Hasil Cek Plagiarisme 100% Plagiat 0% Unik?!!! Kok Bisa??

05:20

 Cara Mengatasi Cek Plagiarisme Yang Eror



Pernah kah ngalamin, sehabis nulis artikel trus cek di web khusus buat cek plagiasi tetiba hasilnya 100% plagiat dan 0% unik? Kalau pernah, berarti kita senasib! Tos dulu yuk!

Sebelumnya saya udah pernah membagikan tentang sharing nulis di Blog sampai akhirnya lolos adsense. Walau punya Blog dan rajin nulis mulai 2009, tapi bener-bener belajar nulis secara baik dan benar di Blog pada tahun 2019 kalau nggak salah ingat. Setelah 10 tahun baru belajar. Lambatnya minta ampun dah ini, Kura. Tapi lebih baik terlambat daripada nggak pernah belajar, kan?

Dari ikut kelas Blog, saya jadi tahu metode yang baik dan benar untuk menulis di Blog terlebih kalau Blog-nya emang diniatin buat cari duit yang nantinya didaftarkan ke Adsense. Karena buat lolos Adsense ini ternyata nggak gampang. Sebenernya kalau mau nulis pokoknya nulis ya nggak papa sih. Tapi dengan mengabaikan satu hal ini, jangan sampai nyesel kayak saya. Di Blog lama yang usianya udah 10 tahun lebih dan pengunjung per harinya udah banyak, tapi nggak bisa lolos Adsense karena saya pakek prinsip itu; pokoke nulis.



Salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan adalah cek plagiasi. Jadi setelah nulis, copy paste tulisan di web yang khusus nyediain pelayanan untuk cek plagiat dan cek deh. Dari sini kita bisa tahu, tulisan kita udah aman apa belum. Untuk langkah ini saya biasanya ambil langkah dua kali yaitu setelah menulis langsung copy paste tulisan di web dan copy paste link tulisan setelah dipublikasikan di Blog. Biasanya saya melakukan cek plagiasi di SmallSEOTools. Boleh dibilang SmallSEOTools adalah web utama yang selalu saya gunakan karena pengoperasiannya mudah banget. Alternatif lain biasanya saya pakek Dupli Checker yang cara kerjanya kurang lebih sama; sama-sama gampang.

Yang namanya web atau aplikasi pasti punya kelebihan dan kekurangan kan ya, begitu juga dengan web khusus untuk cek plagiasi ini. Karena yang kerja istilahnya mesin, jadi kadang walau itu murni tulisan kita, bisa aja kedeteksi plagiat. Terlebih kalau tulisan kita lagi ngebahas satu hal yang lagi populer banget. Saya sering ngalamin hal kayak gini. Tingkat plagiasi biasanya 3-4%. Seringnya untuk artikel dan review baik buku atau tontonan. Cara termudah tentu aja harus mengubah kalimat yang dideteksi plagiasi, lalu melakukan pengecekan ulang sampai hasilnya 0% plagiat. Ribet? Emang! Tapi yang penting tulisan dan Blog kita aman, kan?

Pada bulan Maret lalu, tepatnya pada tanggal 06 Maret 2022 saya dikejutkan dengan hasil cek plagiasi yang menunjukkan 100% plagiat, 0% unik. Apa ini?? Auto panik dong! Lalu, dari SmallSEOTools pindah ke Dupli Checker. Hasilnya sama, 100% plagiat, 0% unik. Makin panik. Lalu, saya tengok hasil plagiatnya ini di mana dan mirip ama tulisan siapa. Waktu hasil keluar kayak gitu, pas saya pakek copy paste link. Karena tulisan agak panjang dan nunggu hasilnya lama, pas keluar, eh 100% plagiat. Gimana nggak panik. Pas ditengok, ternyata hasil plagiatnya menunjukkan ke Blog saya sendiri.




Baru deh agak tenang. Mungkin web-nya lagi agak eror. Akhirnya tulisan sementara saya ganti status jadi disimpen di draft dan saya nunggu beberapa menit, baru publish dan cek lagi. Alhamdulillah hasilnya kemudian berganti 100% unik, 0% plagiat. Lega banget!



Namanya juga web, pasti ada waktu saat dia eror. Tapi lumayan bikin panik. Hehehe. Udah capek nulis panjang lebar, eh hasilnya malah seratus persen plagiat. Auto panik dan lemes.

Baiknya emang untuk tulisan sejenis artikel gitu nggak lebih dari 1000 kata biar gampang ceknya. Kalau tulisan fiksi, saya nggak pernah cek plagiasi karena emang nggak dipos di Blog ini. Kalau fiksi biasanya di Blog lama atau di platform nulis seperti Storial, Wattpad, dan GWP. Nyari wadah yang emang buat tulisan fiksi. Tapi kalau misal mau cek, boleh aja sih. Biasanya tulisan fiksi lebih sensi jadi jangan kaget kalau hasilnya ketemu plagiat mulu, karena yang nyari mesin. Kadang dua kata mirip aja langsung dicap plagiat.

Cara mengatasi deteksi plagiat seperti yang saya sebut di atas tadi ya, edit kalimat dan cek ulang sampai hasilnya 100% unik, 0% plagiat.

Beberapa web kadang ada jam semacam jam sibuk yang bikin proses ceknya lama trus kadang di tengah jalan eror. SmallSEOTools sering kayak gini kalau di hari Minggu malam. Saya nggak tahu kenapa, apakah perbaikan sistem atau gimana. Tapi paling sering emang hari Minggu malam. Jadi kalau cek plagiasi di hari Minggu malam harus sabar kalau lola dan tetiba eror. Sabarnya aja dibanyakin buat cek lagi dan lagi sampai hasil yang diinginkan keluar. Atau kalau nggak mau ribet, cek di hari dan jam lainnya.

Jadi itu tadi sharing dan tips tentang cek plagiasi tulisan. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews