Sering Kena Tipu, Polos Apa Bego?

03:16

 Sering Kena Tipu, Polos Apa Bego?



Well, tulisan kali ini nggak ada hubungannya ama GERD, Anxiety, artikel atau review film dan lain sebagainya yang sering saya bagi di blog ini. Kali ini saya hanya pengen curhat tentang kisah di dua bulan awal di tahun 2022 yang lumayan penuh ujian.

Bersyukur masih dikaruniai kesehatan dan kebahagiaan, bisa melewati tahun 2021 yang super wow banget. Harapannya 2022 bisa menjadi manusia yang lebih baik dari tahun sebelumnya, pun berharap segala segi kehidupan yang saya jalani lebih baik dari tahun sebelumnya. Hidup di tengah pandemi mulai dari tahun 2020 emang kayak naik rollercoaster. Ngarepnya tahun 2022 ini udahan aja naik rollercoaster-nya, karena suer bikin pala mumet bahkan mabok. Tapi, Tuhan menulis skenario di luar apa yang saya inginkan.

Sebenernya menjelang akhir tahun banyak hal membahagiakan yang saya lalui. Tapi, di awal tahun ujian datang. Ini nanti bakalan saya bahas sendiri, tentang serangan panik yang tiba-tiba muncul di tempat kerja, hingga membuat bulan Januari penuh drama. Drama lain tentang periksa mata yang nanti juga bakalan saya bahas sendiri.

Di tulisan kali ini saya mau curhat tentang kesialan yang terjadi di toko yang kembali menghampiri di tahun 2022. Yap, sesuai judul, tentang tipu-tipu. Saya kena tipu lagi, shi-gUi! Hiks hiks hiks!


Ini bukan penipuan online seperti yang saya alami yang pernah saya share di Blog dan Youtube tentang penipuan berkedok giveaway. Tapi, ini langsung ketemu pelaku karena kejadiannya di toko. Kalau diinget-inget, lebih serem daripada penipuan online, karena tatap muka langsung ama pelaku. Bersyukurnya, walau kehilangan barang yang pasti bikin nyesek, untungnya saya nggak sampai dicelakai ama pelaku. Itu yang paling saya syukuri.

Saya kerja di toko kalau nggak salah ingat udah 10 tahun lebih. Dari awal berdiri sampai sekarang. Eh, nggak nyangka udah 10 tahun lebih. Tentu aja banyak lika-liku, mulai dari merintis sampai sekarang. Kali ini yang ingin saya bagi tentang penipuan. Dalam istilah Jawa kami biasa menyebutnya 'diakali'.

Walau sebisa mungkin menghindari, namun kesialan seperti ini pasti pernah dialami oleh setiap pedagang. Entah itu diakali dalam skala kecil misalnya orang hutang nggak bayar atau pembeli ambil barang tapi kagak bayar pasti pernah. Atau diakali dalam skala besar. Kalau dalam skala besar udah ya, cukup sekali aja. Jangan sampai lagi! Suer nyeseknya bangeeet. Harus jatuh bangun buat ngumpulin duit biar bisa nutupin barang yang kecolongan. Skala besar ini tabung gas tiga kiloan dibawa kabur suplier yang mengalami kebangkrutan. Lumayan, kerugian waktu itu mencapai angka jutaan.



Pasca kejadian besar itu, alhamdulillah kondisi stabil. Walau ada aja yang hutang nggak bayar, tapi kondisi masih aman. Lumayan kerasa waktu dagangan parfum di etalase hilang sampai tiga botol. Gantinya lumayan euy! Kalau shi-gUi berpikir anak sekolahan itu pada lugu, pikir ulang! Kejadian hilangnya tiga botol parfum di etalase pasca ada invasi dari adek-adek SMP yang mengantre fotokopi.

Nggak cuman hilangnya tiga botol parfum, bahkan alat kecil yang saya gunakan buat mencongkel karet dalam tabung juga turut raif. Kata Wan Bos, "Alat itu lumayan. Bisa buat bongkar-bongkar. Obeng mini kan itu." Herannya, diambil buat apa lho, Dek??

Fotokopi nggak bayar juga sering kejadian, bahkan sampai sekarang. Nggak fotokopi aja sih. Kadang beli air mineral, rokok, atau kue, bilangnya mau ambil uang sebentar, tapi kagak balik sampai hari berlalu dan tahun berganti. Beberapa pelaku bikin saya heran sih, nggak sinkron aja ama penampilannya.

Kenapa sampai dilepas sih? Kan baiknya bayar dulu. Siapa sih tega liat orang mau berobat dipersulit cuman urusan uang fotokopi atau uang air mineral? Saya mikir positif aja, mungkin lagi keburu-buru karena keluarganya sakit. Lagian lokasi deket, insyaallah pasti balik buat bayar. Saya nggak mau mempersulit mereka aja. Tapi, kadang malah nggak balik. Sampai-sampai sama Tante, saya dikatain dinas sosial. Ngarepnya kan nggak dapat sial ya. Kalau ujungnya sial, ya emang lagi takdirnya gitu.

Emang yang beli kagak bawa uang apa? Bawa. Seringnya, barang yang dibeli nggak sebanding ama uang yang dibayar. Fotokopi seribu rupiah, bayar seratus ribu. Nyesek setiap kali ada yang kayak gini dan selalu ada. Daripada ngelepas duit 99 rebu, mending saya suruh bawa dulu, biar orangnya yang nyari tukeran. Karena lokasi toko juga susah buat saya untuk nyari tukeran. Kalau semua pembeli modelan gitu dikasih kembalian, saya sendiri yang susah. Lucunya, kadang ada orang beli dengan cara seperti itu, ketika dibilang nggak ada kembalian, barang malah dibawa dengan dalih, sebentar lagi saya balik buat bayar.



Lah? Udah tau gitu kok dilepas? Balik lagi, saya mikirnya kasihan kalau keluarganya lagi sakit, butuh minum, butuh makan. Gara-gara nggak ada kembalian, nggak boleh ngutang. Gimana kalau saya ada di posisi itu? Pasti nyesek banget. Sayangnya kadang balasannya ya gitu deh. Berakhir customer kabur, nggak bayar.

Nggak semua. Tapi seringnya gitu. Ada kok yang baik. Hutang 1500 rupiah dibelain bayar. Seringnya saya udah lupa. Tapi, kalau yang nominal gede, di atas sepuluh ribu gitu, jarang yang bali. Miris yak! Padahal Tuhan Maha Baik lho! Selalu ngingetin makhluk-Nya.

Sering saya mikir, apa zaman sekolah dulu saya pernah khilaf ya? Makanya kebales pas udah kerja dagang ini. Tapi, sepanjang mengingat-ingat, kayaknya nggak pernah saya nyuri dagangan orang. Tapi, kenapa giliran saya kerja dagang, sering amat ya diakali orang.

Nggak cuman dedek-dedek SMP yang kagak bayar fotokopian. Mahasiswi magang pun ada. Herannya, kok mereka nggak takut karma ya? Buat nyari ilmu tapi malah ambil jalan ngakali orang. Lumayan pas mau PSBB dan sekolah daring tuh. Nominal yang kagak dibayar bisa buat beli kuota internet sebulan.



Biasanya emang adek-adek ini bayar separo dulu kalau uang nggak cukup. Kalau nggak langsung diantar, biasanya sepulang sekolah mereka mampir buat bayar. Saya bondho percoyo aja sih. Nggak papa. Sayangnya, nggak semuanya jujur. Tiap angkatan pasti ada adek-adek modelan ujungnya kagak bayar tagihan. Kasus terakhir yang saya ingat, adeknya, cewek dia, bilang, kalau uang kas ketinggalan dan mau bayar ntar pas pulang. Saya awalnya mau nolak permintaan si adek bawa hasil fotokopian, tapi muka dia melas banget. Dan saya mikir, kasihan kalau gurunya killer, dia bakalan kena entah itu omelan atau hukuman. Jadi, ya udah, bismillah, saya kasih, dengan harapan adeknya ini jujur. Namun, kenyataannya zonk. Kagak balik sampai sekarang. Bahkan mungkin udah lulus adeknya. Saya mau ngelacak pun susah karena nggak tahu nama dan kelasnya. Semoga berkah aja ilmunya.

Penipuan yang nyata-nyata nipu, berhadapan langsung dengan pelaku, tiga kali saya alami. Semoga aja kejadian di awal tahun ini yang terakhir. Besok-besok udah jangan ada ujian kayak gini lagi ya, Tuhan. Nyeseknya kejadian pas di masa pandemi, saat kondisi toko pun lagi tertatih untuk bertahan. Nggak habis pikir, kok tega ya mereka? Kenapa nipunya ke toko kecil macem kami, bukan yang gede sekalian aja.

Kejadian yang pertama saya lupa tahunnya tahun berapa, tapi yang pasti pas Ramadan, awal-awal puasa, pas di hari ulang tahun saya. Kondisi toko lagi sepi, tetiba ada mas-mas berhenti depan toko, naik motor matic warna putih, rapi pakek helm. Masuk dianya dan bilang mau beli gas. Karena nggak bawa tabung, saya nanya dong, tabungnya mana. Dia bilang nggak bawa tabung. Saya nggak mau dong kasih, kagak kenal juga ama masnya. Bahkan, kami sempat cek-cok. Ketika masnya bilang, "Saya disuruh Bu Sumiyati yang rumahnya di utara situ lho. Disuruh beli, dua tapi tabungnya minjem dulu. Buat selamatan orang meninggal," tetiba saya mengiyakan. Padahal suara dalam otak saya berontak, bilang, orang ini nggak bener. Tapi, tetep kecolongan. Pas dua tabung selesai dibawa, saya bengong. Mikir, Bu Sumiyati sapa ya? Nggak ada orang meninggal juga. Nyadar ada yang nggak beres, saya keluar, tapi masanya udah hilang.

Hadiah ulang tahun yang nggak terlupakan. Mending dapat kejutan kotak isi puluhan anak kodok dari penghuni Sarang Clover daripada kejutan macem gitu. Puasa, mau Lebaran, harus merelakan sebagian uang gaji yang sebenernya bisa buat beli kue Lebaran untuk mengganti dua tabung gas beserta isinya yang hilang. Lumayan banget nominalnya. Semoga masnya segera sadar aja. Kasihan. Masih muda banget, malah jadi penipu.

Kejadian kedua, baru aja di masa pandemi ini. Tahun 2020 apa 2021 gitu. Penipuan gas lagi. Kejadiannya pas saya nggak sendirian di toko, tapi kondisi sekitar emang lagi sepi banget. Pandemi dan siang-siang, udah kayak tengah malam aja kondisinya. Tetiba ada mas-mas dateng dan nyamperin tumpukan gas, sambil kayak ngebanting gas. Kayak orang beli gas yang naruh tabung gas gitu dah.

Saya langsung keluar dan nanya dong. Masnya bilang, mau beli gas. Saya intip gasnya, hitung jumlah. Totalnya sesuai milik toko. Saya nanya dong, tabungnya mana. Dia bilang tabung yang di bawah dia itu milik dia. Tahu itu milik toko, saya membantah. Cek-cok lagi kami. Trus, entah karena apa, tetiba saya mengiyakan walau lagi-lagi suara dalam otak saya berteriak, orang ini nggak bener. Raif lagi dah satu tabung beserta isinya. Anehnya, dua orang yang menemani saya di toko, pada saat kejadian cuek. Ketika saya cek-cok ama mas-mas penipu itu, dengernya mereka, saya lagi ngobrol akrab ama masnya. WTF banget, kan!!!

Toko lagi tertatih karena pandemi, malah harus kehilangan barang. Untungnya Wan Bos pengertian. Karena gaji selama pandemi juga nggak seperti kayak normal kan. Jumlahnya turun drastis, tapi alhamdulillah masih bisa kerja dan gajian. Wan Bos bilang, nggak usah diganti tabungnya. Namanya juga musibah.

Penipuan gas ini tipe-tipe orangnya hampir sama. Yang pas pandemi ini malah kagak bisa liat mukanya karena pakek helm dan masker. Cuman cara dan tipenya hampir sama. Gelagat orangnya juga. Mungkin satu tim, bisa jadi kan. Dua kali mengalami penipuan gas ini ternyata di emang pas lagi maraknya kasus nipu dengan cara begitu. Kebetulan yang lagi sial di kampung saya adalah toko kami. Padahal ada banyak toko kecil yang juga jualan gas tiga kiloan.




Kejadian ketiga, masih anget. Bulan Februari ini, tanggal 2, sehari setelah liburan Imlek. Sejak pandemi kondisi di sekitaran toko emang nggak pernah rame. Terlebih kalau pukul delapan sampai pukul sembilan pagi. Puskesmas juga jadi sepi pasien sejak pandemi. Anak-anak sekolah, walau udah tatap muka, jam segitu udah pada masuk kelas. Jadi sepi banget di sekitar toko.

Sekitar pukul setengah sembilan, saya lagi ngitung total tagihan bulanan untuk salah satu pelanggan toko. Tiba-tiba ada motor berhenti, kayak terburu-buru gitu orangnya markir motor trus naik ke toko. Saya amati sejenak, laki-laki yang usianya kira-kira 37-40 tahunan. Saya pun bertanya, apa ada yang bisa saya bantu. Customer itu minta rokok Surya 12 sebanyak enam bungkus.

Feeling udah nggak enak. Tumbenan orang beli rokok sebanyak itu di toko kecil, sedang pasar masih buka. Jarak dari toko ke pasar, kalau naik motor lima menit juga sampai. Saya jawab aja, nggak ada. Punyanya cuman satu yang ada di etalase doang.

Customer itu mengaduh. Katanya mau buat karyawannya proyeknya yang lagi ngecor di sebelah. Janggal lagi ini. Emang ada yang lagi bangun rumah, tapi ngecornya udah seminggu yang lalu. Saya masih diem dan mikir positif, mungkin emang ada yang lagi ngecor karena ada yang bikin proyek tempat wisata juga deketan sini.

Si customer minta semua rokok yang ada di etalase pada deretan dua teratas. Deretan rokok dengan harga mahal. Hapal banget nyebutin jumlah rokok yang ada di etalase. Suara dalam otak saya mulai teriak, orang ini nggak bener. Tapi, saya tetep ambilin semua rokok dan masukin ke dalam kresek kecil, lalu membuat nota dan menghitung total harga.

Setelah saya sebut total yang harus dibayar, si customer nyari dompet di saku baju dan celana, lalu lari ke motor sebentar dan balik lagi ke toko sambil bilang, "Waduh! Dompet saya ketinggalan. Gimana ya? Boleh saya bawa dulu nggak? Buat pekerja yang lagi ngecor di sebelah."

Dengan ketus saya nanya, "Emang di sebelah mana ada orang ngecor?"

"Di situ lho! Utara situ." Customer itu bersikeras."

Sebelum saya sempat melontarkan apa yang ada dalam pikiran, Customer itu menyahut, "Ya Allah. Sampeyan nggak percaya tah ke aku? Sumpah aku ngecor di sebelah situ. Kuwalat aku kalau nipu sampeyan. Istriku sedang hamil." Dengan bahasa Jawa yang logatnya kayak bukan orang Jawa asli. Lalu, dia mengambil kresek berisi rokok di tangan kiri saya dan pergi.

Saya auto blank. Diam mematung sejenak, lalu balik ngitung tagihan, tapi semua angka mendadak burem. Tubuh saya pun gemetaran. Takut ambyuk, saya memilih duduk untuk menenangkan diri. Tertipu lagi, batin saya terduduk lemas.

Karena takut, saya nggak berani cerita ke Wan Bos, pun ke orang tua. Tapi, saya langsung menghubungi Tunjung dan menceritakan kejadian yang baru saya alami. Kami sama-sama bersyukur karena saya aman walau kehilangan beberapa rokok yang jumlahnya lumayan. Setelah tenang, saya kembali ke etalase untuk melanjutkan menghitung. Kertas nota tergeletak di atas etalase. Sepertinya sengaja ditinggalkan, untuk mengolok saya yang berhasil dikerjain.

"Kenapa maling selalu pas gitu sih waktunya kalau beraksi? Apa karena perhitungan pelaku yang mbois atau Tuhan yang ngasih kesempatan?" Saya nanya Tunjung saat kami bertemu siang hari pasca kejadian.

"Maling juga cari hari U nak mau beraksi." Jawab Tunjung.

Menganalisis kejadian, sepertinya toko sudah diawasi sebelum pelaku menjalankan aksi. Hafal pada jam berapa toko dan kondisi sekitar sepi. Apakah mereka tertawa penuh kepuasan setelah berhasil menjalankan aksinya? Sampai berani sumpah, kalau nipu bakal kuwalat karena istrinya lagi hamil.

Hati-hati ya, teman-teman sesama pedagang. Lagi marak penipuan lagi nih. Jangan sampai kalian jadi korbannya, seperti saya. Semoga saja pelaku mendapat hidayah dan segera bertobat. Agar nggak ada korban lain lagi. Walau sama-sama susah karena pandemi, nipu tetep nggak dibenarkan. Pokoknya selalu waspada ya! Semoga Tuhan melindungi kita. Menjauhkan kita dari segala penyakit, mara bahaya, dan bencana. Aamiin.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews