Review Film The Secret Garden (film 2020)

19:05

The Secret Garden (film 2020)



• Judul: The Secret Garden
• Durasi: 100 menit
• Bahasa: Inggris
• Tanggal rilis:
  - 7 Agustus 2020 (Amerika Serikat)
  - 23 Oktober 2020 (Britania Raya)
• Catatan: Berdasarkan novel The Secret Garden karya Frances Hodgson Burnett yang terbit pada 1911
• Pemeran:
  - Dixie Egerickx sebagai Mary Lennox
  - Colin Firth sebagai Archibald Craven
  - Julie Walters sebagai Nyonya Medlock
  - Edan Hayhurst sebagai Colin Craven
  - Amir Wilson sebagai Dickon
  - Isis Davis sebagai Martha
  - Maeve Dermody sebagai Alice

Pada tahun 1947, terjadi kekacauan di India. Mary Lennox tidak menyadari jika keluarganya mengalami penyerangan hingga ia ditemukan oleh pasukan Inggris yang memeriksa rumahnya. Kedua orang tua Mary telah meninggal dan pasukan Inggris di British India memutuskan untuk mengirim Mary ke Yorkshire, Inggris. Mary dikirim ke kastil Misselthwaite milik sang paman Lord Archibald Craven. Di kastil yang dipenuhi banyak aturan Mary berusaha beradaptasi. Karena diabaikan dan memiliki rasa penasaran tinggi, Mary akhirnya menemukan banyak fakta mengejutkan tentang kastil Misselthwaite. Salah satunya adalah menemukan taman ajaib yang tersembunyi setelah dipandu oleh seekor anjing dan burung robin.




The Secret Garden 2020 adalah film adaptasi keempat dari novel The Secret Garden karya Frances Hodgson Burnett yang terbit pada 1911. Dengan latar Inggris pada tahun 1947, film bergenre fantasi ini menyajikan visualisasi yang memanjakan mata penonton. Saya sangat terpesona dengan keindahan taman rahasia yang ditemukan Mary. Awalnya memang terkesan misterius dan creepy ketika Mary tidak sengaja jatuh dari atas tembok setelah ia sengaja memanjatnya untuk menemukan anjing liar yang ia selamatkan dari jebakan. Tapi setelah menjelajah semakin dalam, keindahan taman rahasia yang sebenarnya pun terungkap.



Awalnya saya pikir film ini bergenre horor. Dijelaskan bahwa pada masa perang kastil Misselthwaite digunakan sebagai rumah sakit dan banyak tentara yang meninggal di sana. Kastil yang megah namun tampak suram semakin mendukung kesan horor. Cat yang mengelupas dan listrik yang kadang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kastil selalu tampil dalam suasana temaram yang bikin bulu kuduk meremang. Sampai-sampai saya menduga-duga, jangan-jangan taman rahasianya juga creepy seperti dalam film Pan's Labyrinth. Terlebih pada malam pertamanya menginap di kastil Misselthwaite, Mary mendengar jeritan-jeritan aneh.

Mary adalah sosok gadis yang kuat dan seenaknya sendiri. Mungkin karena dia gadis bangsawan yang terbiasa dilayani dengan kehidupan mewah makanya sikapnya jadi terkesan agak kasar dan arogan. Dia juga bukan tipikal gadis penurut. Walau Nyonya Medlock--kepala pelayan atau asisten pribadi Lord Craven--sudah memperingatkannya untuk tidak menyentuh beberapa bagian dan ruangan dalam kastil, Mary tetap bandel. Saat malam tiba dan ia tak bisa tidur, ia pun menjelajah kastil hingga menemukan saudara sepupunya, Colin Craven yang cacat. Sampai pada adegan ini saya menduga Colin adalah hantu. Kekeke. Maafkan kesalahpahaman saya yang keterlaluan. Dari rasa penasaran Mary, rahasia tentang keluarga Mary dan Colin pun terungkap.


Menggambarkan tentang tak kenal maka tak sayang. Saat pertama bertemu Mary pasti orang akan menilai gadis kecil itu sosok keras kepala yang tak sopan. Padahal tidak ada yang tahu jika di balik sikap tegar Mary ia menyimpan luka. Ia lebih sering diabaikan oleh ibunya yang sakit-sakitan hingga ia berpikir ibunya tak sayang padanya. Lalu, ia pun secara tiba-tiba kehilagan kedua orang tuanya. Di kastil ia pun akhirnga berteman dengan pelayannya Martha. Ia pun akhirnya bertemu dengan adik Martha yang bernama Dickon dan berteman.


Tradisi perbudakan. Martha dan Dickon adalah budak dalam keluarga bangsawan. Keduanya berkulit hitam. Walau tahu risiko besar menanti jika keduanya ketahuan melanggar aturan, Martha dan Dickon akhirnya setuju membantu Mary. Karena keduanya tahu Mary membawa perubahan besar dalam kastil Misselthwaite.

Dahsyatnya kekuatan kata-kata. Tuan Craven mengatakan pada Colin bahwa Colin menderita penyakit tulang dan lumpuh. Colin memercayai hal itu dan merasa dirinya benar lumpuh bahkan memiliki punggung bungkuk seperti sang ayah. Bahkan ia percaya jika kematian telah dekat padanya.

Rumor kutukan bahwa kaum wanita tidak bisa tinggal di kastil Misselthwaite. Ibu Colin dan Ibu Mary meninggal dipercaya karena kutukan kastil Misselthwaite. Mary yang tidak memercayai hal itu berusaha mematahkannya.

Apa yang dilihat belum tentu benar. Mary merasa ibunya tidak menyayanginya. Padahal sang ibu sedang berusaha keras melawan kesedihannya pasca meninggalnya sang saudari kembar yang tak lain adalah ibu Colin. Mary disebut-sebut mirip dengan saudari kembarnya. Mungkin karena alasan itu Ibu Mary selalu merasa sakit setiap kali melihat Mary. Tuan Craven memercayai tanan rahasia yang sengaja ia sembunyikan adalah tempat penuh luka karena istri tercintanya meninggal di sana. Namun, tempat itu justru menjadi tempat terindah favorit sang istri. Alasan kenapa sang istri memilih untuk mati di taman pun terungkap.



Pada akhirnya setiap luka akan sembuh. Kadang orang tua memang perlu belajar dari anak-anaknya.

Walau di awal saya sempat dibuat bingung, tapi film ini menarik untuk ditonton. Mungkin emang sengaja disajikan misteri seperti itu kali ya, biar penonton terkecoh. Padahal mah aslinya nggak creepy sama sekali. Hehehe. Andai punya taman rahasia secantik taman rahasia kastil Misselthwaite.

Dari film ini saya baru tahu kalau ada bunga wisteria warna kuning dan dalam film ini kita bisa menemukan wisteria tunnel. Pembaca fan fiction Wisteria Land harus nonton film ini deh kayaknya. Karena visualisasi wisteria tunnel ada dalam film ini. Bedanya dalam film ini bunga wisteria berwarna kuning, sedang dalam fan fiction berwarna ungu. Xixixi.



Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.

Poster dan gambar oleh: IMDB dan pics alphacoders dot com


Tempurung kura-kura, 12 September 2020.
- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews