Tips Untuk Penderita GERD & Anxiety Sebelum Vaksin Covid-19

23:46

 Tips Untuk Penderita GERD & Anxiety Sebelum Vaksin Covid-19



Setelah membagikan pengalaman vaksin dosis pertama pada tanggal 14 Oktober 2021 lalu di blog dan kanal Youtube, banyak teman-teman pejuang GERD dan Anxiety yang memberi respon. Ada yang memberi selamat dan ada yang berkeluh kesah karena belum berani vaksin. Lalu, ada pula yang meminta tips, gimana biar berani vaksin Covid-19.

Sebelumnya saya pun berada di fase tersebut, pengen vaksin tapi takut. Di grup GERD Anxiety Indonesia (GAI) juga banyak member yang masih mempertanyakan apakah penderita GERD & Anxiety boleh vaksin Covid-19. Dalam tulisan ini, saya akan membagi, langkah apa saja yang saya terapkan sebelum akhirnya berani untuk maju vaksin. Yuk kita bahas!


1. Berdoa pada Tuhan YME


Langkah pertama yang saya terapkan adalah meminta bantuan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada saya dominan ke masalah psikis, masalah mental. Takut dan overthinking tentang vaksin. Saya memohon pada Tuhan, "Ya Allah, jika sudah waktunya bagi saya untuk vaksin, tolong beri hamba keberanian, kekuatan dan ketetapan hati."

Setiap hari saya mengulang doa tersebut dan menunggu sampai Tuhan menggerakkan hati saya untuk vaksin. Di bulan Oktober pada jadwal kedua di tanggal 14, tiba-tiba ada keinginan untuk vaksin. Akhirnya berangkatlah vaksin pada tanggal tersebut.

Tuhan menjawab doa saya, memberi saya keberanian dan kekuatan untuk berangkat. Alhamdulillah prosesnya lancar. Insyaallah Tuhan pasti akan memberikan apa yang kita butuhkan, apa yang terbaik bagi kita.


2. Menjaga kondisi tubuh hingga hari H vaksin


Saya percaya bahwa penderita GERD dan Anxiety pasti udah menerapkan 3P atau pola hidup, pola makan, dan pola pikir yang baik. Jadi insyaallah untuk kondisi tubuh aman.

Kalau mau ditambah dengan konsumsi vitamin, boleh aja. Mungkin beberapa dari teman-teman udah rutin mengonsumsi vitamin seperti vitamin B Complex dan vitamin D3. Keduanya udah memberi support baik bagi tubuh. Terlebih jika sudah menerapkan pola makan yang baik, insyaallah kebutuhan vitamin tubuh kita udah terpenuhi dari makanan yang kita konsumsi.


3. Stop mencari berita apa pun tentang vaksin Covid-19


Ketika kita mencari informasi tentang vaksin, di pencarian Google misalnya, hasil yang muncul pasti beragam. Nggak hanya berita baik saja, tapi juga berita buruknya. Karenanya lebih baik berhenti mencari informasi apa pun tentang vaksin demi menjaga kesehatan mental kita.


4. Berpikir positif


Memfokuskan pikiran tentang tujuan vaksin adalah untuk kesehatan dan kebaikan diri sendiri juga lingkungan di sekitar kita. Niatkan vaksin untuk sehat.


5. Jika hati sudah berkehendak, jangan ditunda lagi


Ketika udah siap, jangan ditunda lagi. Segera laksanakan. Kesiapan hati, keinginan hati untuk vaksin adalah jawaban Tuhan atas doa kita. Tidak mungkin kan Tuhan menjerumuskan makhluk-Nya.


Sebelum berangkat vaksin, jangan lupa sarapan. Saat vaksin, jangan lupa bawa peralatan tempur seperti air putih. Untuk jaga-jaga munculnya efek, siapkan paracetamol, karena obat ini aman dikonsumsi penderita GERD. Sekian ulasan tentang langkah-langkah yang saya terapkan sebelum vaksin Covid-19. Pembahasan secara lisan bisa ditonton di sini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews