Cara Pengaduan Gangguan Listrik Ke PLN Secara Online
03:40
Cara Pengaduan Gangguan Listrik Ke PLN Secara Online
Beberapa waktu lalu listrik di markas Sarang Clover mengalami gangguan berupa sering padam. Dengan daya 1300 harusnya tidak ada masalah jika kami menggunakan beberapa alat elektronik secara bersamaan. Namun beberapa bulan terakhir gangguan berupa listrik tiba-tiba padam semakin sering kami alami hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.
Awalnya kami menduga gangguan itu berasal dari setrika dan kemungkinan mesin fotokopi. Namun ketika mesin fotokopi diservis dan dicek, hasilnya normal. Lalu petugas servisnya curiga jangan-jangan masalahnya pada listrik. Setelah dicek ternyata memang tidak sampai 220 V. Petugas menyarankan kami untuk mengajukan pengaduan kepada PLN agar masalah segera teratasi dan tidak berimbas buruk pada semua alat elektronik yang ada di markas.
Langkah pertama yang kami ambil adalah dengan menghubungi nomer customer service untuk area kami. Namun ternyata salah satu nomer tidak bisa dihubungi dan satu nomer lainnya tidak mendapat respon sama sekali (tidak ada yang menjawab panggilan).
Berikutnya kami memutuskan untuk datang langsung ke kantor PLN di wilayah kami. Pengalaman pertama dan kami sama sekali tidak tahu bagaimana prosedurnya. Pagi-pagi kami datang ke kantor PLN dan memilih masuk ke kantor yang diperuntukkan menerima keluhan pelanggan.
Di sana kami disambut oleh Pak Satpam yang super ramah, lalu ditanya ada keperluan apa. Karena waktu itu kondisi cukup ramai, ada beberapa pelanggan yang harus dilayani, maka kami diminta duduk menunggu. Setelah kurang lebih setengah jam, Pak Satpam kembali menghampiri kami. Saya pun mulai mengungkapkan semua keluhan listrik yang kami alami. Di sinilah kami baru tahu kalau pengaduan keluhan tidak bisa dilakukan secara langsung. Pak Satpam menyarankan kami untuk menghubungi 123 dan menyampaikan keluhan di sana. Untuk area Malang kami hanya perlu menambahkan kode area yaitu 0341.
Kami pun kembali pulang dan saya segera menghubungi nomor 0341 123. Sesuai saran Pak Satpam, setelah terhubung saya langsung menekan angka 2 agar terhubung dengan operator. Tidak menunggu lama saya pun langsung terhubung dengan operator.
Saran saya jika Anda ingin mengajukan pengaduan melalui panggilan manual/GSM, pilihlah kartu yang memiliki jaringan stabil agar selama panggilan tidak terputus-putus.
Setelah terhubung dengan operator, kita akan diberi kesempatan untuk mengutarakan seputar keluhan. Lalu, kita akan ditanya-tanya tentang data lengkap termasuk nama pelanggan dan lokasi secara lengkap. Setelah itu kita akan mendapatkan nomer kode keluhan yang harus kita simpan. Tunggu selama 1x24 jam.
Jika dalam waktu 1x24 jam belum ada petugas yang melakukan tinjauan, kita bisa mengajukan komplain. Komplain bisa melalui panggilan 0341 123 lagi dengan menyebutkan kode keluhan yang kita simpan. Bisa juga melalui aplikasi PLN mobile. Nah, di sini saya akan membagi cara mengajukan pengaduan keluhan/komplain pengaduan keluhan melalui aplikasi PLN mobile.
1. Instal aplikasi PLN mobile
Langkah pertama adalah harus menginstal aplikasi PLN mobile. Bisa kita dapatkan di Play Store.
2. Melakukan registrasi
Setelah menginstal aplikasi PLN mobile, langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran. Siapkan nomer pelanggan dan email untuk melakukan registrasi.
3. Mengajukan pengaduan keluhan
Setelah terdaftar, kita bisa melakukan pengaduan keluhan. Ada tiga cara yaitu dengan melakukan panggilan internet 123, panggilan GSM 123, dan chat PLN 123.
Di sini saya akan menjelaskan cara mengajukan pengaduan atau komplain dengan menggunakan fasilitas chat PLN 123.
Klik chat PLN 123. Jika sudah muncul tulisan Hallo agent PLN 123, langkah selanjutnya kirim jawaban dari pertanyaan yang tertera di bawah kolom pesan. Lalu klik start chat. Setelah itu kita akan terhubung dengan operator. Setelah terhubung, Anda bisa menyampaikan keluhan dan mendapatkan kode keluhan yang harus disimpan.
Untuk pengguna layanan chat, setelah mendapat kode harap di screenshot karena chat tidak akan tersimpan setelah chat berakhir.
Prosesnya tidak lama. Pada kami setelah kami melakukan komplain, siang harinya langsung ditinjau ke lokasi dan dicari permasalahannya apa. Lalu, besoknya sudah ditangani. Mudah kan?
Selain untuk pengaduan, kita juga bisa mendapat bermacam informasi dari aplikasi PLN mobile. Salah satunya informasi tagihan. Selain itu kita juga bisa melakukan pengajuan pembayaran melalui aplikasi.
Mudah sekali, kan? Kita bisa melakukan pengaduan bahkan pembayaran dari rumah hanya melalui aplikasi PLN mobile. Selamat mencoba.
Video tutorial Cara Pengaduan Gangguan Listrik Ke PLN Secara Online bisa ditonton di:
0 komentar