Jangan Ragu Rutin Konsumsi Cuka Apel dan Dapatkan Banyak Manfaatnya

06:25

 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan


(Sumber foto: Pixabay)

Cuka apel merupakan salah satu produk pangan yang sering disebut memberi manfaat untuk kesehatan lambung, tapi dulu tuh takut banget mau coba konsumsi karena mikirnya ini produk asem kok malah disuruh konsumsi, apa aman? Siapa yang pernah punya pemikiran kayak saya? Saking takutnya, pada masa penyembuhan nggak berani nyobain konsumsi cuka apel. Setelah kondisi membaik, baru deh berani coba-coba konsumsi cuka apel dan alhamdulillah aman.


Kalau dipikir-pikir, cuka apel ini sama dengan Yakult dan yoghurt, asem di mulut tapi bikin perut aman dan nyaman. Balik lagi ya, respon masing-masing tubuh beda. Bisa jadi di saya aman, tapi di perut lain nggak. Untuk tahu aman atau tidak buat lambung kita ya harus berani coba konsumsi. Jangan ragu-ragu, karena itu bisa kasih efek kurang baik.


Selain bagus untuk merawat dan menjaga kesehatan lambung, cuka apel punya banyak manfaat untuk tubuh lho! Apa saja manfaatnya, yuk kita bahas!


(Sumber foto: Pixabay)

1. Mengatasi gangguan pencernaan


Seperti yang sudah saya sebut di atas, salah satu manfaat cuka apel adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Cuka apel membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan yang memberi efek mengurangi bahkan mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, dan diare.


2. Meredakan gejala asam lambung


Konsumsi cuka apel dapat mencegah terjadinya refluks pada penderita gangguan asam lambung.


3. Melindungi sel tubuh


Dalam cuka apel terdapat kandungan polifenol yang berfungsi melindungi sel-sel dalam tubuh.


4. Mengatur kadar gula dalam darah


Selain menstabilkan tekanan darah, konsumsi cuka apel dapat menurunkan kadar gula berlebih dalam darah.


5. Menjaga kesehatan jantung


Rutin mengonsumsi cuka apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.


6. Membantu menurunkan berat badan


Yang sedang diet, masukan cuka dalam menu yang harus dikonsumsi karena salah satu manfaatnya adalah untuk menurunkan berat badan. Mengonsusmi cuka apel membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan nafsu makan menurun sehingga efektif untuk membantu menurunkan berat badan.


7. Menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit


Dengan rutin konsumsi cuka apel, pH kulit jadi seimbang sehingga kelembapan dan skin barrier kulit terjaga. Anti bakteri pada cuka apel dapat melawan gangguan pada kulit seperti jerawat, sedangkan kandungan anti jamur menjaga kesehatan kuku.


8. Menjaga kesehatan rambut


Cuka apel mengandung asam asetat yang memberi manfaat menyeimbangkan pH rambut sehingga rambut tidak kering. Kandungan antimikroba dalam cuka apel mencegah perkembangan jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan gatal-gatal di kulit kepala dan ketombe.


9. Mengatasi bau badan


Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang berfungsi memerangi kuman dan bakteri penyebab bau badan.


10. Meringankan gelaja PMS


Bagi cewek, PMS atau sindrom pramenstruasi sangat mengganggu mood dan aktivitas. Disebutkan konsumsi cuka apel membantu menyeimbangkan hormon sehingga mengurangi keluhan saat PMS.


Banyak banget manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, yakin nggak mau coba? Saya konsumsi cuka apel di pagi hari setelah minum segelas air putih hangat. Cara konsumsinya dengan dicampur segelas air, lalu saat minum menggunakan sedotan dan berkumur setelah konsumsi cuka apel agar gigi tetap aman.


Sumber informasi: Halodoc, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Sehat Negeriku, Alodokter.


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews