Tak Hanya Bisa Membantu Meningkatkan Mood, Buah Srikaya Punya Banyak Manfaat Untuk Tubuh

06:15

 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Srikaya (Annona squamosa) adalah salah satu buah tropis yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Mirip sirsak hanya saja ukurannya lebih kecil, buah srikaya berbentuk bulat, memiliki daging buah berwarna putih, bertekstur empuk dan rasanya asam manis. Termasuk buah musiman yang memiliki masa panen dalam satu tahun sebanyak dua kali.

Kandungan nutrisi dalam buah srikaya ada air, fosfor, kalium, kalsium, karbohidrat, magensium, protein, serat, vitamin B, Vitamin C, dan zat besi. Juga mengandung antioksidan melimpah, salah satunya polifenol.

Mengonsumsi srikaya tentu akan memberi banyak manfaat untuk tubuh baik secara fisik dan juga mental. Berikut manfaat buah srikaya untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah srikaya menjadi penyokong daya tahan tubuh agar kebal dari serangan bakteri dan virus jahat.


2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Srikaya mengandung air dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan antioksidan dalam srikaya mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.


3. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Dalam buah srikaya terdapat kalium, magnesium, dan potasium yang memberi manfaat membantu peningkatan melebarnya pembuluh darah hingga proses peredaran darah lancar dan tekanan darah pun menjadi stabil. Srikaya merupakan sumber zat besi yang baik.


4. Bagus untuk ibu hamil

Srikaya memiliki kandungan asam folat yang baik bagi pertumbuhan janin, hingga menjadikan buah ini sebagai buah yang baik dikonsumsi ibu hamil.


5. Membantu proses diet

Kandungan air dalam srikaya dapat membantu menghidrasi tubuh, sedang kandungan serat dan mineral penting lainnya dapat membantu proses penurunan berat badan.


6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah srikaya akan membuat kulit sehat dan cerah. Protein dan vitamin dalam buah srikaya akan menguatkan rambut, mengatasi kerontokan dan mencegah adanya ketombe.


7. Memperbaiki dan meningkatkan suasanan hati

Sering bermasalah dengan mood? Coba rutin konsumsi buah srikaya. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada buah srikaya dapat mendukung terbentuknya hormon yang berperan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Jika suasana hati baik, tentu akan lebih bahagia dan selalu positif.


Secara tradisional, biji buah srikaya dapat dimanfaatkan sebagai obat pembasmi kutu rambut dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan minyak kelapa kemudian diaplikasikan ke rambut. Biji buah srikaya juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida alami untuk mengendalikan hama rayap tanah, ulat grayak, dan ulat kubis.

Srikaya memang punya banyak manfaat, tapi harus tetap dikonsumsi dengan bijak dan benar. Kulit dan biji srikaya mengandung senyawa beracun bernama annonain, karenanya baiknya dihindari, buah dahulu sebelum mengonsumsi daging buahnya. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews