Tutorial Beli Materai Online

05:13

 Cara Membeli Materai Online


(Sumber foto: Pixabay)

Sepertinya saya benar-benar kudet sampai nggak tahu kalau materai sekarang bisa beli online. Kemana aja kamu, Kura! Makanya, keluar dari tempurung dong! Heuheuheu.


Events baru, teman baru, ilmu baru. Baru tahu di tahun 2024 kalau materai bisa beli online setelah mengikuti events yang digelar Teori Kata Publishing dan lolos jadi peserta. Waktu dikirim link untuk beli materai online, saya agak ngang-ngong, emang bisa ya? Di sisi lain, seneng banget. Daripada keluar buat ngurus offline, mending ngurus online aja. Penasaran dan antusias, langsung membuka situs yang diberikan dan mulai melihat-lihat, harus bagaimana untuk bisa beli materai  online. Saya menggunakan link yang dikirim Teori Kata Publishing yaitu e-Materai.

Berikut cara membeli materai secara online di web e-Materai.

1. Membuat akun


Langkah awal yang harus ditempuh adalah membuat akun di web e-Materai. Jangan kaget kalau dalam proses pendaftaran ada permintaan KTP juga. Ikuti saja petunjuk pendaftaran hingga proses sukses.




2. Melakukan transaksi pembelian


Setelah akun selesai dibuat, bisa langsung melakukan transaksi pembelian di web e-Materai. Ikuti saja langkah sesuai petunjuk. Pilih berapa banyak materai yang akan dibeli, lalu lanjut untuk melakukan pembayaran.




3. Pembayaran


Setelah memilih jumlah/kuota materai yang akan dibeli, kita akan mendapatkan rincian berupa nomor transaksi serta nominal yang harus dibayar. Ada empat pilihan metode pembayaran. Pilih yang sesuai keinginan atau sesuai kondisi kita.




Pertama melalui Virtual Akun Bank (Transfer). Bisa melalui mobile banking atau datang ke ATM terdekat. Saya menggunakan metode ini. Waktu itu saya memilih Bank BNI dan ada biaya tambahan untuk pembayaran. Transfer dari BCA jadi waktu itu total pembayaran Rp. 18.300,- karena ada biaya transfer Rp. 6.500,-




Kedua ada metode pembayaran tunai. Bisa lewat Kantor Pos atau Alfamart. Nanti kita dapat kode bayar yang kemudian ditunjukan ke lokasi pembayaran yang dipilih. Teman saya memilih metode pembayaran melalui Alfamart, tapi di kotanya tidak bisa melayani. Kurang paham apakah layanan belum tersedia di semua kota atau bagaimana.



Ketiga ada metode pembayaran melalui Indomaret. Sepertinya langkahnya hampir sama seperti langkah ketiga, tinggal datang ke Indomaret terdekat dan tunjukan kode untuk pembayaran.



Keempat bisa membayar dengan metode Bayar dengan QR melalui QRIS.



4. Pembubuhan


Setelah proses pembayaran selesai, lanjut ke proses pembubuhan materai yang dokumen. Ikuti saja petunjuk langkah di web. Pertama unggah dokumen, isi semua data. Setelah dokumen diunggah, lanjut proses memilih posisi materai. Nanti bisa langsung pilih di halaman berapa materai akan dibubuhkan. Atur posisi hingga pas, kemudian klik bubuhkan. Akan ada proses untuk membuat pin/nomor seri materai, dan kemudian pembubuhan sukses. Setelah sukses, tinggal unduh dan dokumen bermaterai siap digunakan.





Proses pendaftaran di awal memang boleh dibilang agak ribet, tapi setelah punya akun, proses berikutnya cepat. Selain web e-Materai, pembelian materai online juga bisa dilakukan di web Materai id dan Skill Academy. Kalau caranya, menurut saya kurang lebih sama. Butuh materai online, bisa langsung beli di tiga web tersebut di atas ya!

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews