Mengenal Beberapa Istilah Dalam Dunia Parfum Bagian #2

04:58

 Arti Istilah Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes dalam Parfum



Lanjut bahas istilah-istilah asing di telinga yang berhubungan dengan parfum. Di bagian pertama sudah dibahas tentang istilah ori, decant, dan dupe parfume. Di bagian kedua ini akan dibahas tentang top notes, middle notes, dan base notes dalam dunia parfum.

Kalau mau beli parfum, terutama beli online ya, biasanya dalam keterangan tercantum istilah top notes, middle notes, dan base notes. Ketiganya menjabarkan aroma yang terkandung dalam parfum, namun memiliki arti yang berbeda. Kok bisa? Yuk, lanjut kita bahas.


Top notes, middle notes, dan base notes disebut piramida dalam parfum. Yap, seperti piramida dari atas, tengah, lalu dasar. Piramida ini mengacu pada aroma parfum mulai dari yang pertama tercium saat disemprotkan sampai yang terakhir yang tetap tinggal di tubuh atau baju.


1. Top notes


Tingkatan pertama adalah maksud dari top notes yaitu bau atau aroma yang pertama kali tercium setelah parfum disemprotkan. Aromanya ringan. Umumnya top notes beraroma buah, sitrus, dan aroma herba.


2. Middle notes


Middle notes adalah bagian tengah atau aroma pada tingkatan kedua yang tercium setelah parfum disemprotkan. Middle notes adalah aroma yang akan muncul menyusul aroma pertama. Biasanya tercium antara 5-15 menit sejak parfum disemprotkan. Aroma middle notes akan tinggal lebih lama dibanding top notes dan akan memengaruhi aroma base notes. Aroma middle notes bisa tercium 20-60 menit sejak parfum dipakai. Biasanya memiliki aroma kombinasi buah dan bunga atau floral fruity.


3. Base notes


Base notes adalah dasar atau tingkatan terakhir dari aroma parfum. Aroma yang akan tetap tinggal di kulit hingga 6 jam bahkan lebih sejak pemakaian. Aromanya lebih kuat dan biasanya disebutkan di bagian depan botol parfum sebagai identitas aroma. Amber, cedarwood, musk, sandalwood, dan vanila merupakan aroma-aroma populer yang sering digunakan sebagai base notes dalam parfum.

shi-gUi suka parfum dengan aroma apa? Kalau saya masih setia sama vanila. Tapi belakangan agak oleng ke musk karena enak juga ternyata. Hehehe. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews