Review Drama Korea My Lovely Liar (2023)

07:07

 My Lovely Liar



Kisah Cinta Nona Pemburu Kebohongan dan Tuan Tidak Pernah Bohong


• Judul:

   - Global: My Lovely Liar

   - Judul lain: Useless Lies

   - Romanisasi: Soyongeobseo Geojitmal

   - Hangul: 소용없어 거짓말

• Sutradara: Nam Sung Woo

• Penulis: Seo Jung Eun

• Network: tvN

• Episode: 16

• Tanggal tayang: 31 Juli - 19 September 2023

• Durasi: ± 65 menit per episode

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Pemeran:

   - Kim So Hyun

   - Min Hyun

   - Seo Ji Hoon

   - Lee Si Woo

   - Yun Ji On


Mok Sol Hee (Kim So Hyun) memiliki kemampuan unik yaitu bisa mendeteksi kebohongan ketika mendengar seseorang berbicara. Walau membenci kemampuannya, So Hee bertahan hidup menggunakan kemampuan itu hingga dikenal sebagai Nona Pemburu Kebohongan. Karena kemampuan tersebut, Sol Hee sulit memercayai orang lain.

Suatu ketika Sol Hee bertemu dengan Kim Do Ha (Min Hyun). Sol Hee menemukan fakta unik bahwa Do Ha tidak pernah berbicara bohong. Namun, saat keduanya mulai dekat, Sol Hee mendapati kenyataan bahwa Do Ha adalah tersangka pembunuhan. Kebohongan pertama yang didengar Sol Hee dari mulut Do Ha adalah bahwa tidak membunuh korbannya.


Salah satu drama yang saya tunggu penayangannya. Alasan pertama, tentu saja karena ini drama Kim So Hyun. Setelah nggak ada proyek selama... dua tahun kah? akhirnya Kim So Hyun ada drama lagi. Kejutannya, lawan main Kim So Hyun kali ini adalah Min Hyun. Woa! Uri Prince comeback main drama lagi. Jadi makin antusias buat nonton. Trus, ya ampun begonya kura satu ini, baru tahu kalau Seo Ji Hoon ada dalam proyek yang sama ama Dedek Kim So Hyun dan Min Hyun setelah doi bikin insta story. Ya ampun, Kura! Kudet banget lu ya! Makin seneng dong! Seo Ji Hoon adu akting sama Kim So Hyun, huaaaaa!!!


Berkisah tentang Mok Sol Hee (Kim So Hyun) yang memiliki kemampuan unik, kemampuan supernatural pada kedua telinganya yaitu bisa mendeteksi kebohongan. Akan ada lonceng yang berdenting di telinga Sol Hee jika gadis itu mendengar seseorang berbohong. Sayangnya, ia hanya bisa mendeteksi kebohongan itu jika mendengar langsung perkataan seseorang. Walau awalnya membenci kemampuan itu, Sol Hee akhirnya bekerja dengan mengandalkan kemampuannya tersebut dan bisa hidup dengan mudah. Ia dikenal sebagai Nona Pemburu Kebohongan, dukun muda yang melayani roh kejujuran.


Kim Do Ha (Min Hyun) adalah seorang penulis lagu. Ia hidup bersembunyi dan kemana-mana selalu menutupi wajahnya dengan masker. Bukan tanpa alasan, Do Ha harus hidup bersembunyi karena lima tahun yang lalu ia terlibat masalah serius dan ditetapkan sebagai terduga tersangka pembunuhan.


Syaon (Lee Si Woo) adalah penyayi solo yang selalu menyanyikan lagu-lagu ciptaan Do Ha. Ia bintang sukses dan karena kedekatannya dengan Do Ha menimbulkan skandal hingga membuat wartawan memburunya. Bahkan wartawan sampai membuntuti Syaon dan menemukan kediaman Do Ha. Demi mendapatkan wajah asli Do Ha, wartawan sampai menggunakan drone.


Karena alasan keamanan, Do Ha pun pindah ke apartemen milik Jo Deuk Chan (Yu Ji On) CEO J Entertainment sekaligus sahabat Do Ha. Di tempat tinggal barunya, Do Ha yang kemana-mana memakai masker ditangkap karena diduga sebagai pelaku pencabulan. Saat massa akan membuka masker Do Ha, Sol Hee muncul menghalangi dan mengatakan jika Do Ha bukan pelakunya.


Setelah Sol Hee membuktikan bahwa Do Ha bukan pelaku, keduanya sering bertemu dan terlibat satu sama lain. Sol Hee tertarik pada Do Ha karena pemuda itu tak pernah berbohong. Selain membuat penasaran, hal itu juga membuat Sol Hee merasa nyaman. Suatu malam, setengah sadar Do Ha bergumam bahwa ia tidak membunuh dan lonceng di telinga Sol Hee berdenting ketika mendengarnya. Sol Hee terkejut karena kebohongan Do Ha yang pertama didengar Sol Hee adalah tentang pembunuhan.


Pas nonton tayangan perdananya langsung tertarik. Unik nih kemampuan Sol Hee, bisa deteksi kebohongan dari apa yang ia dengar dan hasilnya selalu 100% akurat. Memanfaatkan kemampuan itu Sol Hee bisa mendapatkan uang. Kemampuan yang diperoleh Sol Hee berkat doa ibunya yang memohon anaknya diberkahi kemampuan khusus agar bisa mendapatkan uang dengan mudah. Tapi yang namanya hidup tidak ada kata mudah. Dengan kemampuan uniknya Sol Hee memang bisa bekerja dan menghasilkan banyak uang, tapi sebelum itu ia membuat keluarganya kacau. Ibunya dipenjara karena ulah Sol Hee dan kemudian kedua orang tuanya bercerai. Selain itu, Sol Hee jadi hidup tidak tenang karena tidak bisa memercayai orang 100% dan kapan pun dimana pun jika mendengar kebohongan lonceng di telinganya berdenting.


Ketika kisah Do Ha diungkap, jadi keinget ama dramanya Mas Junki yang berjudul Flower Of Evil dan yakin Do Ha bukanlah pelakunya. Penasaran ini jalan cerita, kebenaran kasus sebenarnya bagaimana. Karena latar belakangnya kan sama-sama pernah jadi tersangka dan sampai ganti identitas.


Oya, pas tahu ada Seo Ji Hoon penasaran doi dapat peran apa. Yang pasti second lead ya, tapi karakternya gimana. Ternyata doi memerankan karakter Lee Gang Min, polisi yang juga mantan kekasih Sol Hee. Benang merahnya udah ada, tersangka versus polisi dan Sol Hee di tengah-tengahnya dengan status sebagai mantan pacar polisi yang sedang dekat dengan terduga tersangka pembunuhan.


Kisah cinta yang manis yang sukses bikin yang nonton terus senyum dan ngarep punya kisah cinta semanis Do Ha dan Sol Hee. Mereka tuh couple yang klop banget, saling menopang satu sama lain. Trus couple yang dewasa banget dalam menjalani hubungan, ya walau ada bumbu berantemnya tapi tetep cute kiyowok uwu banget!

Tidak hanya masalah percintaan dan misteri pembunuhan, ada kisah keluarga juga. Do Ha dan Sol Hee punya masalah keluarga yang sama yaitu konflik dengan ibu masing-masing. Kedua ibu dalam drama ini ngeselin dalam versi masing-masing. Yang satu mentingin karir dan mengabaikan kehidupan anak semata wayangnya, yang satu demen ngeruk duit anak semata wayangnya.

Ulah satu orang yang membuat banyak orang kacau. Bukan hanya Do Ha yang dirugikan, ada banyak pihak dan yang paling nyesek adalah Choi Eom Ho, kakak dari mendiang Choi Eom Ji yang diduga dibunuh Do Ha namun jasadnya tak pernah ditemukan. Asli nyesek banget liat gimana hidup Eom Ho selama lima tahun demi mencari keadilan untuk Eom Ji. Bahkan dia sampai dipenjara beberapa kali. Semangat dan kerja keras Eom Ho terbayar walau dia harus berakhir dibui karena salah sasaran saat hendak balas dendam. Tetap jadi karakter ternyesek dan paling miris hidupnya.


Bahwa kata-kata bisa mendukung sekaligus membunuh seseorang. Choi Eom Ji (Song Ji Hyun) yang hanya gadis biasa dan memercayai ucapan Eom Ho bahwa ia tak perlu bermimpi karena sudah memiliki Do Ha, Do Ha adalah mimpi yang jadi nyata bagi Eom Ji. Walau awalnya agak kesel ama Eom Ji pas kisahnya belum diungkap secara gamblang, pas udah tahu nyesek juga. Terlebih pas pesan terakhirnya untuk Do Ha diungkap. Eom Ji berhak bahagia, sayang takdir berkata lain.


Plot twist yang sebenarnya udah bisa ketebak, gimana tho ini kura??, dan nggak bikin kaget malah bikin kecewa. Saya agak menyesalkan kenapa plot twist-nya gitu sih?? Drama udah bagus napa harus diselipin unsur LGBT?? Padahal kan lebih seru kalau Eom Ji sengaja dibunuh untuk menyerang omma-nya Do Ha. Kalau Do Ha jadi tersangka kan karir emaknya hancur. Ya emang pada akhirnya karir emaknya Do Ha hancur karena kecurangan yang beliau lakukan di masa lalu, tapi plot twist kenapa Eom Ji mati ini yang bikin agak kurang terima.


Menyembuhkan diri dari luka masa lalu, semua karakter dalam drama ini sedang berjuang untuk itu dan pada akhirnya menemukan kebahagiaan masing-masing.

Selalu ada trio favorit dalam drama dan di drama ini jatuh pada trio pengelola Kafe Tarot Luni. Trio yang solid. Satu bisa baca tarot, satu bisa deteksi kebohongan, dan satu jadi bodyguard yang jujur. Kompaknya mereka keren banget! Bahkan saat Sol Hee kehilangan kemampuan, mereka tetep setia menemani dan mengelola kafe bersama-sama.




Keseluruhan bagus kecuali eksekusi tentang the real villain. Kisah Do Ha dan Sol Hee selalu bikin yang nonton senyum. Trus ada kisah idola dan fans yang unik juga. Andai in real ada fans yang seberuntung itu. Saya mau jadi fans beruntung bisa berada di deket Mas Jeje. Kekeke. Udahan ngayalnya, Kura!


Oya, semua peran pembantu tuh bukan sekadar tempelan. Semua punya peran dalam cerita. Paling mengejutkan adalah karakter preman di episode perdana, kirain bakalan jadi pembuka doang, ternyata tetep muncul di episode berikutnya dan perannya dalam membantu karakter utama keren banget!

Ngarepnya Yu Ji On di sini dapet peran kayak di drama Tomorrow, eh dapatnya peran kayak di drama Jirisan. Kalau Min Hyun kirain bakalan dapat karakter berbeda, ternyata nggak jauh beda dari drama Live On dan Alchemy of Souls. Tapi emang pas ama Min Hyun sih. Cowok tampan paripurna, pendiam dan penuh perhatian, cool. Pas banget.

Ulasan per episode bisa dibaca di thread My Lovely Liar atau di postingan Facebook. Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.

Sumber informasi: AsianWiki.

Sumber poster: AsianWiki & Hancinema.


Tempurung kura-kura, 30 September 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews