Review The Sixth Sense 2020

03:28

 The Sixth Sense 2020



Gunakan indra keenammu untuk mencari yang palsu di antara yang asli.



• Judul:
  - Global: The Sixth Sense
  - Hangul: 식스센스
  - Romanisasi: sigseusenseu
  - Judul lain: Six Sense, Sixth Sense
• Genre: TV show, reality show, game, misteri
• Episode: 8
• Tayang pada: 03 September 2020 - 29 Oktober 2020 setiap hari Kamis
• Durasi: 90+ menit
• Network: tvN
• Bahasa: Korea
• Negara: Korea Selatan

• Anggota:
  - Yoo Jae Suk
  - Oh Na Ra
  - Jeon So Min
  - Jessi
  - Lee Mi Joo
  
• Bintang tamu:
  - Episode #1 Lee Sang Yeob
  - Episode #2 Hwang Kwang Hee
  - Episode #3 Kim Min Seok
  - Episode #4 Lee Sang Woo
  - Episode #5 Jang Dong Yoon
  - Episose #6 Jung Yong Hwa
  - Episode #7 Kim Young Kwang
  - Episode #8 Cha Tae Hyun


The Sixth Sense memiliki lima anggota tetap dan setiap episode hadir seorang tamu. Bersama tamu para anggota The Sixth Sense diminta mencari sesuatu yang palsu di antara yang asli. Selain petunjuk yang diberikan tim, para anggota harus menggunakan indra keenam mereka untuk mencari yang palsu di antara yang asli.




Setelah Master Key, The Sixth Sense adalah reality show yang saya tonton sampai habis. Informasi yang ditulis berisi sepuluh episode, ternyata hanya sampai delapan episode saja. Pada penayangan episode terakhir sih ada disinggung soal musim kedua. Semoga aja emang ntar bakalan ada musim kedua karena reality show ini seru. Sembari nonton ikutan menganalisis, lalu nebak mana yang palsu. Jadi ikutan mikir. Kekeke.

Saya tahu reality show ini ketika gabut dan kemudian berselancar di pencarian Instagram. Ada potongan video dari reality show yang kemudian saya cek di caption ternyata judulnya The Sixth Sense. Saya jarang sekali tertarik pada reality show karena biasanya episodenya panjang sekali. Tapi entah ketika menonton potongan video The Sixth Sense, saya jadi penasaran. Ada Yoo Jaesuk sebagai pewara dan disandingan dengan empat wanita dari generasi yang berbeda. Saya penasaran ini reality show macam mana sih. Akhirnya nonton dan ternyata seru! Episode pertama langsung bikin jatuh hati dan jadi pengen lanjut nonton episode berikutnya.

Melihat para anggota seperti lima bersaudara dengan Yoo Jaesuk sebagai kakak sulung dan empat gadis sebagai adik-adiknya dengan urutan Oh Na Ra, Jeon So Min, Jessi, dan Lee Mi Joo (Lovelyz). Kalau Yoo Jae Suk sama Jeon So Min udah pernah nonton aksi mereka di Running Man. Tapi Oh Na Ra, Jessi, dan Mi Joo baru pertama kali ini saya menonton mereka dalam reality show.

Setiap reality show Korea pasti punya keunikan, begitu juga dengan The Sixth Sense. Tidak hanya mengandalkan bukti yang disajikan tim dan ketelitian para member, member pun harus menggunakan indra keenam mereka untuk memilih sesuatu yang palsu di antara yang asli.

Totalitas tim produksi daebak banget! Tempat palsu dibangun dengan sempurna hingga kalau nggak jeli sangat, ya udah tertipu. Setiap episode temanya pun ganti. Dimulai dengan restoran kekinian, CEO muda dan bisnisnya, olah raga kekinian, koleksi kekinian. Semua benar-benar terlihat asli.

Dari delapan episode, saya berhasil menebak enam yang benar. Kekeke. Dua episode gagal menebak. Andai saya jadi anggota udah dapat emas terbanyak yak. Wkwkwk.


Masing-masing karakter anggota juga unik. Si sulung Yoo Jaesuk yang selalu merasa sebagai sopir bus sekolah khusus anak perempuan. Walau gampang tertipu, tapi tidak bisa diremehkan. Beberapa kali tebakannya benar.




Oh Na Ra yang sensitif. Kadang kecurigaannya kelewatan, tapi tebakannya sering meleset. Kalau nggak salah, Oh Na Ra Eonni hanya sekali berhasil menebak. Eonni juga dua kali kena hukuman tampil tanpa alis, kalau nggak salah ingat. Tapi, walau tampil tanpa alis, tetep cantik lho!






Jeon So Min yang jeli tapi kadang licik. Saya pikir akan melihat sisi berbeda dari So Min, tapi penampilannya sama seperti di Running Man. Kadang licik dan menipu member yang lain. Tapi tetep suka. Cara So Min meneliti unik dan jeli, tapi beberapa kali tebakannya salah. Paling seru waktu episode hobi unik. Hanya So Min yang menebak benar. Tapi, karena hanya dia yang memilih, walau dia benar, dia nggak bisa dapetin emas.




Jessi. Pertama kali saya nonton penampilan Jessi di luar penampilannya di atas panggung. Ternyata karakternya gokil habis! Nggak ada jaim-jaimnya. Lucunya dia susah mengingat nama orang. Di episode pertama dia salah menyebut nama Lee Sang Yeob. Dan nggak hanya itu, beberapa kali dia salah nyebut nama tamu. Kalau ngomong sama tamu pun santai banget. Orang Amerika-Korea emang beda. Saya suka banget sama penampilan Jessi. Kalau nggak salah, dia ngumpulin emas terbanyak. Kalau ngomong ceplas-ceplos tapi kadang spelling-nya salah. Gemes jadinya. Paling suka waktu dia bilang, tubuh kayak punya dia bisa dibeli tapi nggak dengan kemampuan. Daebak! Ia lebih memilih bakat, karena bakat yang membawa sukses bisa mengahasilkan banyak uang dan uang bisa membeli apa aja yang dipengenin.




Si maknae Mi Joo. Pernah beberapa kali melihat foto member Lovelyz ini seliweran di sosial media. Pose-pose uniknya menyita perhatian. Waktu nonton dia yang jadi member termuda dalam The Sixth Sense, ternyata orangnya memang gokil.




Setiap tamu yang hadir pun unik. Semuanya laki-laki dimulai dari Lee Sang Yeob yang menang bersama So Min di episode pertama. Paling hening ketika bintang tamunya Lee Sang Woo. Tamu yang mendapat sambutan paling meriah Jang Dong Yoon. Tamu yang bikin acara jadi makin rame Cha Tae Hyun di episode terakhir. Analisis Cha Tae Hyun yang bikin saya akhirnya mantap memilih restoran kekinian ketiga sebagai restoran palsu dan itu benar.

Member cewek emang pada gokil sih. Awal ngumpul emang rada canggung. Tapi sikap Jessi yang welcome ke siapa aja bikin kecanggungan perlahan ilang. Gokilnya, kadang obrolan mereka sampai ke masalah 'cewek' banget hingga membuat Jaesuk dan tamu merasa salah tingkah sendiri. Jessi manja banget ke Jaesuk, perhatian juga.

Suka banget sama reality show ini. Membernya gokil, tim produksi juga gokil. Terlebih di episode terakhir. Udah berapa duit yang dikeluarin buat ngebangun resto burger kekinian. Tapi kesemuanya habisin banyak duit sih dari episode awal. Apalagi episode CEO. Kantor palsunya apik banget. Lalu tempat olah raga kekiniannya juga unik banget. Berharap beneran ada musim kedua dengan member yang sama.

Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.


Photo by: My Drama List


Tempurung kura-kura, 5 November 2020.
- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews