4 Cara Mudah Mengatasi Migrain Tanpa Obat

16:10

4 Cara Mudah Mengatasi Migrain Tanpa Obat



Migrain sering kali muncul secara tiba-tiba dan sangat mengganggu aktivitas karena rasa sakitnya yang melebihi sakit kepala biasa. Sebelum memutuskan untuk meminum obat, ada baiknya coba atasi dengan cara alami yang mudah dan sederhana.

Migrain bisa menyerang pria dan wanita, bahkan anak-anak. Migrain terjadi karena adanya perubahan aktivitas pada otak. Rasa sakit itu sering diikuti dengan sensasi berdenyut pada kepala, mual dan muntah, nyeri yang teramat sangat pada satu sisi kepala, dan nyeri pada bagian belakang mata.

Migrain tidak sama dengan sakit kepala sebelah atau cluster headache. Migrain menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat hingga mampu melumpuhkan penderitanya. Rasa berdenyut dan sakit yang ekstrim seperti dihantam benda keras. Sering kali migrain menyerang satu sisi kepala saja, tapi rasa sakitnya melebihi sakit kepala sebelah.

Penyebab migrain pun bermacam-macam. Bisa jadi karena faktor genetik atau turunan. Tapi, bisa juga karena faktor kebiasaan seperti mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu yang bisa memicu terjadinya migrain. Stres dan menstruasi pun bisa menjadi pemicu terjadinya migrain.

Berikut empat cara mudah mengatasi migrain.


1. Minum banyak air putih

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup minum air putih. Tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan sakit kepala. Jika tubuh terhidrasi, maka rasa sakit kepala dapat teratasi.


2. Berada di ruangan gelap

Salah satu cara mudah dan ampuh untuk mengatasi migrain adalah hindari tempat dengan cahaya terang atau berdiam di tempat gelap. Saat migrain menyerang, tubuh akan sangat sensitif terhadap cahaya. Berada dalam ruangan dengan cahaya terang akan semakin membuat sensasi migrain menjadi. Berada di dalam ruangan gelap akan membuat tubuh lebih nyaman dan rileks hingga sensasi migrain pun berkurang.


3. Terapi pijat

Untuk mengurangi migrain, lakukan terapi pijat pada pelipis, kening bagian tengah diantara kedua alis, dan bagian belakang kepala pada dua titik antara kepala dan leher yang dekat dengan telinga. Tambahkan minyak kayu putih atau minyak aroma terapi dengan aroma lavender untuk membantu tubuh lebih rileks.


4. Minum jahe hangat

Jahe merupakan salah satu rempah yang sering digunakan dalam metode pengobatan alami. Jahe pun bisa dimanfaatkan untuk terapi pengobatan migrain. Minum jahe hangat yang dicampur madu mampu mengurangi sensasi menyiksa akibat migrain.


Jika sudah mencoba keempat cara sederhana di atas, tapi migrain tak kunjung reda. Sebaiknya konsumsi obat untuk migrain seperti paracetamol.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi dan rutin berolah raga adalah langkah yang bisa ditempuh untuk menghindari migrain.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews