Tutorial Menulis Di Aplikasi Storial

00:18


Tutorial Menulis Di Aplikasi Storial



Menulis di Storial semakin mudah dengan ponsel di genggaman. Bisa di mana saja dan kapan saja.


Storial merupakan salah satu platform menulis yang banyak digunakan penulis karena kemudahannya untuk dioperasikan baik lewat perangkat komputer atau lewat ponsel. Di Storial, pengguna tidak hanya bisa menulis buku, tapi juga bisa membaca buku-buku karya penulis lain.

Storial menghadirkan fitur cerita premium yang memberi keuntungan bagi penulis. Dengan kata lain penulis bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan menulis di Storial. Dengan seringnya mengadakan event menulis yang berhadiah jutaan rupiah, Storial semakin digandrungi oleh penulis.

Storial pun telah merilis aplikasi untuk ponsel yang semakin mempermudah pengguna Storial yang ingin mengakses Storial lewat ponsel. Berikut adalah tutorial menerbitkan buku baru atau menambahkan bab baru pada buku yang sudah terbit di Storial.

1. Instal aplikasi Storial di ponsel

Langkah pertama dan utama adalah kita harus mengunduh lalu menginstal aplikasi Storial. Aplikasi Storial bisa diunduh di Play Store. Setelah menginstal aplikasi Storial, lakukan log in sesuai akun Storial yang sudah dimiliki atau daftar/membuat akun bagi yang belum punya akun.



2. Mulai menulis

Setelah log in pilih ikon bergambar kotak dan pensil dan mulai lah menulis. Isi judul dan sinopsis cerita, lalu pilih lanjutkan.
Selanjutnya pilih kategori cerita dan simpan.





Jangan lupa mengisi kata kunci dan klik lanjut.


3. Mengunggah cover

Untuk cover, pilih foto depan buku. Karena pilihan ini akan menampilkan cover buku sekaligus header cerita. Jika memilih foto cover buku kadang setelah cerita dipublish, gambar cover tidak bisa ditampilkan.



4. Tambah bab baru

Langkah selanjutnya adalah menulis bab baru. Klik tambah bab baru dan mulai menulis.


Isi judul bab dan bagian isi. Untuk bagian isi setelah meng-copy paste tulisan lakukan edit ulang karena tulisan yang tempel biasanya akan kehilangan beberapa tanda baca seperti koma, titik, dan petik dua pembuka atau penutup kalimat. Setelah selesai klik publish.



Setelah bab baru ditambahkan, klik publish untuk membuat buku. Lalu akan muncul pemberitahuan jika buku berhasil diterbitkan.








5. Menambahkan bab baru

Untuk menambahkan bab baru dari cerita yang kita tulis pilih ikon strip tiga di pojok kiri atas. Lalu pilih cerita saya.




Kemudian pilih kelola cerita dan pilih buku yang akan ditambahkan bab baru. Kemudian pilih ikon tanda titik tiga pojok kanan atas dan pilih atur bab. Dan pilih tambah bab baru.









6. Merubah status cerita menjadi selesai

Untuk merubah status cerita menjadi selesai, lalukan cara seperti nomer lima. Setelah klik ikon tiga titik pilih ubah jadi selesai. Maka status cerita akan berubah menjadi selesai.






7. Membagikan cerita

Untuk membagikan cerita, tinggal pilih buku yang akan dibagikan dan klik ikon tanda segitiga di bagian kanan atas. Lalu pilih sosial media yang akan menjadi tempat untuk membagikan cerita.
Jika ingin membagikan bab dari buku, tinggal klik bab yang ingin dibagikan lalu lakukan langkah yang sama untuk membagikan.





Demikian tutorial mudah menulis di aplikasi Storial. Jika kurang jelas, silahkan tonton Tutorial Menulis Di Aplikasi Storial

Selamat berkarya!


You Might Also Like

4 komentar

  1. Hallo kak, mau nanya. Tulisan berbayar apa untuk tulisan novel, puisi yang ber bab bab. Untuk artikel dan review gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Kak.
      Setahu saya kebanyakan novel yang diajukan. Tapi coba aja kalau mau mengajukan kumpulan puisi. Kayake kalau memenuhi S&K bakalan bisa lolos. Pun demikian dengan artikel dan review.

      Delete
    2. Ok, makasih kak infonya.

      Delete

Total Pageviews