gigitan. Bahkan zombie di film ini bisa keluar di siang hari ketika matahari bersinar cerah. Masih penasaran sih sama zombie-zombie ini dan harus menunggu setahun lagi untuk mendapatkan jawabannya. Heuheuheu.

Oya, di ending ada Mbak Gianna Jun aka Jun Ji Hyun lho! Sebagai apa? Sementara sih saya nebaknya sebagai pembasmi zombie. Tapi entahlah. Mari kita tunggu setahun lagi. Hehehe.

Saya senang sekali bisa lanjut nonton kisah Pangeran Lee Chang tapi juga sedih karena harus nunggu setahun lagi untuk kembali nonton aksi si Pangeran Tampan. Yang nanya Pangeran Lee Chang naik tahta apa nggak, tonton saja sendiri ya. Kekeke. Sosok Pangeran Lee Chang ini keren. Makin cinta deh sama dia. Hihihi.

Film Kingdom 2 saya rekomendasikan untuk ditonton. Sekian review dari saya. Maaf karena mungkin terlalu panjang. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Photo by: Hancinema.


Tempurung kura-kura, 15 Maret 2020.
- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews