Review Drama Korea The Miracle (2016)

16:58

The Miracle (2016)



Berhati-hatilah dalam membuat permohonan. Keajaiban bisa jadi adalah keberuntungan buatmu, tapi kesialan bagi orang lain.



• Judul:
   - Global: The Miracle
   - Hangul: 더 미라클
   - Judul lain: My Secret Diary
• Genre: Komedi, drama, romansa, fantasi
• Negara: Korea Selatan
• Bahasa: Korea
• Episode: 12
• Tanggal rilis: 12 - 23 Desember 2016
• Durasi: 15 menit per episode
• Pemeran:
    - Hong Yoon Hwa: Kwon Shi Yeon
    - Kim Na Hyun: Kwon Shi Ah
    - Dong Hyun: Ban Hae Sung
    - Yang Hak Jin: Han Gyo Seok


Kwon Shi Yeon (Hong Yoon Hwa) putri dari seorang mantan aktris. Ia bertubuh pendek dan tambun. Ia lebih sering menghabiskan waktunya di dalam kamarnya yang berada di atap. Kwon Shi Ah (Kim Na Hyun) adalah saudari kembar Kwon Shi Yeon. Berlawanan dengan Shi Yeon, Shi Ah berparas cantik dan berpostur tinggi. Bekerja di dunia hiburan sejak kecil. Shi Ah juga tergabung dalam idol grup bernama Miracle Girls. Suatu hari Shi Yeon kehilangan anjingnya. Ketika mencarinya, ia bertemu wanita misterius ya f ternyata seorang Master Tarot. Shi Yeon membisikkan keinginannya di dalam hati ketika Master Tarot memberinya sebuah kalung keajaiban usai ia memilih kartu tarot yang juga memiliki arti keajaiban. Dalam perjalanan pulang Shi Yeon pingsan. Ketika terbangun, ia menyadari jika jiwanya telah berada dalam tubuh Shi Ah, saudari kembarnya.



Cut scene dari drama ini sering wara-wiri di Instagram hingga bikin penasaran. Setelah mencari informasinya, ternyata udah rilis dan tayang empat tahun yang lalu.


Berkisah tentang gadis kembar yang amat sangat tak biasa bernama Kwon Shi Yeon dan Kwon Shi Ah. Keduanya adalah anak mantan aktris yang cantik jelita. Kenapa tak biasa? Karena walaupun kembar, Shi Yeon dan Shi Ah sama sekali nggak mirip.

Kwon Shi Yeon (Hong Yoon Hwa) bertubuh pendek dan gendut. Ia hobi menyendiri di kamarnya yang berada di atap rumah. Ia memiliki saluran online bernama Sexy Diva. Walau banyak yang memuji kemampuan bernyanyinya, Shi Yeon tidak pernah menunjukkan jati dirinya.



Kwon Shi Ah (Kim Na Hyun) adalah adik kembar Shi Yeon. Ia memiliki postur tubuh dan wajah yang sempurna. Shi Ah menjadi member dari girl group bernama Miracle Girls. Posisinya sebagai visual dalam grup.



Hidup Shi Yeon dan Shi Ah bak dua sisi mata uang koin. Bahkan Shi Ah merahasiakan keberadaan Shi Ah dengan mengatakan bahwa eonni-nya bersekolah di luar negeri.

Suatu hari Shi Yeon kehilangan Doong, anjing kesayangannya. Ia berkeliling untuk mencari Doong hingga malam. Sampai di salah satu tempat, Shi Yeon menemukan seorang wanita yang terkapar. Shi Yeon pun menolongnya, menggendong wanita yang ternyata adalah seorang Master Tarot. Sebagai ucapan terima kasih, Master Tarot bersedia meramal Shi Yeon. Walau awalnya menolak, akhirnya Shi Yeon memilih sebuah kartu.

Menurut Master Tarot, selama 30 tahun ia berkarir, baru Shi Yeon yang memilih kartu yang ia buat sendiri yaitu kartu keajaiban. Master Tarot meminta Shi Yeon mengucapkan permohonannya. Walau Shi Yeon mengucapkannya dalam hati, Master Tarot bisa mendengarnya. Kemudian ia memberikan sebuah kalung dengan liontin batu berwarna biru dan meminta Shi Yeon selalu memakainya.

Shi Yeon pulang bersama Doong. Sepanjang perjalanan ia terus memikirkan tentang Master Tarot. Tiba-tiba saja ia jatuh pingsan. Shi Ah yang sedang berlatih bersama grupnya pun tiba-tiba pingsan. "Hanya satu kesamaan kami, yaitu kami selalu sakit secara bersamaan," ujar Shi Yeon. Ketika ia terbangun ia menyadari jiwanya berada di tubuh Shi Ah. Jiwa Shi Yeon dan Shi Ah bertukar tubuh.


Dengan durasi rata-rata 10-15 menit per episode, 12 episode ini bisa selesai ditonton dalam waktu satu hari. Kemarin drama yang menemani waktu kerja saya adalah drama ini. Ceritanya yang ringan cocok dijadikan sebagai teman di kala menunggu customer datang.

Temanya memang bukan hal baru yaitu pertukaran jiwa. Uniknya di sini ada saudara kembar yang beda jauh kayak gini. Tapi kalau dilihat sama-sama cantik lho! Shi Yeon tetep cantik walau ia gendut. Btw, kembar seperti emang ada sih. Saya pernah melihat sekali di dunia nyata. Kembar cewek yang secara fisik mirip kayak Shi Yeon dan Shi Ah ini. Si kakak postur tubuhnya jauh lebih pendek dari adiknya. Wajah mereka juga nggak mirip banget, tapi sama-sama manis.

Shi Ah bergabung dalam grup dan selalu dihina karena dianggap nggak bisa nyanyi. Terlebih ketika ia dipasangkan untuk membintangi iklan bersama Ban Hae Sung (Dong Hyun) seorang solois yang terkenal tak hanya pandai menyanyi tapi juga pengarang lagu.



Di sekolahnya, Shi Yeon jatuh hati pada murid bernama Han Gyo Seok (Yang Hak Jin). Sialnya, ketika Shi Yeon akan memberikan hadiah secara diam-diam pada Gyo Seok, dia malah tertangkap basah dan berujung di-bully.



Sudah bisa kita tebak, dunia keduanya pun berubah sejak Shi Yeon dan Shi Ah bertukar tubuh. Shi Yeon harus menjalani hidup sebagai idol dan Shi Ah menjadi siswi SMA biasa. Namun, dengan kejadian itu Shi Yeon dan Shi Ah jadi memahami satu sama lain.

Shi Ah cantik dan sempurna tapi dia nggak bisa nyanyi alias buta nada. Wajar jika Ban Hae Sung mengoloknya modal tampang doang. Tapi plot twist-nya di ending keren lho! Shi Ah yang tampak angkuh dan selalu seenaknya sendiri itu ternyata boleh dibilang berhati mulia dan menjadi ksatria di balik debut dan suksesnya Miracle Girls. Makanya jangan nilai orang dari penampilannya.

Shi Yeon walau penampilannya boleh dibilang nggak menjual, tapi suaranya aje gile. Keren! Sampai bikin Ban Hae Sung terkesima dan jatuh cinta. Karakter Shi Yeon mengingatkan saya pada film 200 Pounds Beauty dan novel Wishing Her To Die. Karena tokoh utama sama-sama gadis gendut dengan suara emas. Lebih mirip ke Wishing Her To Die karena ada pertukaran jiwa. Bedanya di Wishing Her To Die, Yoon Jae Hee  dan Lee Min Ah bukan saudara. Bertukar jiwanya pun selang-seling. Boleh dibilang Jae Hee yang koma merasuk ke tubuh Min Ah. Min Ah di sini sempurna like Shi Ah.

Suka banget waktu Shi Ah yang jadi Shi Yeon nggak bisa lagi menahan diri buat diem aja ketika di-bully. Akhirnya dia bertindak dan membuat Shi Yeon nggal dibully lagi. Bahkan ia dijadikan guru dance sama grup yang dulu memusuhi dia. Good job Shi Ah.

Cerita tentang keluarga, teman, karir, dan juga percintaan. Lengkap dikemas dalam drama ini. Bahkan kita diberi gambaran sedikit tentang bagaimana hidup menjadi idol dan dunia hiburan di Korea. Melihat nggak harmonisnya hubungan member Miracle Girls, mengingatkan saya pada kasus yang sempat ramai tentang girl group yang di depan kamera tampak akrab tapi di belakang kamera membernya kayak musuh satu sama lain. Bisa jadi girl group yang kehidupan di balik layarnya seperti kayak member Miracle Girls ini pun ada.

Drama ini pun memberi gambaran jika kita berusaha menggunakan kekuatan magis yang dalam film ini digambarkan dengan menggunakan kekuatan kalung, pasti ada konsekuensinya. Di drama ini digambarkan setiap kali Shi Yeon membuat permohonan, akan dikabulkan. Tapi sebagai gantinya pasti ada satu orang yang terluka. Ngeri kan!

Well, drama ini bagus untuk ditonton sebagai teman mengisi waktu luang. Saya nggak begitu suka sama love story-nya. Entah kenapa malah terkesan lebay. Hehehe.

Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.


Sumber poster dan foto: My Drama List.



Tempurung kura-kura, 25 Desember 2020.
- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews