Lindungi Blog Agar Terhindar Dari Plagiat Dan Copy Paste

03:51

 Cara Agar Blog Aman Dari Plagiat dan Copy Paste


(Sumber foto: Pixabay)

Beberapa waktu lalu lagi bersih-bersih tab di Chrome, lalu ketemu sama satu tab yang isinya sebuah artikel, sebuah tutorial tentang cara melindungi tulisan di Blog dari bahaya plagiat dan copy paste. Langsung teringat, Oh iya! Ini kan link yang dikasih Nira dulu. Alhamdulillah masih tersimpan dengan aman di salah satu tab Chrome.

Saya lupa pastinya tahun berapa, mungkin tahun 2020 waktu saya konsultasi soal Blog ke Nira. Lalu, Nira membagikan link tentang cara lindungi Blog dari bahaya copy paste. Tapi, waktu itu karena Blog saya masih dalam masa peninjauan buat monetisasi, jadi saya belum berani otak-atik, hanya berani posting tulisan aja. Trus, lupa deh. Sampai kemarin hari Sabtu, bersih-bersih tab dan ketemu lagi sama artikel tersebut. Seneng banget dan auto praktekin.

(Sumber foto: Pixabay)

Tutorial lengkapnya shi-gUi bisa langsung di web steffifauziah. Itu langsung ke artikelnya, jadi shi-gUi bisa langsung ngikutin panduannya di sana. Mudah kok langkah-langkahnya. Trus, di sini mau bahas apa? Ya bahas pengalaman waktu ikutin tutorialnya. Hehehe.

Hal paling nyesek bagi orang yang demen nulis adalah ketika tulisannya diplagiat atau di-copy paste tanpa izin. Saya pernah ngalamin hal ini, waktu itu di Facebook sih bukan di Blog dan nyeseknya aje gile. Bikin emosi. Mana cerita dibuat plek, hanya nama diubah dan ada beberapa karakter yang diubah. Kejadian kalau nggak salah ingat di tahun 2012. Tahun segitu juga udah aktif nulis di Blog lama yang kebanyakan fan fiction. Tapi saya nggak pernah kepikiran tulisan saya dicopas. Mikirnya, sapa mau copas tulisan saya yang random  dan nggak jelas. Padahal di Facebook udah ngalamin yak! Nggak tahu juga gimana caranya melacak tulisan yang sudah diplagiat. Mungkin nanti kita cari, semoga ada caranya.

Nah, setelah bikin Blog baru di tahun 2020 yang emang niatnya mau dibikin rapi dan nulisnya serius, jadi kepikiran gimana ya menghindari plagiasi yang semakin marak walau tulisan di Blog ini bukan tulisan fiksi. Untungnya punya temen yang baik dan nggak pelit ilmu, makasih Nira *peluk dari jauh*.

Tutorial yang dibagikan emang mudah sekali buat diikuti, tapi saat mempraktikannya sempat ada sedikit kendala. File kodingan saya yang unduh entah kenapa jadi dalam Bahasa Indonesia, bukan Bahasa Inggris seperti yang tercantum dalam tutorial. Awalnya saya pikir, mungkin sama aja, nggak papa. Setelah dipasang di tema dan disimpan, gagal terus. Lupa tulisan yang nongol apa, intinya proses pemasangan gagal. Berulang-ulang gitu terus, bikin saya agak esmoni. Di kolom komentar pada bilang berhasil, kok saya enggak.

Diam sejenak, mikir, ini salahnya di mana ya? Lalu, baca ulang artikelnya. Kembali menyamakan file kodingan, lalu mbatin, apa ini masalahnya ya? Akhirnya file unduhan saya hapus, lalu saya unduh ulang, hasilnya masih sama; file yang saya dapat berbahasa Indonesia dan ketika dipasang gagal lagi. Oh, jadi beneran ini masalahnya; karena isi kodingan bukan Bahasa Inggris. Alhamdulillah diunduhan ketiga udah dapat yang Bahasa Inggris dan ketika dipasang langsung berhasil. Hore!!!

(Sumber foto: Pixabay)

Setelah pemasangan sukses, langsung coba copy paste tulisan di Blog sendiri, beneran nggak bisa. Yey! Berhasil! Sapa tahu pas nanti shi-gUi coba pasang ngalamin kayak saya, jangan panik dulu ya. Asli tutorialnya gampang, karena file kodingan juga bisa diunduh langsung. Kita harus teliti aja pas masang.

Keuntungan lain yang bisa diperoleh setelah kita memasang kodingan perlindungan dari copy paste adalah tulisan kita bisa lebih terjaga dari deteksi plagiasi dari Google. Masalah ini sering bikin saya kesel sendiri saat cek plagiasi tulisan sendiri. Karena kadang jadi terdeteksi plagiat padahal kalimat beda banget dan tulisan yang saya buat asli kalimat buatan saya sendiri. Lucunya lagi kadang terdeteksi plagiat tapi hasil yang muncul ya tulisan di Blog sendiri. Setelah pasang kodingan, lalu buat postingan baru dan cek plagiasi, alhamdulillah aman.

Sebenernya dari dulu saya nggak masalah semisal ada yang copas tulisan--alhamdulillah selama ini yang pengen pakek tulisan saya selalu menghubungi dahulu buat minta izin copas tulisan sekalian menjelaskan untuk kebutuhan apa dan berniat mencantumkan sumber tulisan--buat keperluan mereka. Malah alhamdulillah banget kalau tulisannya bisa berguna buat orang lain. Tapiii belakangan banyak manusia-manusia nakal yang copas tulisan orang buat keuntungan sendiri, buat dapetin cuan. Nah, modelan gini kan yang ngeselin. Kita yang mikir buat tulisannya, eh mereka tinggal copas trus dapat duit. Alhamdulillah belum pernah ngalamin dan semoga nggak pernah ngalamin ya, aamiin, dan nggak geer juga bahwa tulisan saya sebagus itu sampai orang mau copas. Tapi ya nggak ada salahnya melindungi tulisan sendiri karena bagi saya tulisan bagaikan anak sendiri yang dilahirkan dengan susah payah. Jadi nggak ada salahnya kan melindungi anak sendiri dengan baik. Karenanya saya sangat berterima kasih pada Kak Steffi Fauziah yang sudah berbaik hati membagikan tutorial melindungi Blog dari bahaya plagiat. Selamat mencoba, shi-gUi.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews