Buah Manggis, Si Manis Yang Punya Segudang Manfaat Untuk Tubuh

05:55

 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan & Kecantikan


(Sumber foto: Pixabay)


Manggis adalah salah satu buah tropis yang bisa kita jumpai dengan mudah di Indonesia. Di luar negeri, manggis (Garcinia mangostana L) disebut sebagai buah dengan kadar antioksidan tertinggi. Dalam dunia perdagangan buah, manggis memiliki julukan 'ratu buah' mendampingi durian yang bergelar 'raja buah'.

Buah manggis merupakan buah musiman yang artinya tidak sepanjang tahun bisa kita temukan. Manggis merupakan sumber pangan rendah kalori yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting.  Buah manggis mengandung karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, asam folat, vitamin C, magnesium, mangan, lemak, serat, protein, dan tembaga. Memiliki rasa manis dan kadang asam manis menjadikan buah manggis banyak digemari untuk dikonsumsi.

Suka makan buah manggis? Yuk, baca! Sederet manfaat buah manggis untuk tubuh.

(Sumber foto: Pixabay)


1. Menjaga kesehatan fungsi pencernaan

Manggis merupakan buah yang mengandung serat tinggi hingga baik dikonsumsi dan memberi manfaat terjaganya kesehatan organ pencernaan.


2. Menjaga kestabilan tekanan darah

Dalam buah manggis terdapat magnesium, tembaga, mangan, dan kalium yang dapat membantu menjaga tekakan darah menjadi seimbang. Kalium mampu bisa menghilangkan dampak negatif dari kelebihan natrium.


3. Meningkatkan imun

Selain mengandung serat, buah manggis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Keduanya memiliki peran penting dalam menunjang sistem kekebalan tubuh. Buah manggis juga memiliki sifat antibakteri yang tentu saja menguntungkan bagi tubuh.


4. Mengontrol gula darah

Di dalam buah manggis terdapat senyawa bernama xanthone yang bisa membantu menjaga kadar gula dalam tubuh. Serat dalam buah manggis juga bagus untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.


5. Baik untuk kesehatan mental

Disebutkan oleh beberapa studi, buah manggis memberi manfaat untuk kesehatan otak dan menjaga kesehatan mental. Buah manggis mampu mengurangi peradangan pada otak dan dapat membantu mengatasi gejala depresi.


6. Membantu menurunkan berat badan

Buah manggis mengandung serat tinggi, karenanya baik dikonsumsi saat diet. Sebab beberapa penelitian menunjukkan buah manggis benar-benar bisa membantu proses penurunan berat badan. Sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam buah manggis memberi efek berupa peningkatan sistem metabolisme dan mencegah kenaikan berat badan.


7. Bagus untuk menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan serat dalam buah manggis memberi manfaat berupa terjaganya kesehatan kulit. Manggis bersifat antiinflamasi dan kaya antioksidan yang memberi perlindungan pada kulit akan bahaya radiasi sinar UV.

(Sumber foto: Pixabay)


Karena buah musiman dan boleh dibilang agak langka, manggis memiliki harga lebih tinggi di pasaran dibanding buah lainnya. Tapi, jika memberi manfaat segudang bagi tubuh, tentu nggak ada kata rugi untuk mengonsumsinya. Mumpung lagi musim manggis, yuk rajin makan sesuai kebutuhan alias tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews