Setiap Tanggal 14 Adalah Hari Spesial Di Korea Selatan

16:24

Setiap Tanggal 14 Adalah Hari Spesial Di Korea Selatan


Siapa sih yang tak kenal Korea Selatan? Hallyu atau Korean Wave yang mendunia membuat Korea Selatan semakin dikenal berbagai penjuru dunia. Selain idola Kpop, film, dan drama, Korea Selatan punya tradisi unik yang dirayakan setiap tanggal 14 pada tiap bulan lho! Tradisi apa sajakah itu? Berikut ulasannya.



1. Diary Day - 14 Januari

Tradisi unik yang pertama adalah Diary Day yang jatuh pada tanggal 14 Januari. Setiap tanggal 14 Januari, muda-mudi di Korea Selatan akan saling bertukar buku diary. Tradisi ini tidak hanya dilakukan oleh sepasang kekasih, tapi juga dilakukan bersama sahabat. Bertukar diary ini bertujuan untuk saling jujur tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing. Momen manis dan tanggal-tanggal penting pun ditulis di dalam diary untuk dijadikan kenangan bersama.


2. Valentine Day - 14 Februari

Sama seperti kebanyakan masyarakat di seluruh dunia, di Korea Selatan juga merayakan Valentine Day pada tanggal 14 Februari. Tradisinya pun sama yaitu memberikan coklat atau hadiah kepada pasangan. Namun, tradisi ini dilakukan oleh para gadis. Kebanyakan para gadis membuat coklat sendiri untuk diberikan kepada orang yang mereka sayangi.


3. White Day - 14 Maret

Tradisi yang diperingati pada tanggal 14 Maret di Korea Selatan adalah White Day. Boleh dibilang White Day adalah balasan dari Valentine Day. Jika pada Valentine Day para gadis yang memberikan coklat atau hadiah untuk pasangan, White Day adalah hari bagi para pemuda untuk membalasnya dengan bergantian memberikan coklat atau hadiah. Ada juga yang menyebutkan jika pada Valentine Day adalah waktu bagi seseorang untuk menyatakan cinta atau rasa suka pada seseorang. Sedang saat White Day tiba adalah saat untuk memberi jawaban.


4. Black Day - 14 April

Untuk kaum single atau jomlo juga punya hari perayaan sendiri lho! Perayaan itu disebut Black Day yang jatuh pada tanggal 14 April. Black Day (블랙데이) diperingati oleh wanita dan pria yang tidak punya pasangan yang juga tidak menerima hadiah di Hari Valentine dan White Day. Kaum single ini akan berkumpul dengan memakai baju warna hitam, makan Jajangmyeon (mie Korea dengan bumbu saus kedelai hitam), dan minum kopi hitam saat merayakan Black Day.


5. Yellow Day atau Rose Day - 14 Mei

Tradisi unik yang jatuh pada tanggal 14 Mei adalah Yellow Day atau Rose Day. Untuk merayakan Yellow Day atau Rose Day para pasangan akan memakai baju yang berwarna kuning lalu saling bertukar bunga mawar. Sedang kaum single akan pergi bersama sahabat atau teman untuk makan kari yang memiliki warna kuning. Harapan yang diucapkan saat Yellow Day atau Rose Day adalah agar kisah cinta mereka menjadi lebih berwarna.


6. Kiss Day - 14 Juni

Kiss Day yang jatuh pada tanggal 14 Juni adalah hari untuk memberikan sebuah ciuman. Biasanya banyak tempat yang menggelar acara unik untuk merayakan Kiss Day. Contohnya adalah kissing contest. Kontes ini biasanya ramai diikuti oleh pasangan muda, karena mereka memiliki keyakinan bahwa berciuman saat Kiss Day adalah ciuman yang spesial dan penuh perasaan.


7. Silver Day - 14 Juli

Silver Day diperingati pada tanggal 14 Juli. Banyak pasangan yang menunggu momen Silver Day untuk memberikan perhiasan berbahan dasar perak kepada pasangan. Momen itu dipercaya sebagai wujud keseriusan dalam sebuah hubungan. Biasanya sepasang kekasih akan bertukar cincin saat Silver Day, lalu mereka membicarakan kelanjutan hubungan mereka. Bahkan, ada yang membahas tentang pernikahan.


8. Green Day - 14 Agustus

Green Day yang jatuh pada tanggal 14 Agustus juga merupakan salah satu hari spesial bagi sepasang kekasih. Pasangan kekasih akan melakukan kencan di alam terbuka. Tidak hanya sekedar jalan-jalan di taman, ada juga yang pergi hiking atau naik gunung bersama. Tak jarang mereka pun kompak memakai kostum berwarna hijau. Sedang kaum single akan berkumpul dan pesta Soju yang dikemas dalam botol berwarna hijau.


9. Photo Day - 14 September

Tanggal 14 September tidak hanya diperingati sebagai Photo Day, tapi disebut juga sebagai Music Day. Sepasang kekasih akan memotret satu sama lain, lalu berfoto bersama. Setelah itu mereka akan menghabiskan waktu, berkaroke bersama di noraebang (tempat karaoke).


10. Wine Day - 14 Oktober

Wine Day yang jatuh pada tanggal 14 Oktober diperingati sepasang kekasih dengan melakukan makan malam yang romantis, memesan wine, dan minum bersama. Pada bulan Oktober, cuaca di Korea Selatan mulai dingin. Karena itu ada perayaan Wine Day karena wine sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin. Kaum single juga melakukan tradisi minum wine.


11. Movie Day - 14 November

Selain diperingati sebagai Movie Day, tanggal 14 November juga diperingati sebagai Orange Day. Pada momen ini sepasang kekasih akan kompak memakai baju berwarna oranye, lalu pergi menonton film di bioskop. Ada juga yang memilih menyewa DVD untuk nonton bersama. Selain kompak memakai baju berwaran oranye, mereka juga wajib membawa buah jeruk sebagai camilan. Warna oranye adalah penegasan rasa cinta dari setiap pasangan.


12. Hug Day - 14 Desember

Tradisi terakhir yang diperingati pada tanggal 14 adalah Hug Day yang jatuh pada bulan Desember. Tradisi ini tidak hanya berlaku untuk sepasang kekasih. Siapa saja boleh mengikutinya. Sepasang kekasih, teman, sahabat, dan keluarga akan saling memberikan pelukan. Pelukan yang merupakan wujud dari rasa syukur mereka karena memiliki orang-orang yang saling menyayangi. Tak jarang orang asing pun akan mendapatkan free hug saat peringatan Hug Day yang merupakan wujud sebagai rasa kasih kepada sesama manusia.


Unik ya! Ada perayaan pada tanggal 14 setiap bulan di Korea Selatan. Tertarik untuk ikut merayakannya?

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews