Review Drama Korea Revenant (2023)

06:34

 Revenant



Kau membuka... pintunya.


* Judul:

   - Global: Revenant

   - Judul lain: Demon

   - Romanisasi: Akkwi

   - Hangul: 악귀

* Sutradara: Lee Jung Lim

* Penulis: Kim Eun Hee

* Network: SBS

* Episode: 12

* Tanggal tayang: 23 Juni - 29 Juli 2023

* Durasi: ± 70 menit per episode

* Bahasa: Korea

* Negara: Korea Selatan

* Pemeran:

   - Kim Tae Ri

   - Oh Jung Se

   - Hong Kyung


Gu San Yeong (Kim Tae Ri) menjalani kehidupan yang keras. Ia harus merawat ibunya yang mengalami gangguan kecemasan dan berjuang untuk dirinya sendiri. Impiannya ingin menjadi PNS dan ia bekerja keras untuk itu. Ayah San Yeong meninggal dan mewariskan sebuah ikat rambut. Saat San Yeong menyentuh ikat rambut itu, ia merasakan ada sensasi aneh. Hal-hal misterius terjadi sesudahnya termasuk tiba-tiba San Yeong bisa melihat hantu.


Yeom Hae Sang (Oh Jung Se) seorang profesor folklor yang memiliki kemampuan unik bisa melihat hantu. Suatu har ia menerima surat dari profesor folklor bernama Gu Gang Mo. Surat itu berisi wasiat, permohonan agar Yeom Hae Sang membantu putri semata wayangnya yang bernama Gu San Yeong apabila ia meninggal. Yeom Hae Sang berusaha menemui San Yeong untuk melaksanakan wasiat Profesor Gu Gang Mo.


Kematian misterius terus terjadi dan menjadi kasus yang ditangani Lee Hong Sae (Hong Kyung). Selama penyelidikan, terduga pelaku sementara adalah Gu San Yeong yang tak lain adalah juniornya semasa SMA. San Yeong, Hae Sang dan Hong Sae terlibat dalam kasus misterius yang disebabkan oleh roh jahat.


Akhirnya selesai juga. Sebenernya nonton drama ini pas masih ongoing, lalu ada halangan yang berujung ketinggalan beberapa episode dan sampai episode terakhir tayang tidak terkejar buat nonton karena tidak ada waktu untuk maraton. Syukurlah bisa selesai, karena nggak sedikit drama ongoing yang berujung ndak lanjut nonton karena telat nonton dan jadi numpuk episodenya. Saya lebih suka nonton pas ongoing daripada pas udah kelar tayang semua episode.


Drama ini udah masuk daftar tonton setelah saya melihat trailer nya di Instagram dan membaca informasinya di AsianWiki. Genre nya kebetulan yang saya suka dan para pemeran menarik perhatian. Udah feeling ini drama bakalan bagus. Senengnya lagi mulai tayang pada tanggal 23 Juni, 23 lho! Angka favorit saya. Hehehe.



Berkisah tentang gadis muda bernama Gu San Yeong (Kim Tae Ri) yang berjuang demi hidup dan impiannya. Ia bekerja banyak pekerjaan paruh waktu dan di malam hari belajar giat untuk mengikuti ujian PNS. Terlahir dalam keluarga biasa cenderung pas-pasan, San Yeong diuji ketika ibunya yang memiliki gangguan kecemasan menyerahkan tabungannya pada penipu. Frustasi, San Yeong hampir saja bunuh diri. Hal aneh terjadi setelah ia menerima benda peninggalan dari mendiang ayahnya. Bahkan beberapa orang di sekitarnya mati secara misterius.



Di tengah kekacauan itu, muncul seorang pria bernama Yeom Hae Sang (Oh Jung Se). Pria itu mengaku sebagai profesor folkfor yang mengenal mendiang ayah San Yeong. Yeom Hae Sang bisa melihat hantu dan berusaha membantu San Yeong yang mengalami banyak kejadian ganjil dan mulai bisa melihat hantu lewat media cermin.



Lee Hong Sae (Hong Kyung) menyelidiki beberapa kematian secara misterius. Hasil penyelidikan menunjukkan dugaan pelaku adalah Gu San Yeong, wanita yang ia kenal sejak SMA. Hong Sae memutuskan bekerja sama dengan Yeom Hae Sang dan Gu San Yeong untuk memecahkan misteri yang juga membuat rekannya terbunuh.



Asli drama ini keren! Mengangkat tentang folkfor, banyak legenda dan tradisi yang dibahas dan disajikan termasuk tentang klenik di Korea. Ada beberapa film dan drama tentang hantu, mudang, dan per-klenik-an yang saya tonton, selalu ada keunikan. Pun demikian dengan drama ini. Setelah ditonton sampai habis, ternyata inti ceritanya adalah tentang pesugihan. Di Korea juga ada pesugihan juga ternyata. Fresh banget temanya dan ya sukaaa sama ramuan dan pengemasan cerita. Tentang legenda dan tradisi yang disajikan memberi wawasan baru tentang dunia dunia folkfor di Korea.


Cerita unik dan apik, didukung aktor dan aktris yang nggak diragukan kemampuannya. Kim Tae Ri aktingnya keren banget! Memerankan dua karakter: mode San Yeong asli dan mode San Yeong kesurupan. Mode San Yeong kesurupan asli bikin kesel setiap doi nongol.



Banyak teka-teki, banyak kesedihan dan kenyesekan, banyak kematian. Selain tentang pesugihan itu sendiri, banyak hantu lain dalam legenda yang turut ditampilkan. Kematian yang merupakan tumbal untuk pesugihan dan kekayaan yang diberikan sesudahnya. Di drama ini pesugihan sengaja diciptakan dan caranya tuh kejem banget. Agak beda sama cerita pesugihan yang pernah saya dengar di Indonesia.


Mengerikannya hantu yang dipenuhi dendam hingga jadi roh jahat. Bagaimana si roh jahat berbagi raga dengan inangnya, bahkan bisa mengambil alih raga inangnya. Suer ini serem banget! Di Indonesia, pernah denger cerita kalau roh jahat itu menjadi semakin kuat kalau hasratnya terpenuhi entah itu tentang balas dendam atau membunuh. Di drama ini hampir sama, udah mati dibunuh dan penuh dendam, lalu hasratnya terpenuhi, jadilah makin kuat. Juga tentang gambaran tipu muslihat roh jahat yang mengerikan. Waktu nulis ulasan ini, baru saya ngeh kalau roh jahatlah yang membuat skenario besar untuk mempertemukan Gu San Yeong dan Yeom Hae Sang yang sama-sama keturunan pengguna pesugihan dengan tujuan yang berbeda.


Karena menyajikan teror dengan cara pintu diketuk dengan brutal, tiap kali ada scene itu ikutan deg-degan. Karena emang semengerikan itu suara pintu digedor dengan brutal. Ada dikit pengalaman seram, waktu di rumah sendirian, setelah pindah ke rumah yang sekarang, pintu rumah digedor orang gila yang ngikutin bulek. Asli serem! Mana ujungnya pintu rumah dipipisin. Pengalaman horor banget.



Menggambarkan keserakahan manusia dalam banyak hal termasuk rasa cinta. Ada scene ibu-ibu yang rela ngubah mantra demi menahan roh anaknya yang sudah meninggal dan dampaknya kena satu desa, sampai banyak meninggal. Lalu neneknya Prof. Yeom yang bener-bener bikin kehabisan kata. Lalu temen San Yeong yang sampai kerasukan hantu nafsu dan bunuhin orang, lalu berakhir nabrakin diri ke mobil.


Selain wanita-wanita egois dan serakah, ada kisah wanita yang berjuang melawan gangguan kecemasan, wanita yang berusaha memperjuangkan mimpinya untuk menjadi pegawai negeri sipil walau dihina karena miskin bahkan terpaksa nyewa tempat berhantu karena saking mahalnya harga hunian di Korea. Ada usaha seorang ibu demi anaknya hingga rela kehilangan nyawa.


Kisah persahabatan yang bikin terharu juga nyesek karena sampai udah meninggal pun arwahnya masih setia menemani. Kisah patner yang kadang saling cek-cok tapi saling menyayangi.


Gambaran bahwa nggak selamanya kaya harta bikin bahagia terlebih kalau kayanya dari pesugihan yang mengorbankan banyak nyawa. Juga ada selipan kisah manis, romansa kehidupan. Komplit banget. Karena ada episode yang membahas hantu minta tolong juga. Jadi untuk menemukan fakta tentang pesugihan, penonton diajak mengenal hantu-hantu lain dengan kasus yang beragam.


Kadang kehidupan memang tidak adil bagi sebagian orang. Kilas balik kehidupan si roh jahat, nyesek liatnya. Udah hidupnya susah, sial terus, lalu satu keluarganya mati. Kasihan juga, tapi pas udah jadi roh jahat beneran bikin kesel. Alur ceritanya apik dan plot twist-nya seru.


Drama ini bagus dan saya rekomendasikan untuk ditonton! Untuk ulasan tiap episode bisa baca di thread Twitter atau di postingan Facebook yang ulasannya ada di kolom komentar.


Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.


Sumber informasi: AsianWiki.

Sumber poster: AsianWiki dan Hancinema.


Tempurung kura-kura, 12 September 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews