Tragedi 250 Rupiah!

04:34

 Tragedi 250 Rupiah!



Biasanya saya nggak ambil pusing ama sikap customer yang boleh dibilang nyebelin. Beberapa waktu lalu ada yang nawar harga fotokopi, saya masih bisa kalem. Tapi pagi ini dibikin rada dongkol sama sikap salah satu customer yang datang untuk fotokopi. Padahal kalau dipikir-pikir, kalimat yang dilontarkan singkat. Tapi berasa kayak nonjok banget. Mungkin saya aja yang lagi sensi kali ya. Biasalah. Cewek pas PMS. Muehehehe.

Saya nggak tahu di tempat lain kayak gimana, tapi di beberapa rekan yang juga kerja di tempat fotokopi, harga per lembar udah naik. Rata-rata udah Rp. 300,- per lembarnya. Itu pun ada yang nggak pakek kertas 70 gram, masih pakek 60 gram. Di tempat saya masih tetep Rp. 250,-. Walau harga kertas dan tinta naik, mau ikut naikin masih mikir panjang karena beberapa perhitungan. Kertas yang saya pakai kertas 70 gram untuk semua ukuran. Nggak ada pakek 60 gram lagi. Untuk lembar penuh atau kecil sama, harga per lembarnya. Dulu sebelum harga kertas dan tinta naik, kertas kecil macem KTP harga lebih murah. Sekarang dipukul rata, tapi nggak naikin harga.

Pagi tadi dateng customer, mau fotokopi. Emang beberapa customer ada yang nanya harga dulu, normal sih ya kayak gini. Customer ini juga sama. Setelah saya sebutin nominal harga, langsung nyeletuk, "Hmm, mahalnya," dengan ekspresi dan sikap yang jujur kurang enak dipandang mata dan bikin saya nggak nyaman.


Saya diam aja nggak ngrespon, tapi dalam hati mbatin, "Ya Allah 250 dikata mahal, sedang beliau dapat fasilitas gratis untuk periksa dan segala macam semisal sampai dirujuk ke rumah sakit."

Kadang emang ada orang yang fotokopi sambil ngomel-ngomel ke saya disuruh fotokopi karena pakek BPJS. Kayak-kayak saya ini ikutan andil dan bersalah karena ada syarat fotokopi. Kalau lagi kalem, saya diem aja. Kalau pas lagi pengen jawab, saya jawab, "Kalau nggak mau ribet ama fotokopi, ya njenengan pakek umum aja." Pakek umum emang no ribet, tapi semisal ada rujukan sampai ke rumah sakit, ya siapin duit aja, apalagi kalau sampai butuh tindakan.

Pernah dengar cerita, di loket puskesmas juga ada yang ngomel soal ribetnya pakek BPJS--yang harus kasih fotokopian sebagai syarat--trus dijawab kurang lebih sama kayak jawaban saya ama petugas. Pasien akhirnya milih umum, ternyata dirujuk ke rumah sakit dan di rumah sakit butuh tindakan. Akhirnya balik lagi buat minta rujukan pakek BPJS. Kalau udah aturan harus kasih fotokopian, ya gimana lagi kan. Kita juga butuh fasilitas dari BPJS dan petugas hanya menjalankan prosedur. Jadi ya kerja sama aja biar sama-sama enak.

Balik lagi ke customer dan tragedi 250 rupiah. Perasaan lebay amat yak judulnya. Wkwkwk. Setelah selesai memfotokopi, saya serahkan kembali ke customer sambil nyebutin harga yang harus dibayar. Hasil fotokopian saya masukkan ke dalam plastik. Yang bikin kurang nyaman lagi adalah sikapnya pas bayar. Hiks! Setelah memberi kembalian dan tak lupa berterima kasih, saya duduk dan langsung curhat ke Njung Beb. Kebetulan pas lagi bertukar pesan ama doi.

Balesan Njung Beb kirim emot ketawa ngakak sambil kemudian disusul pesan yang isinya, "Mungkin di rumahnya kagak pakek listrik."

Hmm, bisa jadi ya. Makanya ga tau kalau fotokopi nggak hanya sekadar satu lembar kertas doang. Tapi ada kertas itu sendiri, tinta, jasa servis mesin, dan listrik yang diperhitungkan. Ini mengabaikan gaji pegawai toko yang juga harus dibayar, hanya ngitung bagian dari fotokopi itu sendiri. Waktu saya bilang hasil fotokopian saya masukin plastik, Njung Beb komentar, "Tumben kamu berbaik hati ngasih plastik?"

Piye tho bocah iki! Padahal sering live di toko pas saya layani customer tapi kagak apal bae. Minimal 10 lembar memang saya kasih plastik. Kadang ada customer yang menolak dikasih plastik. Biasanya karena udah bawa tas atau map sendiri. Tapi, kadang ada yang fotokopi dua lembar, kecil pula, ukuran KTP, minta plastik. Unik, kan? Nah, plastik ini juga ada harganya karena kita dapetnya beli nggak gratisan dari juragan kertas. Tapi emang jadi bagian dari pelayanan dengan syarat minimal fotokopi 10 lembar kalau pas saya yang jaga. Nah, semisal ada yang fotokopi dikit minta plastik, gimana? Ya tetep dikasih. Kan bagian dari pelayanan.

Beberapa tahun lalu, saya juga sempat sharing tentang ulah customer yang nawar sampai bikin ngelus dada. Waktu itu harga fotokopi masih Rp. 150,- Salah satu teman saya berkomentar, "Suruh bawa kertas karbon dan ngeblat sendiri aja kalau fotokopi dikata mahal. Emang beli cabe di pasar apa pakek acara tawar-menawar." Muehehehe. Bener juga ya.

Padahal setiap toko pasti punya kebijakan. Semisal fotokopi banyak, ya pasti ada diskon atau potongan harga. Kalau fotokopinya masih jumlah normal, tapi minta harga murah, gimana ya? Sejak 2020 yang susah bukan kita doang, tapi banyak orang. Kami pun sama tertatihnya untuk bertahan di masa pandemi. Kalau 250 rupiah dibilang, mahal amat, ya mohon maaf. Insyaallah hasil nggak mengecewakan. Kami berusaha memberi pelayanan terbaik dengan harga yang bersahabat dan kualitas prima. Semisal masih dirasa mahal, ya mungkin lain kali bisa fotokopi di tempat lain yang harganya jauh lebih murah. Hari ini kertas dateng udah dapat peringatan dari Bos Kertas kalau harga kertas bakalan naik lagi bulan depan. Hiks! Gimana nggak mumet? Harga bahan naik, tapi nggak bisa naikin harga jual.



Maaf ya, tulisan kali ini isinya curhatan di kerjaan. Customer emang beragam. Kalau orang sepuh-sepuh kadang ngira toko jadi satu atap ama puskesmas, jadi habis fotokopi seringnya mereka bilang makasih doang karena dikira yang bayarin puskesmas. Lokasi toko emang deket ama puskesmas dan dua sekolah. Ada juga yang fotokopi, tapi bilangnya kagak bawa duit, akhirnya nggak bayar. Di tulisan sebelumnya yang soal kena tipu, saya juga sedikit sharing tentang oknum adek-adek SMP yang ngemplang fotokopi. Risiko perkerjaan memang. Walau udah berusaha meminimalkan risiko, kalau udah apes ya tetep nggak bisa lolos kan.

Mungkin yang bikin dongkol bukan hanya ucapan, tapi sikap dari customer juga. Bahasa tubuhnya plus itu merokok dalam toko. Asepnya masuk, walau pakek masker, tetep kan kecium baunya. Saya heran lho ama oknum yang ngrokok trus asapnya disemburin ke orang di sekitarnya itu untungnya apa sih? Bagi-bagi penyakit? Kan nggak semua orang fisiknya bagus, jadi bisa tahan ama asap rokok. Atau, kayak gitu berasa keren?

Sering ngalamin kayak gini di toko. Apalagi saya pakek masker kan sejak 2013, jadi sebelum pandemi dulu orang lebih ekstrim liatnya. Padahal saya pakek masker bukan tanpa alasan. Disarankan pakek masker karena sering interaksi sama pasien, terutama pasien sakit paru-paru. Penyakit ini menular kan, karena itu sama nakes disarankan pakek masker kalau kerja. Bahkan dulu saya sering dikasih gratisan masker juga buat kerja. Trus, karena saya juga harus jaga jarak ama debu, jadi disuruh pakek masker. Tapi orang sering natap sinis, apalagi beberapa oknum perokok. Sering banget customer perokok ke toko, tahu saya pakek masker, kalau ngrokok malah asapnya disembur ke arah saya.



Kok nggak ditegur? Udah dong! Tapi ya gitu, rata-rata bandel. Malahan ada yang komentar, Sampeyan nglarang orang ngrokok kenapa jualan rokok? Saya nggak nglarang orang ngrokok padahal. Saya hanya minta tolong kalau merokok di luar aja karena toko kecil. Kalau pas rame, gerah, ditambah asap rokok kan mengganggu sekali. Malah diserang balik dengan kalimat begitu karena di toko ada jual rokok. Manusia memang unik dan beragam jenisnya. Semoga kita dijauhkan dari golongan yang merugikan dan Tuhan nggak enggan negur kalau kita khilaf, pun kita selalu diberi kesadaran agar nggak merugikan orang lain. Aamiin.

Gara-gara kalimat, "Hmm, mahal amat," jadi curhat ngalor ngidul nih. Tapi emang, berdagang itu nggak gampang. Butuh fisik dan mental yang kuat. Next time saya sharing pengalaman teman saya yang terjun ke dunia dagang di tahun 2020.

Mohon maaf jika ada salah kata. Ini sekadar sharing, tanpa ada niatan apa pun. Terima kasih yang udah mampir dan membaca curhatan ini.


Tempurung kura-kura.

Salam.

Kurayui.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews