Review Drama Korea Moving 2023

05:26

 Moving (2023)



Para manusia super yang berjuang untuk melindungi harta berharga milik mereka: keluarga.


• Judul

   - Global: Moving

   - Romanisasi: Moving

   - Hangul: 무빙

• Sutradara: Park In Je

• Penulis: Kang Pool (webcomic dan skenario)

• Network: Disney+

• Episode: 20

• Tanggal tayang: 9 Augustus - 20 September 2023

• Durasi: ± 45 menit

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Catatan: Berdasarkan webcomic Moving karya Kang Pool yang terbit pada 2 Februari 2015 sampai 21 September 2015 di Daum.

• Pemeran:

  - Ryoo Seung Ryong

  - Han Hyo Joo

  - Zo In Sung

  - Cha Tae Hyun

  - Ryoo Seung Bum

  - Kim Sung Kyun

  - Ko Yoon Jung

  - Lee Jeong Ha

  - Kim Do Hoon

  - Kim Hee Won


Kim Bong Seok (Lee Jeong Ha) bersekolah di SMA Jeongwon. Walau ramah, ia hampir tidak memiliki teman. Suatu hari ia bertemu Jang Hui Soo (Ko Yoon Jung) dan membantu gadis itu untuk membayar tiket bus. Keduanya terlihat seperti murid biasa, namun Bong Seok memiliki kekuatan yang selalu disembunyikan. Hui Soo pun sama seperti Bong Seok, bukan murid biasa karena memiliki kekuatan istimewa yang disembunyikan. Suatu hari dalam pelajaran olahraga, Hui Soo hampir celaka, dengan sigap Lee Gang Hoon (Kim Do Hoon) menyelamatkannya. Gang Hoon adalah ketua kelas, murid teladan dan pendiam yang juga memiliki kekuatan super.

Sementara itu di luar sekolah terjadi banyak kasus pembunuhan misterius yang korbannya adalah para manusia super yang sebelumnya menjadi agen rahasia pemerintah. Lee Mi Hyun (Han Hyo Joo) dan Jang Ju Won (Ryoo Seung Ryong) yang merupakan mantan agen pemerintah berusaha keras melindungi anak-anak mereka dari incaran pembunuh berantai dan pihak pemerintah yang ingin memanfaatkan kemampuan mereka.


Seminggu yang lalu drama ini resmi merilis episode final dan sampai hari ini masih ramai dibicarakan di sosial media. Memang sebagus itu dramanya! Best drama di tahun 2023. Percaya deh! Wajib ditonton ini drama!

Langsung tertarik waktu tahu postingan tentang Moving di Instagram. Selain sinopsisnya udah bikin tertarik nonton, bertabur bintang papan atas Korea, bertabur bintang senior dan bintang muda yang sedang naik daun. Setelah Alchemy of Souls, seneng bisa liat aksi Mbak Ko Yoon Jung lagi. Terlebih di sini juga jadi manusia super. Makin semangat.


Berkisah tentang manusia-manusia yang diberi kelebihan berupa kekuatan tertentu seperti bisa terbang, kuat dan cepat, memiliki panca indra yang super tajam dan masih banyak lagi. Orang-orang yang disebut supernatural itu dirangkul pemerintah dan dijadikan agen elit untuk mindungi dan membantu misi-misi negara. Ketika para agen sudah pensiun dan memulai hidup baru, terjadi pembunuhan brutal yang korbannya adalah para mantan agen. Mantan agen yang masih hidup berusaha keras melindungi keluarga dan anak-anak mereka dari incaran pembunuh berantai.

Kisah super hero yang diracik dan dikemas dengan cara berbeda. Film atau drama super hero yang pernah saya tonton, kebanyakan menyajikan para super hero yang boleh dibilang hidupnya enak dan mapan. Cerita dalam drama ini berbeda, para super hero berasal dari rakyat biasa, rakyat jelata yang boleh dibilang tidak mampu secara ekonomi. Jadi pemerintah merangkul mereka, menjadikan pegawai negeri sipil dengan segala fasilitasnya dengan imbalan para manusia super harus mengabdi ke negara.

Dari semua karakter, yang hidupnya boleh dibilang agak enakan adalah karakter Lee Mi Hyun yang diperankan Han Hyo Joo. Tapi tetap sama aja, Mi Hyun punya masalah finansial karena punya ortu sakit dan membutuhkan perawatan. Pemerintah menjamin hal itu. Mi Hyun lulusan termuda dan terbaik dengan kemampuan super berupa lima panca indranya yang super peka.


Oh salah kalau Mi Hyun paling enak hidupnya. Kayaknya lebih ke Kim Doo Sik yang diperankan Zo In Sung deh. Beliau ini nggak punya keluarga, tapi hidupnya terlihat baik dibanding yang lain. Kemampuan Kim Doo Sik adalah bisa terbang dan memiliki kecepatan gerakan yang super cepat. Kemampuan itu menjadikan Doo Sik sebagai agen terelit. Doo Sik boleh dibilang Superman versi Korea. Keren banget!


Setelah yang ternyaman hidupnya, ada yang paling... terpuruk?? Asli kisah hidup karakter supernatural satu ini bikin nyesek. Hidup sebagai penjahat dengan mengandalkan tubuhnya yang nggak bisa terluka, lalu dikhianati bos dan anak buah kepercayaannya sendiri. Karakter Jang Ju Won yang diperankan Ryoo Seung Ryong mewakili kehidupan yang sering tidak berjalan sesuai keinginan dan terus menerus dihampiri kesialan sampai pemerintah menemukan bakatnya dan merangkulnya. Apakah setelah itu hidupnya membaik? Iya, tapi hanya sebentar saja. Ju Won ditinggalkan rekan terbaiknya dan dimutasi ke kantor setelah tim agen rahasia dibubarkan. Ju Won yang sebelumnya hanya mengandalkan fisik, tiba-tiba harus kerja kantoran, jelas berat banget. Pengen resign tapi ada istri yang harus dinafkahi. Udah gitu, dah lama nikah nggak kunjung dikaruniai anak. Setelah punya anak dan anaknya masih TK, istrinya meninggal. Definisi hidup tidak mudah ada di Ju Won semua.


Drama yang sepanjang episodenya, mulai dari episode pertama sampai akhir (20) nggak ada bikin bosen atau pengen skip nggak nonton aja. Tiap episodenya selalu dinantikan. Setiap karakter diceritakan dengan detail, bahkan karakter pembantu pun diceritakan detail ceritanya. Karakter yang saya sempet nebak, palingan hanya dijadikan pemanis cerita pun diceritakan detailnya, diberi jatah layar yang sempurna hingga kisahnya pun sempurna nggak menyisakan rasa penasaran. Semua karakter penting, semua karakter adalah super hero bagi dirinya sendiri.

Kisah super hero, agen rahasia, cerita keluarga, persahabatan, romansa, dan cerita remaja diramu jadi satu, disajikan dengan apik dan rapi. Sajian nyeseknya ada, sajian aksinya ada, sajian uwu-uwu bikin gemes ada. Ikatan keluarga, percintaan, persaingan antar teman, mengejar mimpi, persahabatan ada semua. Paket komplit banget! Sebenarnya lebih ke kisah keluarga dibalut super hero dan romansa dibalut super hero. Eh, gimana dah. Intinya gitu, kayak yang dibilang Ju Won bahwa cerita laga itu adalah romansa sebenarnya. Penuh


Bertabur plot twist. Dari awal sampai akhir tuh cerita mengalir dan berubah, tapi masih berhubungan. Duh, gimana sih Kura! Jadi gini, di awal kan para mantan agen dibunuh ama pembunuh bayaran yang dikirim Amerika, nah cerita makin maju, konfliknya ganti sama Korea Utara. Tapi ini masuk akal karena para agen kan jadi kaki tangan untuk melindungi negara. Malah seru, karena nggak ketebak. Ujug-ujug final battle-nya malah ama agen elit dari Korea Utara. Inti masalahnya memang di sana, Selatan kerja sama ama Barat, lalu ada konflik sama Utara yang berlangsung lama dan mengorbankan banyak nyawa.

Romansa tipis-tipis yang justru bikin penonton baper. Kisah romansa dua generasi diceritakan dengan apik. Romansa bapak emaknya sama romansa anak-anaknya sama-sama bikin senyum yang nonton. Ada nyeseknya dan ada uwunya sampai yang nonton ini dibuat gemas.


Menyajikan hubungan anak dan orang tua yang bikin iri juga terharu. Dalam drama ini kita bakalan liat Han Hyo Joo jadi emak-emak dan anaknya tetiba udah SMA aja. Emak-emak kalem yang langsung berubah jadi monster pembunuh saat anaknya terancam bahaya. Aksi Mi Hyun di final battle bener-bener keren. Tiap liat Mi Hyun tuh bawaannya kayak liat Nanao Ise versi manusia. Suka banget!

Oya, ada kisah antar murid dan guru yang bikin haru juga. Bagaimana guru mencintai murid seperti anaknya sendiri. Hubungan orang dewasa dan anak-anak yang penuh kasih namun kadang menyebabkan salah paham karena sikap satu sama lain kurangnya komunikasi.


Ada kisah fans dan idola yang berujung manis. Ini harusnya udah ketebak, tapi yang nonton ini kurang peka. Kenapa Bong Seok ramah banget setiap kali ketemu sopir bus, karena sopir bus adalah sosok idola Bong Seok. Aksi sang idola di final battle keren. Kisah hidup karakter Jeon Gye Do yang diperankan Cha Tae Hyun ini hampir sama ama kisah hidup Ju Won. Namun pada akhirnya Gye Do menemukan takdirnya dan bisa hidup bahagia.


Tidak hanya kisah orang tua yang berjuang demi anaknya, menyajikan pula kisah anak-anak yang berjuang demi impian dan orang tua mereka. Karakter Lee Gang Hoon (Kim Do Hoon) yang pendiam dan penyendiri walau ia populer di antara murid lain tidak hanya karena dia ketua kelas tapi karena dia murid dengan nilai terbaik dalam pelajaran fisik dan non fisik. Setelah nonton sampai kelar, jadi menyimpulkan Gang Hoon lebih milih menyendiri karena doi takut masa lalu bapaknya yang punya catatan kriminal terungkap. Gang Hoon bekerja keras dan menerima tawaran jadi agen negara karena ingin bapaknya hidup normal dan nyaman setelah catatan kriminalnya dihapus. Iming-imingnya itu, catatan kriminal bapaknya bakalan dihapus kalau Gang Hoon mau gabung jadi agen.


Perjuangan Jang Hui Soo (Ko Yoon Jung) untuk masuk universitas yang nggak memberatkan bapaknya usai bapaknya bangkrut karena harus membayar kompensasi usai Hui Soo membuat babak belur 17 murid yang mengeroyoknya. Karena hanya bagus di fisik, Hui Soo berjuang keras untuk bisa masuk ujian masuk universitas melalui jalur olahraga.


Kim Bong Seok (Lee Jeong Ha) yang selalu berusaha jadi anak baik dan penurut untuk ibunya yang sudah susah payah membesarkannya sendirian. Walai keputusannya sempat membuatnya berontak dan adu mulut sama sang ibu, pasca peristiwa itu hubungan dengan sang ibu jadi semakin membaik.


Uniknya, tiga karakter supernatural remaja ini digambarkan memiliki orang tua yang punya usaha yang sama yaitu punya toko. Hal simpel yang membuat mereka kemudian--salah dua dari mereka sih--memutuskan untuk berteman. Kalau diliat emang ketiganya di sekolah rada terasing dan mengasingkan diri.


Oya, ada kisah prajurit yang sayang anggotanya tapi harus loyal ke negara. Tetap berjuang demi negara walau bertentangan dengan hatinya, namun di akhir perjuangannya bisa dilanjutkan.


Para manusia super yang berasal dari negara yang berbeda namun kemudian bisa memiliki ikatan dan empati karena mereka bernasib sama, yang kemudian jadi saling membahu, melindungi satu sama lain. Plot twist banget hubungan tiga manusia super yang nggak bisa terluka. Penasaran mereka ini matiinnya gimana. Apakah harus dipisah kepala dari badannya. Perasaan udah dibikin remuk masih bisa balik normal lagi, kayak nggak bisa mati.

Tiga agen elit Doo Sik, Ju Won, dan Mi Hyun emang keren. Tapi menurut saya yang paling keren adalah Lee Jae Man (Kim Sung Kyun). Hanya seorang bapak biasa yang memiliki kekurangan fisik hingga disebut bodoh, tapi sayang anak banget dan kemampuan bertarungnya keren banget. Padahal nggak terlatih seperti agen elit, tapi kemampuan bertarung setara dengan agen elit yang terlatih. Paling nyesek kalau udah disuguhi scene Jae Man minta maaf ke Gang Hoon.


Drama yang memberi banyak pelajaran hidup bahwa nggak selamanya hidup diberkahi kelebihan khusus itu bikin bahagia. Bahwa sesulit apa pun hidup harus tetap dijalani dan diperjuangkan. Bahwa usaha nggak akan mengkhianati hasil dan semua pasti akan berakhir indah, happy ending.

Drama ini saya rekomendasikan untuk ditonton! Oya, yang mau baca ulasan tiap episode bisa dibaca di thread Twitter atau di postingan Facebook. Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.

Sumber informasi: AsianWiki

Sumber poster: AsianWiki & Hancinema.


Tempurung kura-kura, 27 September 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews