Salak, Buah Sisik Ular Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan & Kecantikan

04:02

 Manfaat Buah Salak



Salak adalah salah satu buah tropis yang bisa kita temui dengan mudah di Indonesia. Walau disebut buah musiman, salak bisa berbuah sepanjang tahun lho! Buah yang memiliki nama ilmiah Salacca zalacca ini di luar negeri dikenal sebagai Snake fruit karena kulitnya yang menyerupai sisik ular.

Sekali berbuah, pohon salak bisa menghasilkan banyak buah. Rasanya ada yang asam dan ada yang manis, tergantung jenis salaknya. Selain dikonsumsi secara langsung, buah salak bisa dijadikan asinan, sop buah, manisan, diawetkan dalam kaleng, dan dibuat keripik.

Selain buahnya, pohon salak juga memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Umbut salak bisa dijadikan bahan pangan karena aman dimakan. Kulit tangkai daun salak yang sudah dibersihkan dari duri bisa jadikan kerajinan anyaman beserta helaian anak daun. Duri-duri yang tajam dan sulit tertembus menjadikan pohon salak menjadi pilihan terbaik untuk menjadi pagar hidup di kebun. Tangkai daun salak kering juga kerap digunakan sebagai pelindung pohon berbuah dari pencuri. Bahkan disebutkan di Cina, kulit salak juga dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal.

Selain air dan karbohidrat, kandungan lain yang terdapat dalam buah salak adalah vitamin B dan C, fosfor, kalsium, protein, dan zat besi. Nutrisi penting yang pasti dibutuhkan oleh tubuh. Selanjutnya, mari kita bahas tentang manfaat buah salak untuk kesehatan dan kecantikan.



1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C, likopen, dan karotenoid dalam buah salak memberi manfaat berupa meningkatnya daya tahan tubuh. Jika dikonsumsi dengan benar, maka tubuh akan memiliki sistem imunitas yang kuat.


2. Bagus untuk kesehatan saluran cerna

Buah salak mengandung air, serta kaya akan serat dan vitamin sehingga memberi efek baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat juga mendukung pertumbuhan bakteri baik yang menyehatkan usus dan saluran cerna, serta mencegah sembelit.


3. Menjaga kesehatan mata

Beta karoten dan vitamin A juga terdapat dalam salak yang memberi manfaat menjaga kesehatan mata. Mengurangi risiko terserang penyakit rabun senja dan katarak.


4. Obat alami untuk diare

Mengonsumsi buah salak rutin setiap hari akan mencegah dan mengobati diare. Zat tanin akan mengikat dan mengendapkan protein menjadikan salak sebagai obat alami untuk diare.


5. Bagus untuk ibu hamil

Salak mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Rasa manis buah salak juga disebutkan mampu mengatasi rasa mual pada kehamilan. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi secara berlebihan ya!


6. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah salak akan memberi efek kenyang lebih lama. Karenanya salak bagus untuk dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan.


7. Membuat kulit jadi lebih cerah

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah salak bagus untuk kesehatan kulit. Kulit bisa menjadi lebih cerah, mengatasi kulit kusam, dan mencegah penuaan dini.



Memiliki rasa yang enak, ternyata buah salak juga punya banyak manfaat. Masih ragu buat makan buah salak?

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews