Review The Legend of the Blue Sea

00:12


The Legend of the Blue Sea




Legenda putri duyung dan pangeran yang berakhir bahagia



• Judul:
- Global: The Legend of The Blue Sea
- Korea: Pooreun Badaui Junsul
- Hangul: 푸른 바다의 전설
• Episode: 20
• Network: SBS
• Tanggal rilis: 16 November 2016 - 25 Januari 2017
• Bahasa: Korea
• Negara: Korea Selatan
• Pemeran:
- Gianna Jun: Sim Chung / Se Hwa
- Lee Min Ho: Heo Joon Jae / Dam Ryung
- Lee Hee Joon: Jo Nam Doo
- Shin Won Ho: Tae O
- Shin Hye Sun: Cha Si A
- Sung Dong Il: Ma Dae Young dan Tuan Yang
- Shin Rin Ah: Yoo-Na
- Lee Ji Hoon: Heo Chi Hyun
- Na Young Hee: Mo Yoo Ran
- Moon So Ri:  Ahn Jin Joo
- Hwang Shin Hye: Kang Seo Hee
- Choi Jung Woo: Heo Il Joong
- Lee Jae Won: Cha Dong Sik / Sam Dol
- Park Hae Soo: Hong Dong Pyo / Kim Hyun

• Cameo:
- Kim Sung Ryoung: Jang Jin Ok (episode 1-3)
- Krystal: Pramugari Bae Min Ji (episode 1)
- Ahn Jae Hong: Penipu Kim Bong Duk (episode 2)
- Hong Jin Kyung: Pengemis (episode 3, 5, 9, 15-17, 20)
- Cha Tae Hyun: Dukun palsu (episode 4)
- Park Jin Joo: staf rumah sakit episode 6)
- Cho Jung Seok: Yoo Jung Hoon (episode 7-8)
- Jung Yoo Mi: Kim Hye Jin (episode 8)
- Kim Sun Young: pelanggan sauna/jjimjilbang (episode 11)
- Lim Won Hee: dokter (episode 19)
- Kim Seul Gi: putri duyung (episode 20)


Pada bulan Agustus di tahun 1598, gubernur baru yang bernama Dam Ryung (Lee Min Ho) diberi pesta sambutan di sebuah rumah singgah yang dikelola Tuan Yang (Sung Do Il). Tuan Yang memberik kejutan pada Dam Ryung dengan menunjukkan seorang Putri Duyung (Gianna Jun). Putri Duyung itu meminta tolong dan akhirnya Dam Ryung melepaskannya.

Di masa sekarang, Joon Jae (Lee Min Ho) adalah seorang penipu berwajah tampan yang memiliki tutur kata lembut dan memiliki kemampuan hipnotis. Ia bekerja sama dengan Nam Doo (Lee Hee Joon) dan Tae O (Shin Won Ho) dalam setiap misi penipuan. Suatu hari mereka menipu dan mendapatkan uang dalam jumlah besar. Mereka pun berlibur ke tempat wisata impian masing-masing. Joon Jae liburan ke luar negeri dan menginap di sebuah resor tepi laut. Tiba-tiba muncul gadis aneh (Gianna Jung) di dalam resornya. Mengetahui gadis itu menggunakan gelang mahal, Joon Jae pun berniat menipunya.


Never too late to watch good drama. Kekeke. Entah ngapain aja empat tahun yang lalu hingga baru sempet nonton drama bagus ini sekarang. Jodoh nonton drama ini di tahun 2020. Hehehe. Ngeles aja ini Kura! Oke mari berbagi kesan usai nonton dramanya Mas Lee Minho yang tayang pada 2016-2017 ini.


Drama ini berkisah tentang putri duyung dan manusia. Adegan dibuka dengan kejadian di masa lalu ketika terjadi badai dan ada seorang putri duyung cantik yang terdampar lalu tertangkap warga. Putri duyung itu ditangkap dan kemudian dipamerkan pada Dam Ryung (Lee Min-Ho) pejabat muda yang baru saja bertugas di daerah pesisir pantai.


Dam Ryung bisa mendengar suara putri duyung yang meminta tolong padanya. Putri duyung bernama Se Hwa (Gianna Jun) ternyata memiliki masa lalu dengan Dam Ryung.




Di masa depan, Joon Jae (Lee Min Ho) adalah seorang pemuda tampan yang berprofesi sebagai penipu dengan kemampuan luar biasa. Ia tak hanya pandai bicara, tapi juga memiliki kemampuan hipnotis. Bekerja sama dengan dua rekannya, Joon Jae melakukan banyak penipuan.


Suatu hari Joon Jae pergi ke Spanyol. Dalam perjalanan liburan ke Spanyol, ada seorang gadis yang tiba-tiba menyusup ke penginapannya. Gadis yang tak lain adalah seorang putri duyung yang kemudian ia beri nama Sim Chung (Gianna Jun). Joon Jae dan Chung menghabiskan waktu bersama di Spanyol hingga Joon Jae hampir tertangkap musuhnya. Chung menolong Joon Jae dan menghapus ingatan Joon Jae. Lalu mereka berpisah. Joon Jae pun kembali ke Seoul.



Chung yang mendengar tentang Joon Jae tinggal di Seoul pun akhirnya berenang untuk menuju Seoul. Selama tiga bulan ia berenang dan akhirnya tiba di Seoul. Tanpa dasar pengetahuan apa-apa, Chung nekat datang ke Seoul untuk mencari Joon Jae.


Ketika akan nonton drama ini saya sempet nanya ke eonni-eonni di grup Anxiety Pelakor, apakah drama ini bagus. Ternyata para eonni bilang drama ini bagus dan sukses bikin ngakak karena tingkah si putri duyung. Makin manteb buat nonton.

Setelah nonton, emang bener ini drama bikin ketawa mulu karena ulah si putri duyung. Cakep-cakep bego, tapi pedenya selangit. Suka deh ama Chung. Hehehe.
Alur ceritanya maju mundur. Dari masa depan balik lagi ke masa lalu. Tapi nggak bikin bingung. Banyak teka-teki, tapi pada akhirnya semua terjawab. Walau di akhir rada apa ya kurang greget.

Selain Lee Minho dan Jun Ji Hyun, drama ini didukung banyak aktor dan aktris terkenal. Salah satunya adalah Sung Dong Il Ajushi yang soal akting ndak diragukan lagi kemampuannya. Di sini beliau jadi karakter jahat yaitu Tuan Yang dan Ma Dae Young. Baik di masa lalu atau di masa depan, karakternya jahat. Tapi ketika udah tahu keseluruhan kisah hidupnya, jadi kasihan lho sama karakter Ma Dae Young. Dia jadi jahat, jadi pembunuh karena dimanfaatkan sama Kang Seo Hee.



Ngomong-ngomong soal Kang Seo Hee (Hwang Shin Hye), pelakor ini bikin saya sebel setiap kali dia nongol. Pengen cakar-cakar mukanya. Heuheuheu.

Pesaing Joon Jae dalam drama ini adalah Heo Chi Hyun (Lee Ji Hoon). Awalnya saya bersimpati sama karakter Chi Hyun ini. Karena kelihatan 'baik' walau dia saudara tiri dari Joon Jae. Awalnya saya berharap karakter Chi Hyun ini baik sampai akhir. Sama seperti karakter Ma Dae Young, karakter Chi Hyun ini juga miris kisah hidupnya. Bagaimanapun Chi Hyun hanya korban dari keserakahan ibunya. Naluri alami seorang anak pula jika pada akhirnya dia memilih melindungi sang ibu walau sang ibu salah. Bahkan karena nggak kuat menanggung beban, akhirnya Chi Hyun memutuskan bunuh diri setelah dia dan ibunya tertangkap polisi.


Dalam drama ini juga ada idol yang turut menjadi pemeran yaitu Shin Won Ho (CROSS GENE) yang berperan sebagai Tae-O. Hacker cakep yang minim ngomong, satu komplotan ama Joon Jae. Entah kenapa kalau idol itu kok auranya beda. Hehehe. Waktu Tae O nongol, saya mikir apa dia ini idol. Setelah cek AsianWiki eh beneran idol. Tae O ini jarang ngomong, tapi jadi agak bawel saat Chung datang ke rumah Joon Jae. Diam-diam dia menyukai Chung. Tapi dalam sebuah misi dia harus gerak cepat mengalihkan perhatian Cha Si A dengan mengaku suka ke Cha Si A.


Cha Si A (Shin Hye Sun) teman kuliah Joon Jae yang suka ke Joon Jae. Sayang nasibnya nggak beruntung. Cintanya bertepuk sebelah tangan. Karakternya nggak jahat, tapi kadang nyebelin. Hehehe. Ending-nya dia jadian dong ama Tae O. Lucky banget noona satu nie dapat dedek hacker tampan.



Karakter yang bikin saya penasaran dan bertanya-tanya dia ini siapa sebenernya siapa dan di pihak siapa adalah Joo Nam Doo (Lee Hee Joon). Penipu ulung yang awalnya nipu Joon Jae, tapi kemudian jadi sekutu Joon Jae. Karakter ini nggak bisa ditebak dia jahat atau baik. Tapi di akhir setelah teka-teki terpecahkan semua, saya jadi jatuh hati sama karakter Jo Nam Doo. Hehehe.


Selain didukung banyak aktor dan aktris terkenal, drama ini juga menampilkan banyak cameo. Ada Krystal f(x) yang jadi pramugari cantik yang sempet mau dikibulin Joon Jae. Lalu ada Cha Taehyun. Reunian dong ama Jun Ji Hyun. Hehehe.


Lalu, ada Cho Jung Seok yang jadi putra duyung yang udah lama hidup di darat dan ngajarin Chung gimana cara bertahan hidup di antara manusia. Kalau nggak salah hitung ada sepuluh cameo dalam drama ini. Aktor dan aktris terkenal semua. Daebak!


Dari segi cerita, drama ini menyajikan happy ending. Walau di masa lalu akhirnya sad ending, tapi di masa depan berakhir bahagia. Padahal biasanya kalau kisah cinta antara manusia dan makhluk bukan manusia (?) ending nya sad atau nggantung. Tapi drama ini ending nya jelas dan bahagia. Kisah putri duyung dan pangeran yang berakhir bahagia. Hanya saja saya merasa agak kurang sreg ama ending dari Ma Dae Young. Padahal di awal karakter ini bikin gemes banget. Di masa lalu tentang Chi Hyun juga nggak begitu diceritakan kecuali dia anak Tuan Yang dan ternyata dia yang membunuh Dam Ryung.


Drama ini menggambarkan bahwa yang jahat bisa aja menang di awal, tapi di akhir, yang jahat pasti kalah. Drama ini juga menggambarkan bahwa setiap manusia bisa mengubah nasibnya jika mau berusaha.

Sepanjang menonton nggak ada rasa bosan. Apalagi di awal-awal saat Chung masih bego. Jadi yang belum nonton silahkan nonton.

Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Selamat menonton. Terima kasih.


Photo by: Hancinema, AsianWiki, dan screenshot pribadi.


Tempurung kura-kura, 12 Juli 2020.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews