Resep Sambal Aman Bagi Penderita GERD

16:48

 Resep Sambal Aman Bagi Penderita GERD



Bagi penderita GERD, urusan makan bisa jadi hal yang lumayan ribet. Karena tidak semua makanan bisa diterima oleh lambung yang masih eror. Terlebih jika makanan tersebut termasuk pantangan seperti santan, pedas, asam, dan kopi. Harus benar-benar selektif dalam memilih makanan agar tidak muncul sensasi yang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak pola makan yang bisa diterapkan selama dalam proses penyembuhan dari GERD, salah satunya adalah pola makan alkaline. Ketika masih dalam proses penyembuhan, menu makanan yang bisa masuk ke lambung saya hanya telur rebus, nasi lembek sebanyak tiga sendok makan, dan kecap. Ketika mengenal pola makan alkaline, saya menambahkan menu lalapan yang seringnya adalah kubis. Jika bosan dilalap, saya memasak kubis sebentar saja.

Karena merasa bosan dengan menu itu-itu saja, saya bertanya pada salah satu teman yang tinggal di Jawa Barat tentang resep karedok. Karena isi karedok adalah sayuran mentah, saya mikir pasti aman buat lambung. Teman saya membagi resep karedok yang sering dia buat. Saya tidak memasukkan bahan yang menurut saya berpotensi menimbulkan sensasi seperti asam Jawa dan cabai rawit.

Semangat mengumpulkan bahan-bahan mulai dari sayur mayur hingga bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Karena malam menggoreng kacang tanah sendiri, saya membeli kacang tanah yang sudah digoreng. Semua bahan sudah siap dan saya biarkan di dapur. Tiba waktu makan siang, semangat hendak membuat karedok ala-ala. Tapi, kacang tanah gorengnya tiba-tiba tidak ada di antara tumpukan bumbu yang sudah saya siapkan. Nggak tahu siapa yang memakan kacang goreng tersebut. Sempat kecewa, mana perut udah mulai lapar. Tapi, karena ketidakberuntungan ini jadi menemukan resep sambal aman untuk penderita GERD.

Sambal aman untuk penderita GERD? Emang ada?? Ada dong! Yuk, baca sampai selesai agar tahu apa sih resep sambal aman untuk penderita GERD.


Karena perut sudah mulai lapar dan malas keluar untuk membeli kacang goreng lagi, saya memutar otak untuk membuat menu makan siang dengan bahan seadanya. Menghilangkan bawang putih dan kencur, mulai bereksperimen dengan beberapa bumbu seperti cabai merah besar, gula merah, dan garam. Pada tahun 2015 ketika saya menemukan resep ini saya tidak menambahkan terasi. Tapi, rasanya udah enak. Di tahun 2021 ini saya mencoha menambahkan terasi, rasanya makin enak.



Berikut adalah bahan untuk membuat sambal aman bagi penderita GERD adalah satu buah cabai merah besar (lombok gedhe), gula merah atau gula Jawa secukupnya, terasi secukupnya, dan garam secukupnya. Kalau ingin menambahkan cabai rawit boleh saja. Jika ragu-ragu, takut nantinya pedas sekali, hilangkan biji dari cabai, gunakan hanya daging buahnya.



Potong-potong cabai merah besar, campur dengan garam, terasi, dan gula merah, lalu gerus. Boleh digerus sampai halus atau masih runyah-runyah sesuai selera.




Sajikan bersama lalapan dan lauk sesuai selera. Saya seringnya menggunakan kubis dan kacang panjang sebagai lalap. Karena kubis mengandung glutamin yang bisa berfungsi sebagai antasida alami.



Menu ini sudah saya coba dan alhamdulillah pada saya aman. Reaksi lambung masing-masing orang bisa saja berbeda. Jika seandainya teman-teman mencoba resep ini dan kemudian muncul sensasi, maka hentikan! Jangan dikonsumsi lagi! Bisa jadi lambungnya masih sensi dan tidak bisa menerima menu sambal ini. Satu lagi yang terpenting, jika ingin mencoba, jangan ragu-ragu. Karena rasa ragu atau takut bisa membuat makanan yang aman jadi tidak aman ketika masuk ke dalam lambung kita. Bismillah. Niatkan saja apa-apa yang masuk ke dalam perut kita adalah obat bagi penyakit kita.

Versi mukbangnya silahkan tonton video Sikat Habis Menu Favorit Saat Sakit GERD.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. Salam sehat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews