Review Film Cina Journey To The West: The Five Elements Mountains (2022)

05:23

 Journey To The West: The Five Elements Mountains (2022)



Misi Sun Wukong sang Raja Kera untuk membawa mutiara ajaib ke Gunung Pencari Hati


• Judul:

  - Global: Journey To The West: The Five Elements Mountains

  - Judul asli: 大梦西游之五行山

  - Judul lain: Marble Mountains, Da Meng Xi You Zhi Wu Hang Shan, 大夢西遊之五行山

• Tanggal rilis: 23 September 2022

• Durasi: 95 menit

• Negara: Cina

• Bahasa: Cina

• Pemeran:

  - Tan Xin Zer: Sun Wukong

  - Fu Meng Ni: Hua Yin

  - Wayne Lai: Zhu Ba Jie


Sun Wukong (Tan Xin Zer) menjalani hukuman karena mengacaukan istana langit. Di tengah hukumannya, ia mendapatkan kebebasan sementara dan diberi misi untuk membawa kotak berisi mutiara ajaib ke Gunung Pencari Hati. Namun sebelum itu, Sun Wukong harus menyelamatkan Dewa Taibai yang disandera Raja Siluman Shiyuan. Dalam misinya, Sun Wukong harus ditemani anak laki-laki bernama Tianwei. Sebelum mulai menjalankan misi, Sun Wukong dan Tianwei bertemu Hua Yin (Fu Meng Ni) yang tak sengaja masuk ke wilayah kekuasaan Sun Wukong karena dikejar siluman raksasa. Hua Yin memiliki tujuan yang sama dengan Sun Wukong dan Tianwei yaitu menuju desa siluman tempat Dewa Tianbai ditawan. Tanpa diduga ketiganya, Raja Siluman mengincar mutiara yang dibawa Wukong demi menguasi dunia. Dengan kekuatan yang sudah dimusnahkan karena menjalani hukuman, Wukong harus melawan Raja Siluman demi melindungi mutiara ajaib.


Nggak sengaja nemu film ini, eh kok kayaknya bagus. Kera sakti, trus versi 2022. Kayaknya seru. Terlebih ini film Cina, visualisasinya pasti nggak main-main. Akhirnya nonton deh.


Mengisahkan tentang Sun Wukong (Tan Xin Zer) sang raja kera yang terkenal sakti dan membuat keonaran di istana langit. Wukong sedang menjalani hukuman di Gunung Lima Elemen. Sifat liar Wukong masih membuatnya sering berontak dan berusaha keluar walau berujung menyakiti dirinya sendiri.


Dewa Bumi diceritakan sebagai sosok dewa yang cukup dekat dengan Wukong. Sesekali beliau datang mengunjungi Wukong untuk berbagi cerita.


Suatu hari Dewa Bumi menceritakan kisah Wukong pada Tianwei. Bocah laki-laki yang kemudian diberi misi untuk menemui Wukong yang terkurung di Gunung Lima Elemen dan menyampikan misi dari Dewa Taibai. Tianwei menemui Wukong dan menyerahkan pesan dari Dewa Taibai.


Dewa Taibai dulunya adalah salah satu dewa yang turut melawan dan kemudian mengurung Wukong di Gunung Lima Elemen hingga membuat Wukong dendam padanya. Kemunculan Dewa Taibai tentu saja membuat Wukong yang gampang emosian langsung marah. Namun, Dewa Taibai memintanya untuk tenang karena beliau membawa berita bagus dan tidak berbohong pada Wukong.


Wukong yang menjalani hukuman, akan diberi kebebasan sementara, namun harus menjalankan misi untuk membawa kotak berisi mutiara ajaib ke Gunung Pencari Hati. Diceritakan oleh Dewa Taibai bahwa seharusnya Wukong dihukum mati, namun Guru dari Wukong memilih mengorbankan diri hingga Wukong bisa tetap hidup dan hanya menjalani hukuman. Keinginan terakhir dari Guru adalah Wukong harus membawa kotak peninggalan gurunya ke Gunung Pencari Hati dan ditemani Tianwei.


Wukong yang semaunya sendiri langsung pergi meninggalkan Tianwei dan Dewa Taibai yang sudah kembali menjadi tongkat putih berambut panjang karena energinya hampir habis. Beruntung Tianwei berhasil menyelamatkan diri. Lalu bertemu dengan seorang gadis yang dikejar siluman raksasa, Hua Yin (Fu Meng Ni). Dengan berani Tianwei melawan siluman raksasa lalu membanggakan Wukong. Wukong pun akhirnya menolong. Hua Yin membantu dengan menggunakan peniup peri miliknya hingga Wukong berhasil mengalahkan siluman raksasa.


Setelah pertempuran, Dewa Bumi datang dan mengabarkan jika Dewa Taibai diculik Raja Siluman Shiyuan dan meminta Wukong menyelamatkannya. Namun, Wukong menolak karena baginya misi terpenting adalah membawa kotak peninggalan gurunya ke Gunung Pencari Hati.


Kebetulan teman Hua Yin, sang Jangrik Emas juga ditawan oleh Raja Siluman. Tianwei memohon agar Wukong mau membantu Hua Yin, namun ditolak mentah-mentah oleh Wukong. Dewa Bumi memanfaatkan sifat emosian Wukong, dengan menyulut emosi Wukong. Wukong pun setuju membantu Dewa Taibai dan Hua Yin.


Jujur pas selesai nonton tuh agak bingung sama jalan ceritanya. Ini karepnya gimana sih? Kok beda ama cerita Kera Sakti yang selama ini saya tonton. Di tahun 90-an saya adalah penonton setia serial Kera Sakti yang tayang di televisi, jadi pas nonton ini agak bingung. Mungkin agak lupa juga sama keseluruhan cerita di serialnya, jadi kebingungan. Seperti, kok ada sosok gurunya Sun Wukong ini ya? Kayaknya dulu emang ada ya? Yang pas Wukong di gunung dan kerajaan keranya? Atau, nggak ada? Di film ini diceritakan sang guru sudah meninggal dan menemui Wukong lewat mimpi.


Dalam film ini disebutkan jika Wukong kehilangan kesaktiannya yang merupakan perwujudan dari hukumannya setelah mengacaukan istana langit. Namun, ia masih tetap kuat. Ketika berhasil menembus kerajaan Raja Siluman, Wukong menemukan bahwa tongkat ajaibnya dijadikan sebagai pilar kerajaan dan membuatnya marah. Namun, karena sudah tak memiliki kesaktian lagi, Wukong tak bisa mengambil senjata andalannya tersebut.


Sifat Wukong khas banget, liar dan emosian. Dia bakalan marah besar kalau dipanggil monyet liar. Bisa langsung ngamuk dan obrak-abrik apa aja bahkan tak segan membunuh lawan yang menyebutnya monyet liar.

Menjalankan misi bersama Tianwei dan Huayin nggak mudah bagi Wukong. Karena peniup peri milik Hua Yin jatuh saat menaiki Awan Klinton, ketiganya jadi terjebak di sebuah desa yang sedang diteror siluman ikan. Hua Yin dikira Dewi karena ia muncul saat desa sedang melakukan ritual pengusiran siluman ikan.

Di desa itu pula Wukong bertemu dengan Patkay/Zhu Ba Jie (Wayne Lai). Pas karakter ini nongol, kaget lho! Kok kayaknya sama ama Patkay di serial Kera Sakti yang tayang di tahun 90-an di televisi. Setelah cek infonya di My Drama List, ternyata beneran. Pemerannya adalah orang yang sama. Keren! Awet muda omnya.


Yang melekat dari Patkay apa selain sosok siluman babi? Yap! Pasti tentang kisah cintanya dan kata-kata mutiaranya, "Dari dulu beginilah cinta, deritanya tiada akhir." Bininya Patkay cantik banget. Awalnya saya kira dia ini sosok siluman ikan.


Siluman ikan kalau nggak salah di serial dulu namanya Wu Chi kan ya? Di film ini pun, dia akhirnya bantuin lawan Raja Siluman setelah dibaikin ama Tianwei. Part ini plot twist banget. Kirain yang nyulik Tianwei adalah siluman ikan ternyata...


Visualisasinya memanjakan mata. Pemandangan yang indah, sosok siluman yang digambarkan beneran kayak yang saya pernah dengar wujudnya. Adegan aksinya pun apik banget.


Khas Kera Sakti, ada beberapa adegan yang boleh dibilang konyol dan lucu. Saat menyusup ke kerajaan siluman, Wukong didandanin jadi cantik. Sedang Tianwei malah kayak bocil lagi pesta kostum di malam Halloween.


Wukong yang eneg liat tingkah romantis Patkay ngegemesin. Hua Yin malah terpesona. Kalau saya sih sama kayak Wukong liatnya, sebel dan bikin mual. Wkwkwk.


Momen bikin haru sekaligus tersenyum waktu warga desa gotong royong untuk buatin Wukong tongkat besi. Cakep banget tongkatnya dan untuk pertama kalinya liat Wukong senyum walau tipis.


Adegan nyeseknya, setelah Wukong bantu penduduk desa, lalu ada siluman yang membantai penduduk desa. Bahkan Hua Yin turut jadi korban. Hua Yin mengorbankan dirinya demi Wukong ini part bikin nyesek. Hua Yin merelakan sisa kekuatan yang dia miliki demi menyelamatkan Wukong yang dibunuh Raja Siluman.


Plot twist sosok Tianwei, si bocil kiyowo yang demen nempel-nempel ke Wukong dan selalu membanggakan Wukong yang sempat bikin saya bingung sampai harus nonton ulang filmnya. Heuheuheu. Sebenernya udah curiga dari awal kalau dia bukan bocil biasa karena datengnya aja dianter Dewa Bumi, trus doi juga bisa manggil Awan Klinton disaat genting.


Berkat pengorbanan Hua Yin, Wukong mendapatkan kekuatan dan kemudian mendapatkan 'hatinya' kembali. Bahkan Wukong berhasil memanggil Awan Klinton dan mengambil tongkat emas miliknya.


Adegan setelah final battle juga bikin bingung. Kok habis gelut, Wukong tetiba ada di kaki gunung lagi? Kali ini terkurungnya persis kayak di serial yang saya tonton. Wukong lagi didongengi sama Dewa Bumi. Kok gini se? Karena ini juga jadi nonton ulang filmnya. Heuheuheu.


Setelah nonton yang kedua baru paham kalau film ini, ceritanya setelah Wukong mengacaukan istana langit dan dihukum, tapi sebelum dia dibebasin Biksu Tong dan mengawal perjalanan ke Barat. Biksu Tong disebutkan sebagai reinkarnasi jadi Jangkrik Emas.


Jadi di tengah masa hukumannya, Wukong diberi misi ke Gunung Pencari Hati. Setelah misinya sukses, dia lanjut jalani masa hukuman hingga Biksu Tong datang untuk membebaskannya. Dua kali nonton baru ngeh. Dasar kura-kura lemot. Kekeke.

This movie is really keren! Visual memanjakan mata, ceritanya komplit, menghibur tapi ada bikin nyesek juga. Kalau suka ama cerita Kera Sakti, ditonton yuk! Yang mau nonton di iQIYI, cari aja judul Big Dream Journey: Five Elements Mountain. Btw, Kera Sakti cakep. Wkwkwk. Entah pas nonton kayak ada feel Wi Ha Joon gitu. Heuheuheu.


Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Selamat menonton.


Sumber informasi film: My Drama List.

Sumber poster: My Drama List dan The Movie DB.


Tempurung kura-kura, 01 Januari 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews