Air Kelapa, Minuman Manis Alami Yang Punya Segudang Manfaat Untuk Tubuh

04:32

 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan & Kecantikan


(Sumber foto: Pixabay)


Pohon kelapa memang menakjubkan. Dari akar sampai daun bisa memberi manfaat bagi manusia. Sepertinya tidak ada bagian dari pohon kelapa yang terbuang sia-sia. Bagian dari pohon kelapa yang banyak disukai adalah air dari buahnya. Memiliki rasa manis alami nikmat untuk dijadikan minuman pelepas dahaga. Di balik rasanya yang manis, air kelapa memberi banyak manfaat untuk tubuh kita. Bahkan air kelapa disebut sebagai infus alami lho!

Tidak hanya mengandung gula alami yang membuatnya memiliki rasa manis, air kelapa juga mengandung vitamin C, mineral, dan elektrolit. Karbohidrat yang mudah dicerna juga terdapat dalam air kelapa serta rendah lemak. Air kelapa juga mengandung fosfor, kalium, kalsium, natrium, protein dan zat besi.

Apa saja manfaat air kelapa untuk tubuh? Lanjut baca ya!


1. Baik untuk kesehatan saluran cerna

Manfaat yang dapat diperoleh dari air kelapa adalah terjaganya kesehatan pencernaan. Disebutkan air kelapa mampu menjadi obat alami untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Air kelapa bisa mencegah sembelit, mengobati diare, dan gangguan pencernaan.


2. Membantu meningkatkan fungsi organ

Kandungan nutrisi yang lengkap dalam air kelapa mendukung fungsi dan kerja organ dalam tubuh. Air kelapa merupakan sumber utama dari arginin, asam amino yang membantu tubuh mengatasi stres terutama saat berolahraga. Asam amino juga membantu pembentukan protein yang memberi manfaat untuk regenerasi sel-sel tubuh.


3. Baik untuk menjaga kesehatan jantung

Minum air kelapa membantu memperlancar peredaran darah dan menyeimbangkan tekanan darah yang memberi efek terjaganya kesehatan jantung. Air kelapa juga membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar gula dalam darah.


4. Pengganti cairan tubuh yang hilang

Air kelapa mengandung elektrolit yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang karena beraktivitas terutama saat berolahraga. Air kelapa adalah isotonik alami yang memberi banyak manfaat untuk tubuh.


5. Minuman sehat untuk diet

Air kelapa rendah lemak dan mengandung karbohidrat, serta rendah kalori hingga menjadikannya sebagai minuman alami yang dapat dikonsumsi saat melakukan diet karena tidak hanya membantu menjaga berat badan, tapi bisa juga untuk membantu menurunkan berat badan.


6. Membuat wajah awet muda

Air kelapa mengandung antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas dan mengurangi stres. Manfaat yang diberikan oleh antioksidan adalah menghilangkan kerutan di wajah dan mencegah penuaan dini.


7. Mencerahkan kulit

Air kelapa kaya akan vitamin C dan nutrisi penting lainnya. Jika tubuh terhidrasi, aliran sirkulasi darah lancar dan membuat kulit menjadi sehat. Vitamin C bisa membantu proses mencerahkan kulit secara alami.

Tidak hanya diminum, air kelapa yang digunakan untuk mencuci wajah bisa membantu menyembuhkan wajah yang breakout dan membuat kulit menjadi halus dan cerah. Air kelapa juga bisa digunakan untuk memasak, menjadi bahan beberapa olahan masakan. Uniknya, air kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menetralisir sihir.

Wah, banyak sekali ya manfaat air kelapa. Masih ragu untuk minum air kelapa? Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews