Mbothe, Umbi Murah Yang Punya Banyak Manfaat

05:15

 Manfaat Talas Untuk Kesehatan dan Kecantikan


(Sumber foto: Pixabay)


Bagi shi-gUi yang tinggal di Pulau Jawa dan di desa seperti saya pasti nggak asing dengan mbothe. Mbothe merupakan salah satu jenis umbi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jawa. Polo pendem yang juga banyak dibudidayakan secara mandiri oleh masyarakat. Mbote juga dikenal dengan nama talas, karena memang merupakan salah satu jenis umbi dari suku talas-talasan.

Dahulu, sebelum beras bisa dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah, mbothe merupakan salah satu sumber pangan utama bagi masyarakat. Seiring perkembangan zaman, mbothe dinikmati sebagai camilan untuk menemani minum kopi atau teh. Oalahannya pun beragam, nggak hanya direbus atau dibakar, tapi juga dijadikan keripik.

Mbothe memiliki banyak kandungan nutrisi yaitu dari serat, fosfor, kalsium, kalium, magnesium, dan protein. Karenanya mbothe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita bahas!

(Sumber foto: Pixabay)

1. Bagus untuk kesehatan pencernaan

Bagi penderita gangguan asam lambung, mbothe atau talas merupakan umbi yang aman dikonsumsi sebagai camilan penunda lapar. Talas rendah gula dan tinggi serat, jadi aman dikonsumsi. Karena kandungan serat yang tinggi, mengonsumsi talas dapat membantu meningkatkan kinerja usus saat proses pencernaan dan memperlancar pembuangan sisa makanan. Talas mengandung pati resisten yang bagus untuk kesehatan usus. Membantu mencegah perut kembung dan sembelit.


2. Menjaga kadar gula dalam tubuh

Masih berhubungan dengan tinggi serat dan mengandung pati resisten, manfaat berikutnya yang bisa diperoleh dari talas adalah menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.


3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam talas cukup tinggi yang apabila dikonsumsi secara rutin dan tepat akan memberi manfaat berupa terjaganya kesehatan tulang. Jika tubuh mendapat asupan kalsium dengan jumlah yang tepat dan cukup, manfaat yang didapat adalah tulang menjadi padat dan kuat.


4. Menjaga kestabilan tekanan darah

Talas mengandung kalium yang memiliki peran membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.


5. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Talas merupakan sumber pangan yang tinggi antioksidan yang bisa memberi manfaat tak hanya untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Antioksidan mampu menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti kanker. Talas juga memiliki sifat antivirus dan antiperadangan yang bagus untuk tubuh.


6. Sumber pangan baik untuk diet

Talas merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat. Karbohidrat dan serat pada talas membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, karenanya akan memberi efek kenyang lebih lama. Talas bisa menjadi pilihan makanan saat diet untuk menjaga berat badan.


7. Bagus untuk kesehatan rambut

Kandungan zinc pada talas bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada tubuh. Jika nutrisi harian terpenuhi, maka tubuh akan bekerja dengan baik. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh ketika kebutuhan zinc dalam tubuh terpenuhi adalah terjaganya kesehatan rambut. Rambut tumbuh lebih sehat dan kuat serta tidak mudah rontok.


(Sumber foto: Pixabay)

Selain akar/umbinya, daun talas juga bisa dikonsumsi lho! Sama seperti umbinya, daun talas juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Daun talas bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau diolah menjadi masakan lain seperti ditumis.

Itu tadi tujuh manfaat talas untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews