Review The School Nurse Files (2020)

19:01

 The School Nurse Files



• Judul:

   - Web Drama: The School Nurse Files

   - Literal: Nurse Teacher An Eun Young

   - Romanisasi: Bogungyosa Aneunyoung

   - Hangul: 보건교사 안은영

• Network: Netflix

• Episode: 6

• Tanggal rilis: 25 September 2020

• Genre: Fantasi

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Catatan: Berdasarkan novel "Bogungyosa Aneunyoung" karya Jung Se-Rang yang terbit pada 7 Desember 2015 oleh Minumsa

• Pemeran:

  • SMA Monglyeon

    - Jung Yu Mi: Ahn Eun Young

    - Nam Joo Hyuk: Hong In Pyo

    - Yoo Teo: Mackenzie

    - Lee Joo Young: Han A Reum

    - Kim Ki Cheon: Kepala Sekolah

    - Sung Nak Kyung: Satpam

    - Jeon Kuk Hwan: Hong Jin Bum

  • Murid SMA Monglyeon:

    - Hyeon Woo Seok: Oh Seung Gwon

    - Park Hye Eun: Sung A Ra

    - Kwon Young Chan: Lee Ji Hyeong

    - Park Se Jin: Jang Radi

    - Song Hee Jun: Baek Hye Min

    - Shim Dal Gi: Heo Wan Su "Lucky"

    - Lee Suk Hyeong: Kang Min U "Ruckus"

    - Oh Gyeong Hwa: Oh Gyeong Hwa


Ahn Eun Young (Jung Yu Mi) bekerja sebagai perawat di sebuah SMA. Ia memiliki kemampuan khusus yaitu bisa melihat energi yang ia sebut sebagai "jelly". Jelly adalah monster yang terbentuk dari sisa keinginan manusia. Selain bisa melihat, Eun Young juga bisa membasmi jelly yang kadang bisa membahayakan manusia. Ia menggunakan pedang mainan dan pistol BB untuk melawan jelly. Suatu hari, terjadi kejadian misterius di sekolah tempatnya bekerja.


Hong In Pyo (Nam Joo Hyuk) bekerja sebagai guru Bahasa Mandarin di sekolah yang sama. Ia memiliki energi khusus yang mampu memulihkan kekuatan Eun Young. Demi melindungi para murid, Eun Young dan In Pyo bekerja sama untuk membasmi jelly yang memenuhi sekolah dan membahayakan murid.




Saya menonton serial pendek ini karena rekomendasi dari Youn Noona. Youn Noona bilang drama ino genre-nya horor, tapi horornya beda dan kemungkinan saya akan suka.




Mengisahkan kehidupan Ahn Eun Young (Jung Yu Mi) yang memiliki bakat khusus sejak lahir. Ia bisa melihat sesuatu perwujudan energi dari manusia yang kemudian ia sebut sebagai "jelly". Awalnya Eun Young tersiksa dengan kemampuan itu. Namun, selama ia bernapas, ia harus hidup dengan kemampuan itu. Eun Young akhirnya menjadi seorang perawat dan bekerja di sebuah SMA.



Suatu hari di sekolah tempat Eun Young bekerja ada kejadian aneh yang melibatkan beberapa murid yang "menjadi gila". Eun Young berusaha menyelamatkan murid-murid yang berusaha bunuh diri dibantu murid-murid yang tak terpengaruh. Peristiwa itu terjadi setelah Hong In Pyo (Nam Joo Hyuk) membuka Batu Apji yang berada di basemen sekolah. Karena mengetahui In Pyo punya energi khusus yang juga bisa memulihkan kekuatan Eun Young, keduanya pun bekerja sama untuk melindungi sekolah.




Sebenarnya saya tidak punya genre favorit karena hampir semua genre film saya tonton. Selain dari segi pemeran, biasanya sinopsis yang membuat saya tertarik untuk menonton sebuah film atau drama. Tapi kalau nonton genre horor atau yang sejenis ini memang punya daya tarik tersendiri. Saya jadi menyamakan dengan apa yang saya pelajari di sini. Misal tentang sihir atau kepercayaan apa gitu, saya selalu mencari-cari kalau di Indonesia apa ya. Atau kalau di Indonesia seperti apa ya. Karena seringnya hampir sama bahkan sama, cuman beda istilah aja.


Nah, waktu nonton drama ini pun sama. Saya mikir, "jelly" ini kalau dalam kepercayaan kami apa ya? Apalagi di episode satu wujudnya sama seperti manusia. Sampai sama Youn Noona dikasih link yang menjelaskan tentang drama ini. Masih agak nggak mudeng sih di awal nonton. Hehehe.




Bener yang dikatakan Youn Noona, drama ini horor tapi horornya nggak biasa. Kita nggak disuguhi penampakan hantu yang seram, tapi suasana yang ditampilkan itu udah terkesan seram. Gimana ya? Jadi susah jelasinnya. Hanya dengan nonton bisa rasain aura seramnya walau yang ditampilkan adegan di sekolah pada waktu siang hari.


Paling serem itu ketika Batu Apji kebuka trus banyak murid yang kalau di sini saya menyebutnya kesurupan. Murid yang kesurupan tertawa lepas kayak nggak ada beban. Lalu berduyun-duyun lari ke atap dan berusaha bunuh diri dengan menjatuhkan tubuhnya dari atap. Untung aja atapnya ada pembatasnya. Momen yang bikin saya agak merasa jijik adalah ketika monster yang dulunya memakan daging korban bunuh diri di kolam muncul. Suer wujud monsternya bikin enek.


Jadi SMA Monglyeon itu didirikan di atas tanah yang dulunya ada kolam tempat orang bunuh diri. Jadi aura negatifnya masih ada di sana. Walau megah sekolahnya terkesan angker.


Bebek penghuni sekolah


Ngomong-ngomong soal adegan yang rada bikin jijik dan enek, kita nggak hanya sekali disuguhi adegan seperti itu. Tampilan "jelly" sendiri nggak melulu apik, lucu, unyu, atau seperti ubur-ubur. Banyak "jelly" dengan tampilan mengerikan. Lalu, ketika "tungau" tak kasat mata menginvasi sekolah juga bikin ngeri. Terlebih adegan ketika Baek Hye Min (Song Hee Jun) harus memakan tungau-tungau itu.


"Jelly" di sini masih membuat saya nggak mudeng. Tapi akhirnya saya menyimpulkan bahwa "jelly" adalah energi dari manusia atau perwujudan dari emosi entah itu bahagia, sedih, atau kecewa.


Menariknya adalah adanya organisasi Safe Happiness yang isinya adalah orang-orang yang bisa melihat "jelly" seperti Eun Young. Tapi mereka semacam menggunakan "jelly" untuk bisnis. Masih misteri sih ini. Drama ini juga ada rasa-rasa dunia sihir juga dunia indigo. Karena di drama ini ada tipikal "pejuang" seperti Eun Young dan penyembuh seperti teman yang dianggap eonni oleh Eun Young, termasuk dokter yang membantu Hye Min menjadi manusia. Nah Hye Min ini juga bagian dari manusia-manusia unik itu. Tugasnya memakan tungau pembawa sial. Hidupnya cuman sampai 20 tahun.


Walau ada rasa humor, tapi tetep berasa dark. Terlebih backsound-nya itu lho! Mendukung kengerian sepanjang nonton. Untuk pemeran murid menurut saya wajah baru semua. Fresh banget. Yang jadi Kang Min U (Lee Suk Hyeong) mirip Hojoon. Kekeke.


Menurut saya alur dari drama ini terlalu cepat. Terlebih pada episode 6. Ending-nya rada bikin ndak sreg. Ngarepnya ada pertarungan sengit antara Eun Young dan "jelly" setelah Batu Apji dibuka. Nyatanya nggak ada. Penoton kecewa deh. Hehehe. Masih banyak misteri yang belum terpecahkan. Kita tunggu saja musim berikutnya.


Melihat karakter Eun Young jadi keinget ama Tunjung yang abnormal. Eun Young yang bisa lihat hantu dan "jelly" sama kayak Tunjung. Serem pas Eun Young masih SMA dan melihat banyak "jelly" berwarna hitam di kelasnya. Ternyata di daerah situ pernah ada kebakaran dan seluruh wanita dalam gedung meninggal. Eun Young menjelaskan bentuk "jelly" dari korban kebakaran itu. Badannya pada nggak utuh dan gosong. Mereka sering meminta tolong pada Eun Young. Persis deh kayak Tunjung. Beruntunglah kita orang yang normal. Heuheuheu.


Saya penasaran kenapa Eun Young menggunakan pedang dan pistol mainan untuk melawan "jelly". Alih-alih pedang kayu, kenapa pedang mainan. Mungkin nanti akan aja jawabannya. Oya, setelah nonton jadi pengen beli novelnya. Udah terbit di Indonesia lho!





Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.


Poster by: Hancinema.



Tempurung kura-kura, 05 Oktober 2020.

- Kurayui -


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews