Review Film Korea Ditto (2022)

07:06

Ditto



Dua orang dari tahun yang berbeda dipertemukan melalui HAM radio. Di tengah obrolan keduanya, sebuah kisah tak terduga terungkap.


• Judul:

  - Global: Ditto

  - Romanisasi: Donggam

  - Hangul: 동감

• Sutradara: Seo Eun Young

• Penulis: Seo Eun Young

• Produser: Sim Moon- Bo

• Tanggal rilis: 16 November 2022

• Durasi: 114 menit

• Distributor: CJ CGV

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Catatan: Remake dari film Ditto (Donggam) yang tayang pada tahun 2000

• Pemeran:

  - Yeo Jin Goo : Kim Yong

  - Cho Yi Hyun : Kim Mu Nee

  - Kim Hye Yoon: Seo Han Sol

  - Na In Woo: Oh Young Ji

  - Bae In Hyuk: Kim Eun Sung


Kim Yong (Yeo Jin Goo) adalah mahasiswa teknik mesin di sebuah universitas pada tahun 1999. Ia jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Seo Han Sol (Kim Hye Yoon) yang merupakan juniornya. Seo Han Sol penasaran dengan HAM Radio, membuat Kim Yong ingin mempelajarinya juga. Ia pun meminjam HAM Radio milik Kim Eun Sung (Bae In Hyuk) yang tak lain adalah sahabatnya sejak SMA.

Suatu hari Kim Yong mendapat rekan ngobrol melalui HAM Radio, seorang gadis bernama Kim Mu Nee (Cho Yi Hyun). Asik dalam obrolan, keduanya pun berjanji bertemu dan telah menentukan hari serta tempat bertemu karena mereka kuliah di tempat yang sama. Sayangnya keduanya tak bertemu. Ketika kembali ngobrol lewat HAM Radio, barulah keduanya menyadari jika mereka ada di tahun yang berbeda. Mu Nee yang hidup di tahun 2021 berbicara dengan Kim Yong di tahun 1999. Di tengah obrolan seru diantara Kim Yong dan Kim Mu Nee, sebuah kisah mengejutkan terungkap.


Waktu nonton teaser-nya udah dibuat penasaran. Terlebih ada Cho Yi Hyun. Penampilannya di All Of Us Are Dead benar-benar memukau. Setelah nonton, ternyata banyak aktor dan aktris kenamaan yang turut jadi pemeran. Sayangnya udah kena banyak spoiler, jadi berasa kurang ngena pas nonton. Heuheuheu.


Berkisah tentang Kim Yong (Yeo Jin Goo) mahasiswa teknik mesin di tahun 1999. Ia diminta untuk menggantikan tugas rekannya untuk membawa salah satu junior bernama Seo Han Sol ke acara pertemuan mahasiswa. Ia tak menolak tugas tersebut dan segera menghubungi Seo Han Sol kemudian berjanji untuk bertemu.


Pada pertemuan pertama, Kim Yong jatuh cinta pada pandangan pertama pada Seo Han Sol (Kim Hye Yoon). Semakin sering bersama, Kim Yong semakin kagum pada Seo Han Sol dan beruntung rasa cintanya terbalas.


Karena Seo Han Sol tertarik pada HAM Radio, Kim Yong pun ingin mempelajarinya. Ia pun meminjam HAM Radio milik sahabatnya Kim Eun Sung (Bae In Hyuk).


Kim Yong tiba-tiba mendapat panggilan dari HAM Radio. Seorang gadis bernama Kim Mu Nee (Cho Yi Hyun) mulai menjalin komunikasi dengannya. Obrolan keduanya seru dan nyambung, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk bertemu. Sayangnya di waktu dan tempat yang ditentukan Kim Yong dan Kim Mu Nee tak bertemu. Setelah mengalami salah paham, keduanya akhirnya menyadari jika berada di tahun yang berbeda. Kim Yong berada di tahun 1999 dan Kim Mu Nee di tahun 2021.


Sebenernya nonton film atau drama dengan tema perjalanan waktu itu sering bikin saya puyeng sendiri, tapi ya tetep bikin penasaran. Dengan latar perbincangan dengan orang yang berbeda tahun, bikin keinget ama film Korea Call, juga teringat ama novel Landline. Tapi di sini kominikasi pakek HAM Radio. Seperti yang saya tulis di atas, udah kena spoiler di Instagram, jadi udah tahu sebagian besar cerita kayak gimana. Agak kurang asik emang, tapi tetep bikin penasaran.

Karena berlatar di tahun 1999, jadi nostalgia ama masa itu. Senengnya nonton drama atau film yang latarnya zaman dulu ya gini, jadi nostalgia. Masa telepon umum lagi marak-maraknya dan jarang sampai kalau mau makek ngantri. Itu mengisi masa-masa ABG yang ya seru banget! Tahun segitu yang punya pager dan telepon genggam hanya orang kaya. Telepon rumah aja masih jarang banget kalau di desa.


Indahnya cinta pertama. Beneran kerasa banget gimana pas Kim Yong terpesona sama cewek untuk pertama kalinya, jatuh hati untuk pertama kalinya. Canggung dan menyenangkan. Lucunya Kim Yong keceplosan ucapan kurang sopan ke Han Sol. Untungnya Han Sol tuh kalau zaman sekarang boleh dibilang cewek yang open minded dan santuy banget.


Karena udah sedikit tahu tentang cerita antara Kim Yong dan Kim Mu Nee, jadi penasaran itu kenapa Han Sol ending-nya bisa nikah ama Kim Eun Sung dan punya anak Mu Nee. Apa sebelumnya Han Sol udah pacaran ama Eun Sung, trus Kim Yong jatuh hati ke doi. Ternyata nggak. Agak nyesek sih emang. Andai Mu Nee ndak keceplosan, apakah hubungan Kim Yong dan Han Sol akan baik-baik saja?


Tapi, bisa jadi emang takdirnya Kim Yong ama Han Sol nggak berjodoh. Bahkan sampai sekarang pun banyak kasus yang membuat sebuah persahabatan hancur setelah hadirnya cewek atau cowok di tengah-tengah persabahatan itu. Kayak Kim Yong ama Kim Eun Sung yang sohiban, lalu hadir Seo Han Sol di tengah-tengah mereka. Bisa jadi tanpa Mu Nee keceplosan, Kim Yong emang cembokur ama keakraban Eun Sung dan Han Sol. Eun Sung memperlakukan Han Sol kayak ceweknya sih! Rada sebel juga liat keduanya. Walau hanya antara ketua dan wakil, tapi dah kayak couple. Pantes lah kalau Kim Yong cembokur, lalu Han Sol ama Eun Sung terkenal sebagai pasangan yang klop.


Selain kisah persahabatan dua cowok yang jadi ancur karena hadirnya cewek diantara keduanya, ada kisah dari temen jadi demen. Di masa depan, Kim Mu Nee udah lama memendam rasa ke cowok yang udah sohiban ama dia selama tujuh tahun, Oh Young Ji (Na In Woo).


Asli kisah cintanya itu simpel dan manis. Nggak muluk-muluk ya khas anak muda banget. Kim Mu Nee menyemangati Kim Yong untuk cinta pertamanya pun sebaliknya.


Selain Bae In Hyuk dan Na In Woo, ada juga Park Ha Sun yang ambil peran. Cantik banget! Trus ada aktor senior Yoo Jae Myung.


Momen pertemuan Kim Yong di tahun 2021 ama Kim Mu Nee bikin agak nyesek. Terlebih Kim Yong nyebut kim Mu Nee sebagai temannya.

Cerita yang simpel dan nontonnya nggak perlu kebanyakan mikir. Kisah cintanya manis, bikin ikutan senyum yang nonton.

Oya, gemes banget ama kura-kuranya Kim Yong. Trus gemes juga ke Kim Yong, napa kandang kura-kuranya dibikin gitu. Kan bisa lepas dia dan beneran lepas dong. Nyesek liat Kim Yong nyariin kura-kuranya kayak orang gila, di tengah hujan. Eh, ternyata kura-kuranya ditemu Han Sol ama Eun Sung dan Kim Yong liat itu. Potek dah hati. Heuheuheu. Tahu banget gimana rasanya kehilangan kura-kura. Nyesek banget.


Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Sumber poster: AsianWiki & Hancinema.


Tempurung kura-kura, 14 Maret 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews