The Closet vs. Intruder (Korean Movie)

00:06


The Closet vs. Intruder (Korean Movie)



Arwah penuh dendam vs. Sekte terlarang

Dua film yang saya tonton secara berurutan pada hari Sabtu dan Minggu ini membuat saya punya keinginan untuk menulis catatan ini. Daripada berputar-putar di otak (zodiac) Cancer saya, jadi mending dituangkan dalam tulisan saja.

Apa yang mau saya bahas di sini adalah tentang persamaan dan perbedaan dari film The Closet dan Intruder. Karena setelah menonton saya merasa ada banyak kesamaan. Keduanya sama-sama menarik dengan kesamaan dan perbedaan tersebut. Baiklah! Langsung saja ya!


Saya akan membahas persamaannya dahulu. Di sini saya akan membagi persamaan tersebut dalam beberapa poin.

1. Perilisan

The Closet dan Intruder sama-sama rilis pada tahun 2020.

2. Tokoh utama

Tokoh utama dalam The Closet dan Intruder sama-sama seorang ayah yang memiliki satu orang putri.
Profesi dari tokoh utama dalam The Closet dan Intruder sama-sama sebagai arsitek populer.

Istri dari kedua tokoh utama pun sama-sama sudah meninggal. Penyebab meninggalnya pun sama yaitu kecelakaan.

Tokoh utama sama-sama sedang berjuang keras melawan depresi yang dihadapi pasca meninggalnya sang istri. Keduanya sama-sama.

Tokoh utama dalam The Closet bernama Sangwon dan diperankan oleh Ha Jung Woo.



Sedang tokoh utama dalam Intruder bernama Seo Jin yang diperankan oleh Kim Moo Yul.



Kedua tokoh utama dicurigai sebagai pelaku kejahatan pada keluarga (anak) sendiri. Setelah menjalani wawancara yang ditayangkan di televisi, banyak pendapat yang memojokan Sang Won, bahkan menuduh Sang Won adalah pelaku pembunuhan yang sengaja membunuh Yi Na lalu berpura-pura kehilangan Yi Na. Sang Won dituduh melakukan hal itu karena akibat dari depresi yang ia alami usai kehilangan istri.

Seo Jin juga pada akhirnya diposisikan sebagai tersangka karena semua bukti-bukti menunjukkan bahwa dirinya lah yang bersalah akibat efek dari obat-obatan anti depresi yang ia konsumsi.

Keduanya sama-sama bapak dengan wajah tampan ya! Hehehe.

3. Anak gadis

Seperti yang saya tulis di atas, tokoh utama dalam The Closet dan Intruder sama-sama memiliki anak gadis. Nama keduanya pun mirip.

Anak gadis Sangwon dalam The Closet bernama Yi Na.



Sedang anak gadis Seo Jin dalam Intruder bernama Ye Na.



Keduanya sama-sama kehilangan ibu dalam sebuah tragedi berupa kecelakaan.
Yi Na dan Ye Na sama-sama sangat menyayangi sang ayah.

4. Kamar tidur anak

Persamaannya adalah kamar Yi Na dan Ye Na sama-sama berada di lantai dua, di ujung lorong sebelah (kalau dari sudut pandang saya sebagai penonton) kiri.

Kamar tidur Yi Na




Kamar keduanya di isi dengan banyak boneka dan memiliki lemari yang sering digunakan oleh anak gadis untuk bersembunyi.

Kamar tidur Ye Na





5. Genre

The Closet dan Intruder sama-sama masuk dalam genre horor.

6. Tokoh antagonis

Tokoh antagonis dalam The Closet dan Intruder sama-sama perempuan.

7. Pemeran pembantu

The Closet dan Intruder sama-sama menampilkan banyak pemeran pembantu yang hadir di sekitar tokoh utama.


Ada yang mau menambahkan tentang persamaannya?

Sekarang ganti ke perbedaan ya!

1. Perilisan

Walau sama-sama rilis di tahun 2020, The Closet dan Intruder dirilis dalam jarak waktu yang lumayan lama. The Closet rilis dulu pada tanggal 5 Februari 2020. Sedang Intruder rilis pada 4 Juni 2020.

2. Tokoh utama

Dalam The Closet, Sang Won berobat pada psikiater yang benar-benar membantunya. Tapi dalam Intruder, psikiater yang membantu Seo Jin ternyata hanya memanfaatkan keadaan Seo Jin dan justru menjebak Seo Jin.

Sang Won memiliki hubungan yang kurang baik dengan Yi Na. Sedang Seo Jin dan Ye Na masih berkomunikasi dengan baik.
Sang Won berjuang dibantu mudang tampan bernama Kyung Hoon yang diperankan oleh Kim Nam Gil. Sedang Seo Jin benar-benar berjuang sendiri.



3. Anak gadis

Yi Na memiliki hubungan yang kurang baik dengan Sang Won pasca kecelakaan yang merenggut nyawa ibunya. Ia sama sekali tak pernah berbicara dengan sang ayah.

Ye Na masih bersikap normal pada Seo Jin. Bahkan ia tak sungkan ketika mengeluhkan ketidaknyamanannya tinggal di rumah sang nenek (rumah orang tua Seo Jin).

4. Kamar Tidur

Apa yang beda dari kamar tidur anak gadis? Kamar tidur Yi Na benar-benar kamar tidurnya. Sedang kamar yang disukai Ye Na dahulu adalah kamar Yoo Jin, adik perempuan Seo Jin yang hilang.

Kamar Yi Na lebih luas dibanding kamar Ye Na. Lemari dalam kamar Yi Na pun lebih besar dibandingkan lemari dalam kamar Ye Na.

5. Genre

Walau The Closet dan Intruder sama-sama masuk genre horor, secara spesifik keduanya berbeda.

The Closet termasuk dalam genre horor supernatural karena berkisah tentang mistis, arwah penasaran yang penuh dendam, dukun, bahkan kesurupan.

Intruder termasuk dalam genre horor thriller karena mengisahkan tentang pembunuhan sadis. Film ini juga dimasukan dalam genre misteri.

6. Tokoh antagonis

Walau sama-sama perempuan, yang membedakan adalah The Closet tokoh antagonisnya anak-anak. Seorang anak gadis yang mati membawa dendam dan akhirnya berubah menjadi arwah gentayangan yang selalu mencari teman. Karakter antagonis itu bernama Myung Jin dan diperankan oleh Kim Shi A.



Dalam Intruder tokoh antagonis adalah wanita dewasa yang mengaku bernama Yoo Jin dan diperankan oleh Song Ji Hyo.



7. Pemeran pembantu

Tokoh-tokoh yang muncul di kehidupan Sang Won dalam The Closet tidak semuanya baik. Namun, Sang Won menemukan Kyung Hoon yang walau matre tapi akhirnya bantu Sang Won berjuang sampai akhir. Walau ada orang yang curang ke Sang Won, tapi masih ada yang baik padanya walau tetep aja harus bayar dengan uang.

Beda ama orang-orang di sekitar Seo Jin dalam Intruder. Walau tampak baik, semuanya jahat. Kehidupan Sae Jin dipenuhi orang-orang jahat berwajah malaikat. Seo Jin akhirnya benar-benar sendiri dan berjuang sampai akhir.



Ada yang mau menambahkan persamaan dan perbedaan dari The Closet dan Intruder?

Kalau ditanya bagusan mana, sama-sama bagus. Karena keduanya mempunyai nilai unik tersendiri. Tapi menurut saya lebih bikin geregetan Intruder. Sumpah pengen jambak karakter Yoo Jin palsu. Cewek psikopat yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. The Closet itu lebih bikin mewek.

Kedua film ini sama-sama menceritakan tentang seorang ayah yang berusaha melindungi putri semata wayangnya.

Sekian unek-unek yang pengin saya bagi. Untuk ulasannya bisa baca:



Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat.


Tempurung kura-kura, 25 Juni 2020.
- Kurayui -


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews