Patah Hati Tak Terlupakan Sejak Jadi Kpopers

04:43

 Patah Hati Terbesar Di Dunia K-pop


(Sumber foto: Pixabay)

Kapan hari di Twitter nemuin tweet tentang patah hati yang dialami di dunia per-K-pop-an. Sebentar saya cari tweet-nya. Ketemu!!! Jadi ini tweet-nya. shi-gUi yang juga kpopers lalu baca balasan dan kutipan tweet-nya hati-hati sedih, karena pasti keinget momen-momen yang bikin nyesek dan patah hati di dunia K-pop.

Saya juga membuat QRT dari tweet tersebut. Menyebutkan apa patah hati terbesar yang saya alami di dunia. Hari ini, entah kenapa tiba-tiba pengen aja bikin tulisan ini. Membagi kisah sedih, kisah patah hati selama jadi kpopers. Efek hari Kamis yang mendung mungkin. Heuheuheu. Sedih memang, nggak papa ya berbagi kesedihan. Hiks!

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)


Mulai menyukai K-pop sejak tahun 2008 setelah ketemu Mas Jeje aka Kim Jae Joong di kalender yang dapet kiriman dari temen. Sebelum suka K-pop udah suka J-pop karena demen nonton anime yang tayang dk televisi dan suka lagu-lagu Mandarin. Dari kecil kalau suka Mandarin mah dari zamannya Om Andy Lau cs. Dulu akses untuk dengerin lagu Mandarin, Korea, dan Jepang ya radio. Internet udah ada tapi nggak segampang sekarang buat dapetinnya. Alhasil ya hanya mengandalkan radio.

Nah, dari radio saya kenalan sama salah satu eonni yang dulu tuh suka jual printilan K-pop gitu. Jadi CD-CD berisi lagu K-pop atau variety show K-pop. Waktu order barang di sana, dikasihlah banyak bonus, salah satunya kalender meja K-pop yang cover depannya ada gambar DB5K. Waktu liat Mas Jeje aka Kim Jae Joong di kalender itu, eh langsung jatuh hati dan akhirnya mulai melirik K-pop. Kalau K-drama pernah nonton drama Little Bride (2004) dan Goong (2006) yang tayang di salah satu televisi swasta.


Boleh dibilang si eonni jadi mak comblang saya ama Mas Jeje ya. Hehehe. Akhirnya suka DB5K dan  masuk ke dunia K-pop. Dulu pas masih bego, ngirain TVXQ, DBSK, ama Tohoshinki tuh beda. Padahal aslinya orang yang sama cuman beda nama doang. Nama internasionalnya TVXQ, di Korea dikenal DBSK/DBSG dan di Jepang dikenal Tohoshinki. Dari DB5K jadi suka SHINee, FT. Island, 2PM, f(x), 2NE1, Teen Top, After School, The TRAX, CN. Blue, LED Apple, Royal Pirates, ToppDogg. Mohon maaf kalau ada yang kelupaan, soalnya sempet hiatus juga dari dunia K-pop.

Setelah tahu K-pop tuh kan kayak didominasi boyband dan girlband, jadi pas nemu band macem FT. Island tuh seneng banget. Kaget pas ketemu The TRAX, ternyata di Korea ada band rock dan sekeren itu, di bawah naungan SM Entertainment pula. Sejak kenal DB5K saya pun jadi SM Stan, jadi pas tahu SME punya band rock, seneng banget!

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

Itu cerita singkat bagaimana bisa suka K-pop dan karena jatuh hati ke Mas Jeje, di sinilah saya sekarang. Mas Jeje yang membuka jalan untuk saya melebarkan sayap dan terbang untuk mengejar mimpi.

Jatuh hati ke Mas Jeje di tahun 2008 yang bikin saya terjun ke dunia K-pop dan masuk fandom Cassiopeia, setahun kemudian terjadi konflik antara tiga member DBSK dengan agensi mereka yaitu SM Entertainment. DBSK beranggotakan Hero Jaejoong, U-Know Yunho, Mickey Yoochun, Xiah Junsu dan Max Changmin. Konflik dengan agensi membuat tiga anggota DBSK yaitu Jaejoong, Yoochun, dan Junsu (JYJ) akhirnya keluar dari DBSK dan agensi. Seingat saya JYJ memperjuangkan hak mereka dari kontrak yang nggak adil. Setelah digantung selama konflik, akhirnya JYJ keluar dari DBSK dan agensi, sedang TVXQ tetap berkarir dengan dua member yaitu Yunho dan Changmin (Homin).

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)


Pecahnya DBSK adalah patah hati pertama dan terbesar saya di dunia K-pop. Kalau inget masih nyesek dan bawaannya mau mewek. Mana pasca konflik itu, JYJ tidak bisa berkarir dengan nyaman di Korea. Bahkan kalau nggak salah inget, sampai nggak bisa tampil di acara televisi Korea. Konsekuensi yang harus mereka terima karena melawan agensi raksasa macem SME. Saya nggak benci SME, tapi nggak suka ama tindakan CEO yang menjabat waktu itu karena terkenal dengan 'kontrak budak' yang dia buat. Karena patah hati, sampai nggak mau dengerin lagu DB5K lagi cukup lama. Waktu itu berharap SHINee dan f(x) nggak mengalami hal yang sama kayak yang dialami DBSK.

Di tahun 2009 juga dibuat patah hati karena Park Jae Beom yang sekarang dikenal dengan nama panggung Jay Park memutuskan keluar dari 2PM. Tidak hanya Park Jae Beom yang hengkang dari grupnya di tahun 2009, Oh Won Bin juga memutuskan meninggalkan FT. Island di tahun yang sama. Baru setahun terjun ke dunia K-Pop udah digempur momen-momen yang bikin patah hati.

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

Sebelumnya mohon maaf kalau urutan kejadiannya random karena saya juga tidak mengingat dengan detail. Patah hati kedua adalah ketika YG Entertainment mengumumkan 2NE1 resmi bubar pada tahun 2016. Di tahun itu saya lagi fokus buat sembuh dari GERD dan Anxiety, jadi jarang berlama-lama di sosial media, bahkan boleh dibilang lagi hiatus dari dunia K-pop. Tiba-tiba dapat kabar kalau 2NE1 bubar. Nyesek banget.

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

Nggak jauh beda ama 2NE1, girlband yang saya suka memiliki nasib kurang baik di agensinya yaitu f(x). Sama-sama debut di tahun 2009, f(x) dan 2NE1 adalah dua girlband K-pop yang berhasil menarik perhatian saya sampai saya masuk fandom MeU dan Blackjack. Sayangnya dua grup yang saya sukai sama-sama memiliki nasib kurang baik. f(x) sempat kehilangan member yaitu Sulli yang memutuskan keluar dari grup.

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

Setahun setelah bubarnya 2NE1, bener-bener patah hati ketika mendapat kabar bahwa Jonghyun SHINee ditemukan tidak sadarkan diri di rumahnya kemudian dinyatakan meninggal pada 18 Desember 2017. Patah hati bener-bener, berasa ditinggal salah satu adik kesayangan. Walau berusaha tegar, nggak nangis, pertahanan jebol saat menyaksikan prosesi pemakaman Jjong. Beneran tumpah air mata, padahal lagi di tempat kerja. Sampai ditenangin salah satu bidan yang cukup dekat dan saya panggil Eonni. Nangis sesenggukkan ditenangin Bidan Eonni.

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

Kalau DBSK pecah, saya masih bisa liat aktivitas member, pun demikian dengan 2NE1 yang resmi bubar. Tapi Jjong... dia pergi, jauh, ke surga. Walau ada banyak video yang bisa ditonton kalau kangen, tapi... mohon maaf, nulis ini jadi nyesek dan nangis lagi. Terima kasih, Kim Jonghyun. You did well.

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

Di tahun 2017 juga dikejutkan dengan kabar hengkangnya Hoya dari Infinite. Sama kayak 2PM, ngarepnya Infinite bisa tetep OT7, tapi ya walau ada rasa nyesek, tetep menghormati keputusan member yang memilih keluar dari grup.

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)


Nasib f(x) makin nggak jelas. Victoria Eonni sibuk di negara asalnya, Amber pun sibuk dengan kegiatan solonya. Luna dan Amber keluar agensi, begitu juga Victoria Eonni dan menyisakan Krystal. f(x) terakhir comeback pada tahun 2015 dengan empat member setelah Sulli memutuskan meninggalkan grup untuk fokus berakting. Pada 14 Oktober 2019, Sulli ditemukan meninggal di rumahnya. Setelah ditinggal Jjong, ditinggal Sulli. Kehilangan adik di dunia K-pop lagi (T_T)

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

Tahun 2019 juga menjadi tahun terburuk di dunia K-pop dengan adanya Skandal Burning Sun yang menyeret banyak idol. Diantara mereka ada adek-adek kesayangan di dunia K-pop seperti Choi Jong Hoon mantan member FT. Island, Yoon Jun Hyung mantan member HIGHLIGHT (dulu BEAST), dan Lee Jong Hyun CN.Blue. Bener-bener tahun terburuk karena banyak skandal terungkap. Skandal ini yang paling menggemparkan dunia K-pop.

Di tahun 2019 juga, Park Yoochun terjerat kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Dari 2016 Park Yoochun terlibat skandal dan berita-berita 'buruk' lainnya benar-benar membuat saya kecewa. Karena lahir di bulan dan tahun yang sama, sosok Yoochun feel-nya udah kayak teman seangkatan. Jadi nyesek dan ill feel sama Park Yoochun.

Ketika membagi kisah patah hati terbesar di dunia K-pop, ada yang ketinggalan, momen yang juga bikin patah hati yaitu bubarnya ToppDogg pada tahun 2018. Ngikutin mereka dari 2013 setelah mereka debut, lalu jadi best moment selama jadi K-pop fangirl, malah ditinggal bubar di tahun 2018. Kalau nggak salah, banyak boyband dan girlband yang debut di tahun 2013 banyak yang bubar. Yang berhasil bertahan dan sukses hingga kini ada BTS.

(Sumber poster: Channel Korea)

Ngomongin soal member yang hengkang dari grup, keputusan L.Joe untuk meninggalkan grupnya yaitu Teen Top juga bikin nyesek. L.Joe memutuskan keluar dari Teen Top karena alasan, katanya, L.Joe tidak diberi kesempatan untuk bersolo karir oleh agensi.

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)

Girlband lain yang saya suka dan memiliki nasib kurang baik ada After School. Mengikuti sejak debut di tahun 2009, After School membawa nuansa unik yang bikin saya jatuh hati. Terakhir mengikuti ketika member mereka udah berjumlah sembilan orang. Sistem girlband asuhan Pledis Entertainment ini unik. Ada penambahan anggota, pun ada kelulusan anggota. Lalu ada sub-unit yang nggak kalah keren seperti Orange Caramel. Entah rasanya jadi berbeda setelah Kahi Eonni dinyatakan lulus dari After School pada tahun 2012. Hengkangnya Kahi Eonni, yang saya rasakan, membuat warna After School berubah. Karenanya saya pun berhenti mengikuti After School lagi.

(Sumber gambar: Wallpaper Cave)


Idol band atau grup band di Korea sangat jarang. Karenanya seneng pas ketemu FT. Island dan The TRAX. Lalu, jadi ketemu CN. Blue, LED Apple, dan Royal Pirates. Sampai sekarang yang masih bertahan, setahu saya FT. Island dan CN. Blue dengan formasi tiga member. LED Apple di keterangan ditulis masih aktif hingga sekarang, tapi sudah tidak pernah melihat karya mereka lagi. Mungkin saya yang kurang update. Sedang Royal Pirates disebutkan hanya aktif sampai tahun 2016.

Well, itu tadi momen-momen di dunia K-pop yang membuat saya patah hati. Apakah shi-gUi juga pernah mengalami hal yang sama? Boleh berbagi kesedihan di kolom komentar. Mohon maaf jika ada salah kata, gomawo matur tengkyu.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews