Review Drama Korea Zombie Detective 2020

17:17

 Zombie Detective



Seseorang telah meninggal dan bangkit kembali sebagai zombie. Ia berusaha mencari tahu siapa dirinya sebenarnya.


• Judul

  - Global: Zombie Detective

  - Romanisasi: Zombietamjung

  - Hangul: 좀비탐정

• Network: KBS2

• Jumlah Episode: 12

• Tanggal rilis: 21 September - 27 Oktober 2020

• Durasi: 60-65 menit per episode

• Pemeran:

  - Choi Jin Hyuk: Kim Moo Young (Kang Minho)

  - Park Joo Hyun: Kong Sun Ji

  - Tae Hang Ho: Lee Sung Rok

  - Lee Joong Ok: Wang Wey

  - An Se Ha: Lee Tae Kyun

  - Hwang Bo Ra: Gong Sun Young

  - Sung Min Jun: Lee Joon Woo

  - Lim Se Joo: Kim Bo Ra

  - Kwon Hwa Woon: Cha Do Hyun

  - Jung Chae-Yul: Bae Yoon Mi

  - Bae Yoo Ram: PD

  - Yun Ki Chang: Kim Moo Young

  - Ha Do Kwon: No Poong Sik


Kim Moo Young (Choi Jin Hyuk) berubah menjadi zombie. Selama 2 tahun ia bertahan hidup di hutan dan berusaha kembali menjadi manusia normal. Setelah berhasil menirukan kebiasaan manusia, ia kembali ke kota. Kim Moo Young membuka jasa detektif sebelum ia berubah menjadi zombie. Di kota ia hidup berdampingan dengan manusia dan berusaha membaur. Perlahan ia pun mulai mendapatkan ingatan masa lalunya.


Kong Sun Ji (Park Joo Hyun) bekerja sebagai penulis dalam sebuah program televisi yang khusus mengungkap misteri. Saksi dari kasus yang sedang ia tangani tiba-tiba diserang hingga membuatnya merasa bersalah dan berhenti dari tempatnya bekerja. Karena suatu kecelakaan, Sun Ji terlibat dengan pekerjaan Kim Moo Young. Ia menjadi pekerja magang di kantor Kim Moo Young.




Alasan saya nonton drama ini bukan hanya karena pemeran utamanya adalah Choi Jin Hyuk dan temanya zombie. Tapi karena Mas Jeje juga merekomendasikan drama ini. Saya baru tahu kalau Mas Jeje dan Mas Jinhyuk berteman. Istri macam apa kau ini, Kura? Kekeke.



Pria misterius (Choi Jin Hyuk) terbangun usai terkubur di antara tumpukan sampah. Ia mendapati dirinya hidup kembali dan telah berubah menjadi zombie. Berada di hutan belantara, ia berusaha bertahan hidup. Melawan tubuh zombie yang kaku dan naluri memakan manusia, ia berusaha keras untuk kembali normal seperti sedia kala. Dua tahub berusaha, ia pun akhirnya bisa bertingkah seperti manusia normal. Suatu malam tanpa sengaja ia melihat pembunuhan. Ia berusaha menyelamatkan pria yang dibunuh namun gagal pria itu memberikan kunci padanya dan ia pun memberanikan diri untuk kembali ke kota.



Sesampainya di kota, baru ia tahu jika pria yang meninggal adalah seorang detektif swasta. Ia pun akhirnya menggunakan identitas detektif yang bernama Kim Moo Young untuk hidup membaur bersama manusia di kota.


Kong Sun Ji (Park Joo Hyun) adalah seorang penulis dari sebuah program misteri di televisi. Ia bertugas mengungkap misteri di balik peristiwa-peristiwa panas yang sedang terjadi. Saat menangani kasus Sinterklas, tanpa sengaja ia membuat saksi terluka hingga membuatnya merasa bersalah dan berhenti dari pekerjaan. Suatu hari Sun Ji bertemu dengan Kim Moo Young yang sedang dikejar anak-anak. Menggunakan kemampuannya sebagai mantan atlit tolak peluru, Sun Ji melempar helm hingga mengenai kepala bagian belakang Moo Young dan membuat pria itu jatuh tak sadarkan diri. Setelah momen itu, Sun Ji terus terlibat peristiwa dengan Moo Young hingga akhirnya ia bekerja sebagai anak magang di kantor Moo Young.



Drama ini bagus! Sangat menghibur. Walau banyak yang memilih berhenti nonton dengan berbagai alasan, saya tetap bertahan. Pada akhirnya memang nggak salah udah milih nonton drama ini sampai selesai. Oya, ini drama kedua yang saya tonton di tahun 2020 tanpa adanya adegan kisseu atau ciuman antara pemeran utama pria dan wanita setelah Alice. Saya suka! Sebuah cerita romantis nggak melulu harus menampilkan adegan ciuman dan eksekusinya masih bagus. Walau sebenarnya nggak bikin risih sih kalau kedua pemeran utama dalam drama ini ciuman. Wajar aja zombie ciuman ama manusia. Toh ini zombienya jinak. Kekeke.

Terima kasih Mas Jeje aka Kim Jaejoong yang udah merekomendasikan drama ini. Dramanya menghibur sekali. Bikin saya kekel-kekel tiap kali nonton karena selalu ada aja adegan ndagel yang nyelip di setiap episode.

Sajiannya lengkap! Komedinya dapet, bikin penasarannya pun dapet. Romansanya ya lumayan dapet lah. Setiap kasus yang dipecahkan bikin geretan dan penasaran walau tetep ada selipan humor yang bikin ketawa.

Layaknya dunia bisnis, ya ini emang bisnis sih, hehehe. Dunia per-detektif-an swasta juga ada saingan. Uniknya dalam drama ini dua detektif terkenal Gangrim punya kantor di satu kawasan yang sama. Berseberangan pula. Saingan Kim Moo Young adalah Lee Sung Rok (Tae Hang Ho) pemilik agensi Raja Dunia.



Detektif tambun ini lawak banget. Dengan cara curang dia akhirnya mendapatkan Wang Wey (Lee Joong Ok) seorang warga Cina yang bekerja sebagai pengantar makanan di Korea. Akhirnya Wang Wei jadi asisten Lee Sung Rok. Di sini jadi keinget Murder at Shijinso. Keinget Akechi sama Hamura, Sherlock Holmes dan Dr. Watson. Tapi Lee Sung Rok ama Wang Wey ini versi ndagel-nya. Kekeke. Wang Wey ini ceritanya masih umur 29 tahun tapi mukanya dah kayak bapak-bapak. Selain kocak, dia selalu sial.



Walau menghibur dan memberikan ending yang memuaskan, bukan berarti drama ini tanpa kekurangan. Ada beberapa hal yang membuat saya bertanya-tanya seperti bagaimana ibu kandung Kang Min Ho bisa jadi ibu dari psikopat pembunuh dalam kasus Santa? Tidak dijelaskan detailnya apakah si pelaku sebelumnya mengenal Minho (identitas asli Moo Young).

Bagaimana zombie terbangun di antara tumpukan sampah pun tidak ada penjelasan. Karena sebelumnya dia dikubur di area tanah lapang di tepi hutan yang kemudian dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah medis. Nah, limbah medis ini yang bikin Kang Minho (Choi Jin Hyuk) bangkit lagi dan jadi zombie.

Jalan cerita bisa ditebak walau lumayan membuat penasaran. Dengan jumlah episode yang hanya 12 saja, semua konflik kelar. Terselesaikan.

Zombie di sini unik. Dia masih bisa mikir bahkan bisa beli BB cream buat dandan. Yang paling menarik adalah zombie-nya tampan. Kalau ada zombie macem gini yang ada pada jatuh hati bukan takut lagi. Wkwkwk. Zombie-nya demen makan babat yang ternyata itu adalah makanan favorit si zombie saat jadi manusia. Oya, akting Choi Jin Hyuk total banget. Ada adegan dia makan babat dan ayam mentah lho! Korban zombie pun nggak berubah jadi zombie. Dan, zombie di sini takut sama penggorengan. Hehehe. Tiap kali kepala bagian belakangnya dipukul, dia pasti pingsan. Sialnya Sun Ji selalu mukul pakek penggorengan hingga bikin zombie tampan trauma ama wajan.



Dari kasus-kasus yang diselesaikan, drama ini menggambarkan tentang betapa manusia itu bisa lebih mengerikan dari zombie. Ada golongan manusia yang nggak segan menyakiti bahkan membunuh sesama manusia demi mendapatkan apa yang ia inginkan. Psikopat di episode akhir-akhir bikin gemes. Ada ya manusia egois macem gitu.

Over all this drama is really good! Berasa nonton video game waktu zombie duel ama babi hutan. Konyol banget. Duel zombie ama vampir Cina juga nggak kalah konyol. Saya rekomendasikan untuk ditonton dah. Karena menghibur sekali. Saya suka pada akhirnya Kim Moo Young kerja sama dengan Lee Sung Rok dan Wang Wey. Oya, drama ini juga banyak cameo-nya lho! Salah satunya Kim Yohan.

Sekian ulasan saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih yang udah baca. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.


Photo by: Hancinema



Tempurung kura-kura, 28 Oktober 2020.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews