Mengenal Beberapa Istilah Dalam Dunia Parfum

05:33

 Arti Istilah Ori, Decant, dan Dupe Dalam Dunia Parfum



Ngobrolin tentang parfum kayaknya nggak akan ada habisnya bagi pecinta parfum. Dibilang pecinta parfum, antara iya dan tidak. Hehehe. Kok gitu sih, Kura? Ya, saya suka parfum, tapi banyak hal yang nggak saya ketahui tentang parfum. Jadi rasanya kayak kurang pas aja kalau disebut pecinta parfum. Soalnya, kalau pecinta itu biasanya akan tahu banyak hal bahkan detail dari apa yang dia cintai. Tapiii, nggak ada kata terlambat untuk belajar, mempelajari apa yang kita sukai kan? Karenanya di tulisan ini, saya pengen mengajak shi-gUi yang suka parfum untuk belajar bersama, mengenal istilah-istilah dalam dunia parfum yang kita sukai. Nanti kalau saya ada salah, mohon maaf ya, dan tolong dikoreksi saja di kolom komentar. Gomawo matur tengkyu, my lovely shi-gUi.

Sebelumnya pernah sharing alasan kenapa saya suka sama parfum. Emang dah, parfum jadi hal kedua yang rasanya tuh nyandu setelah buku. Eh? Dulu sebelum bisa beli buku sendiri, duluan parfum deh yang belinya bisa lebih dari satu. Jadi hal nyandu yang pertama parfum dong ya? Apa pun itu dan gimana urutannya, yang pasti parfum adalah salah satu hal yang bikin saya jatuh hati dan kecanduan. Hehehe.

Kalau dulu kan tahunya parfum, ya udah parfum doang dan itu pun yang biasa saya beli di pasar atau di swalayan. Pas SMA pun, walau saya jualan produk Avon, taunya parfum ya udah parfum aja. Nggak paham kalau banyak istilah yang membedakan parfum itu sendiri. Baru paham kalau parfum itu dibedakan... eum... apa ya nyebutnya, kok jadi bingung gini. Hehehe. Intinya parfum itu istilahnya beda-beda tergantung isian dan tahan lamanya. Bahasa simpelnya gitu deh ya. Hehehe. Mungkin nanti bisa kita bahas juga tentang ini, istilah dalam parfum yang merujuk pada bahan dan daya tahan setelah disemprot atau dioleskan ke tubuh. Parfum nggak melulu spray ya soalnya, ada yang roll on dan ada yang dituang--ini lupa dah namanya apa.


Di tulisan ini bahasannya tentang tiga istilah dalam parfum yaitu ori, decant, dan dupe. Apa itu, Kura?? Saya juga baru tahu kalau ada istilah decant dan dupe waktu nyari tentang parfum member NCT dan berujung jatuh hati ke dupe parfume Jungwoo NCT. Bahkan sampai ngeborong dupe parfume NCT karena enak-enak banget aromanya. Heuheuheu.


1. Parfum Ori atau original parfume


Dari istilahnya udah jelas ya, parfum ori atau original parfume adalah parfum asli, parfum yang diproduksi secara resmi oleh merek-merek terkenal. Original parfume bisa diproduksi dalam berbagai jenis seperti original product yaitu produk asli, di sini maksudnya dikemas dalam botol berukuran besar, biasanya mulai 30ml sampai 200ml. Lalu, biasanya ada kemasan mini atau miniature product yang memiliki ukuran kecil dan biasanya dibeli hanya sebagai koleksi saja. Kemudian ada juga vial atau lebih dikenal dengan istilah sample product yang diproduksi khusus sebagai contoh untuk customer agar bisa mencium bahkan mencoba parfum sebelum membeli.


2. Decant Parfume


Dalam dunia skincare kita biasa mendengar istilah share in jar yaitu produk skincare yang dibagi menjadi bagian lebih kecil agar harganya lebih terjangkau dan bisa menjadi pilihan apabila merek aslinya tidak mengeluarkan sample product. Nah, di dunia parfum ada istilah decant parfume. Apa bedanya dengan vial parfume? Kalau vial dikeluarkan oleh produsen secara resmi, sedang decant parfume ini dibuat oleh penjual parfum. Decant adalah kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti tuang. Decant parfume adalah parfum asli yang dituang ke dalam botol atau wadah yang lebih kecil. Dengan adanya decant parfume, customer bisa membeli parfum ori dengan harga yang lebih terjangkau.


3. Dupe parfume


Istilah dupe parfume diambil dari duplicate parfum. Biasanya dikenal juga dengan insipered parfume. Dupe parfume adalah parfum yang terinspirasi dari parfum ori atau parfum asli. Jadi, dupe parfume ini memiliki aroma yang hampir sama bahkan sama dengan aroma parfum orginal dan tentu saja harganya lebih ramah kantong alias lebih terjangkau.

Itu tadi tiga istilah dalam dunia parfum yang mungkin selama ini asing di telinga kita. Oya, ada satu hal yang harus kita perhatikan saat akan membeli decant dan dupe parfume yaitu pada kemasannya. Baiknya membeli decant atau dupe parfume yang dikemas dalam botol kaca, bukan botol plastik. Kenapa?

Kandungan dalam parfum rentan mengalami penguapan saat terkena suhu panas atau sinar matahari. Kemasan dari kaca memperlambat proses penguapan. Ini memberi nilai plus, apalagi kalau kita membeli secara online yang membutuhkan waktu lama untuk proses pengiriman hingga barang sampai. Ada pula yang berpendapat, aroma asli parfum akan lebih terjaga jika dikemas dalam botol kaca, karena parfum tidak terkontaminasi zat kimia pada plastik.

Setelah tahu tiga istilah dalam dunia parfum yang sudah dibahas di atas, bisa jadi pegangan buat kita kalau mau beli parfum. Kenapa decant parfume lebih mahal dari dupe parfume? Ya, karena decant parfume itu aslinya original parfume yang dipindah ke botol lebih kecil. Sedangkan dupe parfume adalah parfum yang diracik, dibuat menyerupai original parfume. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews