Awal Tahun Dimulai Dengan Batuk

03:50

 Sembuh Dari Batuk Dengan Cara Alami



23 hari di tahun 2023. Berasa cepet banget nggak sih? Oya, bagaimana awal tahun shi-gUi? Semoga all my lovely shi-gUi dilimpahi berkah kebahagiaan dan kesehatan di sepanjang tahun 2023. Aamiin.

Malam pergantian tahun, seperti biasa menghabiskan waktu di markas kedua. Nggak semua ngumpul, tapi alhamdulillah menyenangkan, makan-makan di malam pergantian tahun. Awal tahun 2023 beda karena dimulai dengan batuk. Agak unik sih! Biasanya saya masuk tipe 'ketularan' sakit di rumah, tapi kali ini malah saya yang sakit duluan. Padahal kalau kerja masih pakek masker, tetep rajin cuci tangan dan pakek hand sanitizer. Kok bisa ya batuk? Merasa nggak ada sebab aja gitu. Tapi kadang sakit emang gitu ya. Perasaan udah dijaga dengan baik, tapi kalau waktunya dapat jatah sakit ya sakit. Jadi diterima saja dan pelan-pelan diobati lalu memulihkan diri.

Gejala udah kerasa dari hari Kamis. Tenggorokan gatel nggak enak, tapi karena sibuk dan tiap pulang kecapekan kayak lupa mulu gitu mau bikin jahe madu anget. Akhirnya sampai beneran batuk, suara ilang. Tapi, alhamdulillah masih bisa full kerja tanpa izin. Pas udah parah, baru deh bingung nyari solusi. Heuheuheu.

Pasca kena GERD, kalau sakit bapil gitu langkah awal pakek cara alami dulu. Karena ada kalanya udah bisa sembuh tanpa harus konsumsi obat. Pun demikian saat batuk di awal tahun ini. Terapin dulu cara alami, siapa tahu bisa sembuh tanpa harus minum obat.


1. Perbanyak minum air putih

Cara alami yang pertama untuk membantu proses sembuh dari batuk secara alami adalah dengan mengonsumsi cukup air putih. Air putih memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu proses penyembuhan dari batuk.


2. Konsumsi teh herbal; jahe dan madu

Jahe dan madu merupakan bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit termasuk batuk. Konsumsi teh herbal hangat berbahan jahe dan madu dapat membantu menyembuhkan batuk secara alami.


3. Konsumsi probiotik

Rajin mengonsumsi probiotik tidak hanya memberi manfaat baik bagi pencernaan, tapi juga bisa membantu proses penyembuhan dari batuk.


4. Berkumur dengan air garam hangat

Berkumur air garam hangat dapat meredekan sakit tenggorokan karena batuk dan mengurangi lendir atau dahak.


5. Makan dengan benar

Hal yang tak kalah penting adalah makan dengan benar. Penuhi nutrisi tubuh dengan makan yang cukup gizi agar proses penyembuhan berjalan dengan baik.


6. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dan istirahat yang baik juga menjadi faktor penunjang kesembuhan.


7. Konsumsi vitamin C dosis tinggi jika perlu

Vitamin C dosis tinggi bisa dikonsumsi saat sakit untuk membantu proses penyembuhan.


Setelah menerapkan ketujuh cara di atas, ternyata kondisi saya belum juga membaik--karena agak telat juga menerapkannya--jadi saya berpikir, ah mungkin perlu obat. Jadilah saya memeriksakan diri, berkonsultasi dengan salah satu saudara yang berprofesi sebagai bidan. Lalu, disarankan untuk minum Paratusin tablet.

Hari pertama minum Paratusin, mata kayak kena sirep. Tidur terus. Habis minum tidur lelap. Bangun  buat mandi, makan dan minum obat lalu tidur lagi sampai pagi. Sampai-sampai ibu saya menggoda, "Kalau insomniamu pas kambuh, minum Paratusin aja, nggak usah minum obat penenang." Kekeke. Bisa aja si emak.

Setelah obat habis, suara masih agak serak. Tapi kondisi udah cukup membaik, tinggal pemulihan aja. Jadi tetep didukung dengan cara-cara di atas. Oh iya, sebelumnya saya sudah pernah menulis artikel Cara Alami Untuk Mengobati Batuk, tapi di tulisan ini saya membagikan pengalaman sakit batuk di awal tahun dan cara yang saya terapkan untuk sembuh yang tentu saja diutamakan dengan cara alami walau akhirnya tetap harus minum obat. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews