Peringatan Penting Setiap Tanggal 23 Di Seluruh Dunia

05:44

 Setiap Tanggal 23 Memperingati Hari Apa?


(Sumber foto: Pixabay)


Hari ini 23 Maret 2023, seperti biasa berburu obyek yang bisa diabadikan sebagai foto. Lupa pastinya sejak kapan jadi suka membuat foto di tanggal 23 pada setiap bulannya untuk kemudian dibagikan di sosial media. Kalau dulu suka foto selca (self camera/selfie), belakangan lebih suka memotret sesuatu entah benda, bunga, atau pemandangan untuk dijadikan postingan.

Biasanya saya menulis ucapan selamat ulang tahun di setiap unggahan foto pada tanggal 23. Karenanya dulu sering dapat ucapan selamat ulang tahun pada tanggal 23 karena salah paham sama postingan yang saya buat. Nggak papa, seneng aja dapat ucapan selamat ulang tahun hampir setiap bulan. Hehehe.

Udah memikirkan target apa yang akan difoto hari ini; bunga alamanda di depan toko. Walau dilihat setiap hari dan udah sering difoto juga, tapi si terompet emas berwarna kuning yang selalu berbunga nggak mengenal musim itu selalu menarik perhatian. Dari sekian banyak foto, satu foto ini yang menarik dan membuat otak ini kepikiran hubungan antara foto bunga alamanda kuning dipayungi daun hijau dengan Huang Renjun yang berulang tahun hari ini. Bisa baca di Facebook, Instagram, dan Twitter soal hubungannya apa karena di tulisan ini akan membahas tentang peringatan di setiap tanggal 23.


Waktu bikin caption untuk unggahan foto bunga alamanda, tiba-tiba pengen bikin tulisan tentang ada peringatan apa aja di tanggal 23. Kalau di Korea kan setiap tanggal 14 ada peringatan, nah jadi kepikiran tuh, kalau tanggal 23 ada peringatan apa aja di dunia. Merangkum dari berbagai sumber, berikut peringatan di setiap tanggal 23.


1. 23 Januari

Pada tanggal 23 Januari diperingati sebagai Hari Patriotik Gorontalo. Sebelum Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945,  rakyat Gorontalo sudah lebih dulu merdeka. Pada tanggal 23 Januari 1942 dikibarkan bendera merah putih dan dinyanyikan lagu Indonesia Raya di Gorontalo. (Sumber: Kompas).


2. 23 Februari

Hari Rotary Club Sedunia jatuh pada tanggal 23 Januari adalah hari peringatan untuk berdirinya Rotary International yang merupakan organisasi kemanusiaan nirlaba. Rotary International adalah wadah bagi banyak kelompok profesional yang membantu masyarakat sesuai bidang masing-masing secara sukarela. (Sumber: Tribun Priangan).


3. 23 Maret

Jika bagi pecinta K-Pop terutama NCTzen tanggal 23 Maret adalah hari ulang tahun Huang Renjun atau Renjun Day, dunia memperingati Hari Meteorologi Sedunia pada tanggal yang sama. Tujuannya agar masyarakat lebih menyadari betapa pentingnya ilmu yang mempelajari tentang cuaca dan atmosfer (meteorologi). (Sumber: Detik Jabar).


4. 23 April

23 April merupakan Hari Buku Sedunia. Dikenal juga sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia yang ditetapkan UNESCO pada 23 April 1995. Karena tiga penulis besar dunia yaitu Inca Garcilaso de la Vega, Miguel de Cervantes, dan William Shakespeare wafat pada tanggal 23 menjadi alasan dipilihnya tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia. (Sumber: Kompas).


5. 23 Mei

World Turtle Day atau Hari Kura-kura dan Penyu Sedunia jatuh pada tanggal 23 Mei. American Tortoise Rescue melakukan kampanye untuk melindungi kura-kura dan penyu serta habitat asli mereka. Berdiri sejak tahun 1990, American Tortoise Rescue berhasil menyelamatkan 4 ribu kura-kura dan penyu. (Sumber: detikedu).

6. 23 Juni

23 Juni merupakan Hari Janda Internasional sesuai deklarasi PBB pada tahun 2011. Tujuannya untuk memberi dukungan, mengatasi kemiskinan, memperjuangkan ketidakadilan yang dialami oleh jutaan janda di banyak negara. (Sumber: Kompas).

7. 23 Juli

Di Indonesia, 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Peringatan Hari Anak Nasional ditetapkan melalui sejarah yang panjang. Walau sempat berganti-ganti tanggal, akhirnya disepakati 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional sejak tahun 1985. (Sumber: Kompas).


8. 23 Agustus

Hari Penghapusan Perdagangan Budak Internasional diperingati pada tanggal 23 Agustus. Peristiwa pemberontakan di Santo Domingo pada 22-23 Agustus 1971 yang menjadi latar belakang tercetusnya Hari Penghapusan Perdagangan Budak Internasional. Tujuannya untuk mengenang betapa mengerikannya peristiwa perdagangan manusia di masa lalu, serta meningkatkan kesadaran akan bahayanya perdagangan budak beserta efek yang ditimbulkan. (Sumber: Kompas).


9. 23 September

Hari Bahasa Isyarat Internasional jatuh pada tanggal 23 September, sesuai deklarsi Majelis Umum PBB pada 19 Desember 2017. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya bahasa isyarat, serta menguatkan status bahasa isyarat tak hanya dalam komunitas tuna rungu. (Sumber: Tempo).


10. 23 Oktober

23 Oktober diperingati sebagai Hari Macan Tutul Salju Internasional. Diresmikan sejak 2014, memiliki tujuan untuk membuka dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlindungan macan tutul salju. (Sumber: Kompas).


11. 23 November

Di Jepang, tanggal 23 November diperingati sebagai Hari Penghargaan Buruh. Disebutkan perayaan pertama digelar pada tahun 1948 pada masa Perang Dunia II. (Sumber: Merdeka).


12. 23 Desember

Human Light Day diperingati pada tanggal 23 Desember sejak 2001, digagas oleh New Jersey Humanist Network dengan tujuan mengampanyekan dunia yang damai, positif, dan bahagia. (Sumber: Konteks).

Itu tadi peringatan setiap tanggal 23 di Indonesia dan dunia yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews