Ikutan Gembul Karyawisata Ke Selecta

04:41

 Karyawisata ke Taman Rekreasi Selecta



Perjalanan tak terduga di bulan Juni. Awalnya nggak kepikiran buat nemenin Gembul karyawisata. Bahkan untuk urusan konten Gembul on Action! udah minta tolong bundanya buat rekam beberapa video aktivitas Gembul saat karyawisata. Beberapa hari mendekati hari H juga sempat dapat tawaran buat ikutan dan naik motor, tapi masih enggan buat ikutan. Hingga akhirnya H-1 ada dua tiket yang sudah kami pesan tiba-tiba di cancel karena yang pesan ada halangan dan nggak bisa ikut. Jadilah saya ikut karena sayang tiketnya yang udah terbeli.

Rencana Tuhan emang nggak terduga dan karena tak terduga ini pun jadi nggak ada persiapan sama sekali, terutama untuk persiapan fisik. Biasanya kalau mau pergi ke suatu tempat, saya sempatkan mencari informasi tentang tersebut agar tahu yang harus dipersiapkan apa saja. Karena sebelumnya udah pernah ke Selecta, zaman Rara masih TK, tahun berapa ya... lupa! Barengan ama SHINee konser di Indonesia waktu itu. Bahkan karena saya pergi pakek kaos Shawol, banyak temen yang ngira saya berangkat ke Jakarta buat nonton konser sewaktu fotonya saya unggah. Hehehe. Karena sebelumnya udah pernah berkunjung jadi udah punya gambaran kudu siapin fisik bener-bener, tapi karena sebelumnya nggak ada niatan ikut, jadi persiapan fisiknya amat kurang sekali pakek banget. Biasanya dua atau satu minggu sebelum perjalanan menambah jam dan rute jalan kaki, tapi ini nggak sama sekali.


Saya kurang suka sama otak saya yang gampang parno dan overthinking. Karena kurang persiapan fisik, otak saya malah memikirkan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi saat saya di lokasi. Apa banget dah! Walau emang jadi pertimbangan, tapi nggak harus dominan itu kan? Overthinking benar-benar menyiksa.

Persiapan seperti membatasi asupan air di pagi hari demi menjaga agar tidak beser sudah. Tapi ketika naik bus, kekhawatiran lain muncul. Bagaimana kalau nanti mabok? Perang lagi dalam diri, satu sisi meyakinkan all will be fine tapi satu sisi melawan dan berujung minum obat anti mabok. Entah tubuh udah kebal atau gimana, sehabis minum obat, sepanjang perjalanan malah melek, ndak ngantuk sama sekali. Mungkin karena saya duduknya ama Gembul juga, jadi harus siap jaga. Itu udah bikin otak overthinking lagi, gimana kalau nanti bla bla bla. Berusaha mengabaikannya dan menikmati perjalanan. Asli pak sopirnya enak banget bawa busnya. Andai ndak minum Antimo, bakalan baik-baik saja. Tapi, obat udah terlanjur ditelan. Hiks!


Entah efek overthinking atau emang reaksi fisik. Nyampek lokasi, jalan ke pintu masuk dah lumayan bikin fisik ama pikiran agak kacau. Setelah masuk, ngalamin kayak apa yang saya alami pas ke Candi Borobudur di tahun 2018. Fisik mulai nggak enak, nggak fokus, napas mulai agak sesak. Panik. Karena emang rame banget di lokasi dan matahari udah agak terik. Walau udah lepas jaket, belum bisa bikin tenang. Celingukan nyari gazebo kosong. Saya harus duduk dan menenangkan diri. Sebelum pergi, saya bilang ke kakak, karena nemuin satu gazebo yang letaknya nun jauh di atas perbukitan sisi kanan. Nggak papa. Yang penting saya harus duduk dan menenangkan diri. Habis pamit, langsung ngibrit, naik ke bukit, fokus menuju gazebo. Alhamdulillah bisa mencapai gazebo lebih dulu dari pengunjung yang sepertinya mengincar tempat yang sama. Padahal baru pukul setengah sepuluh pagi, tapi gazebo rata-rata udah pada full.


Langsung duduk atur napas dan berusaha menenangkan diri. Badan rasanya udah nggak karuan, andai ada kasur dah rebahan aja. Wkwkwk. Gangguan kecemasan memang sangat menyebalkan. Setelah napas mulai stabil, barulah minum air putih banyak-banyak. Ini posisi udah sarapan lho! Tapi entah, masih bisa kena serangan panik kayak gitu. Kurang lebih setengah jam, baru kembali normal dan mulai bisa jalan lagi. Perjalanan yang dimulai dengan munculnya gangguan kecemasan. Heuheuheu.

Setelah lepas dari fase singkat namun cukup menyiksa itu, mulai membuat diri nyaman dengan pakai topi dan lepas jaket. Mungkin karena efek jarang keluar, jadi kalau di luar ruangan atau pas terik gitu mata saya nggak nyaman. Padahal kacamata yang ini udah pakek yang anti silau, tapi masih bikin mata ndak nyaman. Mulai jalan, ngikutin Gembul. Nyari jalan yang teduh dan sebisa mungkin menghindari kerumunan. Alhamdulillah bisa jalanin tugas jadi kameramen dengan baik. Hehehe.

Setelah cek Facebook, ternyata saya ke Selecta sama Rara pada bulan Juni tahun 2014. Delapan tahun yang lalu. Balik lagi delapan tahun kemudian di bulan yang sama yaitu Juni tahun 2022. Delapan tahun berlalu jelas amat sangat banyak sekali perubahan yang terjadi. Yang paling menonjol adalah banyaknya wahana permainan baru seperti sepeda udara, bianglala, dan roller coaster dll. Dulu belum ada. Seingat saya yang ada hanya kolam. Lainnya masih area kebun bunga. Uniknya di tahun 2014 saya dan Rara berhasil keliling ke seluruh sudut taman. Itu belum ada GERD dan Anxiety, jadi aman. Saya divonis GERD bulan November 2014. Pas balik ke Selecta ama Gembul, nggak seluruh sudut didatangi. Hehehe. Baru masuk aja udah disapa anxiety. Heuheuheu.




Kalau kolam renangnya kayaknya nggak nambah. Untungnya Gembul mau dibujuk buat nggak renang karena airnya dingin banget. Dulu pas Rara saya sempet masuk kolam nemenin Rara yang minta renang. Tapi nggak sampek basah kuyup karena baru nyemplung, Rara dah minta mentas lagi. Takut katanya. Gembul sebenernya semangat banget pengen renang. Untungnya bisa dikasih paham dan akhirnya lupa karena keasikan nyobain beberapa wahana mulai dari bianglala sampai roller coaster. Sebenernya saya pengen cobain bianglala, tapi karena ada suatu hal, jadi batal naik bianglala. Hiks!

Wahana semakin banyak, fasilitas juga semakin banyak. Kalau dulu toilet ada di beberapa titik saja, tapi sekarang banyak. Hampir di dekat setiap wahana ada toilet. Sukanya tuh toiletnya bersih dan wangi. Air juga mengalir lancar.

Musala juga tersedia. Trus kantinnya juga ada dibagi untuk jual jajanan atau makanan berat seperti bakso. Selain itu ada beberapa restoran yang menjual makanan berat. Tinggal pilih mau yang mana. Kalau kami makan siang di Restoran Asri. Harga makanan dan minumannya standar kok, trus enak. Jadi worth it nurut saya. Masakannya kayak chinese food gitu, jadi enak. Gurihnya gurih alami. Puas deh pokoknya makan siang di Restoran Asri. Saya milih bihun kuah, joinan sama Gembul. Hehehe. Minumnya jus jambu.





Oya, sebelum makan siang kami sempet jajan gorengan ama cilok di kantin. Harganya standar juga dan rasanya enak. Jadi puas gitu jajannya. Kalau dibanding di luar apalagi di sini jelas harganya lebih mahal ya. Tapi jajanan dan makanan yang kami beli alhamdulillah enak. Jadi puas gitu.




Di luar lokasi juga ada stan jajanan ala Korea. Saya nggak berani nyoba karena dalam perjalanan, takut mau makan yang bersaos dan pedas. Hehehe. Gembul minta Dragon Smoke Ice dan saya ikutan icip. Ternyata begitu rasanya. Unik dan enak juga.



Momen nyenengin adalah ketemu bunga fuchsia dan kakak akhirnya memutuskan untuk mengadopsinya. Kakak juga beli beberapa bunga mawar dan kantong semar. Rasanya pengen borong semua bunganya. Hehehe.






Dari Selecta, lanjut wisata belanja di Batu Paradise Factory Outlet. Karena saya nggak suka belanja, bentaran doang di dalam mall-nya. Surga buat belanja emang.



Dari Batu Paradise Factory Outlet, lanjut ke Alun-alun Kota Batu. Karena udah sore dan sempet hujan, di alun-alun bentaran doang. Buat nyari tempat parkir juga bus harus muter dua kali. Maklum sore dan lagi musim liburan, jadi full parkiran. Di sini Gembul udah mulai bad mood, jadi ga mau disuruh pose. Hehehe. Baru agak mencari setelah dibeliin corndog. Kekeke. Andai nggak hujan, lama-lama di alun-alun seru kayaknya.




Perjalanan tanpa rencana yang menyenangkan walau sempat dicolek anxiety. Oya, waktu berangkat lewat jalan tol. Sama cantiknya kayak pas perjalanan ke Pasuruan.


Video Gembul on Action! edisi Selecta bisa ditonton di sini dan di sini. Terima kasih. Mohon maaf jika ada salah kata.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews