Mengenal Lebih Dekat Bunga Kacapiring Yang Sering Disebut Sebagai Kembang Kuburan

06:00

 Makna, Manfaat, dan Mitos Bunga Kacapiring


Setiap bunga memiliki kecantikan yang unik, pun demikian dengan bunga kacapiring atau gardenia. Saya baru tahu kalau bunga cantik nan harum berwarna putih ini bernama gardenia ketika melakukan riset untuk keperluan menulis fan fiction Wisteria Land. Di tempat saya, bunga ini dipanggil cepiring jowo. Uniknya, bunga gardenia identik dengan sebutan kembang kuburan.

Sejak kecil mengenalnya dengan nama cepiring jowo, ketika ada teman yang menyebutnya kembang kuburan, tentu saja membuat saya kaget. Kok bisa bunga secantik itu dipanggil kembang kuburan?? Dari mana asal nama panggilan itu berasal?

Setelah bertanya ke beberapa orang sepuh, bunga gardenia mendapat julukan kembang kuburan karena di daerah kami, bunga cantik itu lebih banyak ditemukan di area makam daripada ditanam di rumah warga. Jawaban yang cukup membuat saya tercengang.


Disebut sebagai kembang kuburan karena bunga gardenia identik dengan kuburan atau makam. Bunga ini lebih banyak ditanam di area makam dibanding di pemukiman warga. Karenanya, bunga gardenia identik dengan makam dan banyak dihindari untuk ditanam di sekitar rumah atau dijadikan buket. Padahal arti dari bunga gardenia bagus lho!

Walau memiliki nama panggilan yang seram seolah-olah primadona kuburan, bunga gardenia memiliki makna layaknya bunga lainnya.

Gardenia memiliki warna putih bak salju, mahkota bunganya juga lembut saat disentuh. Warna putih memiliki makna kepolosan dan kemurnian. Wanginya yang khas dikaitkan dengan persahabatan. Jika dijadikan buket untuk hadiah pada kekasih, ia memiliki makna cinta tulus yang tak akan pernah padam.

Gardenia bisa dijadikan rangkaian bunga di dalam vas untuk menghias ruangan. Semerbak wanginya akan membuat ruangan berbau harum. Keuntungan lain yang bisa diperoleh, rumah akan terhindar dari serangga, karena wangi bunga gardenia mengusir serangga.


Tidak hanya cantik untuk dijadikan buket dan tanaman hias, bunga gardenia punya banyak manfaat untuk kesehatan. Gardenia disebutkan berasal dari Cina. Di negara asalnya, bunga ini biasa dikonsumsi mentah, diasamkan, dan diawetkan didalam madu. Bagian tanaman yang biasa digunakan adalah daun, akar, dan buahnya apabila sudah matang. Ketiganya biasa diolah menjadi obat herbal. Kelopak bunga gardenia dijadikan bahan campuran teh untuk menambah harumnya aroma seduhan.

Beberapa manfaat bunga gardenia untuk kesehatan adalah sebagai obat penurun demam, obat herbal untuk flu, menurunkan kolesterol, menenangkan saraf, melancarkan buang air besar, dan obat untuk sariawan.

Walau cantik dan memiliki banyak manfaat, ada kepercayaan tentang bunga gardenia yang membawa kesialan. Kok bisa?? Saya pun segera mencari tahu, alasan di balik kepercayaan tersebut.


Dalam masyarakat kami, ada kepercayaan tentang bunga gardenia yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Alasannya karena sangkal atau tidak membawa hoki. Namun, semisal memiliki taman di samping rumah, bunga ini boleh ditanam sebagai tanaman hias di taman.

Ada pula kepercayaan tentang bunga gardenia mengusir rezeki karena ia masuk dalam tanaman bergetah putih. Getah putih dipercaya membawa energi negatif, karenanya baiknya tidak ditanam di area rumah.

Nggak nyangka, si cantik bak Putri Salju bernama gardenia ini dipuji juga dihindari. Pastinya tiap daerah punya kepercayaan masing-masing. Bagaimana dengan shi-gUi? Ada tambahan kisah tentang bunga gardenia? Boleh dibagi di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews