Manfaat Bunga Kitolod Untuk Mata Minus

18:03

Manfaat Bunga Kitolod Untuk Mata Minus



Kitolod adalah tanaman perdu liar yang sering diabaikan. Ternyata bunga liar ini berkhasiat untuk terapi mata minus lho!

Kitolod atau Isotoma longiflora merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh di pinggir jalan, diantara semak-semak, dan daerah yang lembap seperti di sekitar tempat pembuangan air atau sungai. Walau sering diabaikan, tanaman liar berbunga putih ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan mata minus.

Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman kitolod adalah daun dan bunganya. Akan tetapi, pada pembahasan kali ini akan dijabarkan bagaimana memanfaatkan bunga dari tanaman kitolod untuk terapi mata minus.

Bunga atau daun tanaman kitolod memiliki kandungan politerol, alkaloid, flavanoid dan samponi yang dapat menyembuhkan gangguan mata. Karenanya sejak zaman dulu masyarakat Indonesia sudah menggunakan tanaman kitolod untuk menyembuhkan gangguan mata seperti iritasi mata.

Banyak cara yang bisa diterapkan dalam pemanfaatan bunga kitolod sebagai ramuan alami untuk terapi mata minus. Karena kitolod adalah tanaman liar, di sini akan dijelaskan metode memanfaat bunga kitolod secara aman. Pada daerah pemukiman umumnya tanaman kitolod tumbuh di sekitar tempat pembuangan air limbah rumah tangga seperti di dekat selokan. Karenanya tidak menutup kemungkinan pada bunga kitolod  terdapat banyak bakteri.

Setelah mencari bunga kitolod, cuci bersih bunga dengan air mengalir. Untuk jumlah bunga bisa disesuaikan antara 7-11 tangkai. Setelah dicuci bersih tiriskan. Lalu, panaskan dua gelas air. Tunggu hingga mendidih. Saat mendidih, masukan bunga kitolod dan tunggu hingga bunga layu. Setelah itu matikan api dan diamkan air rebusan bunga kitolod selama 24 jam. Setelah itu saring dan masukan air ke dalam botol bersih. Air rebusan bunga kitolod ini dapat disimpan di dalam kulkas.

Cara untuk terapi mata minus dengan bunga kitolod sangat mudah. Ambil air rebusan bunga kitolod yang sudah didiamkan selama 24 jam dan tuang secukupnya ke dalam sebuah wadah. Tambahkan air bersih secukupnya. Lalu, celupkan wajah ke dalam wadah berisi campuran air rebusan bunga kitolod dan air bersih dengan posisi kedua mata terbuka. Diamkan selama beberapa detik, lalu angkat wajah dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut atau tisu.

Pada awal terapi akan menimbulkan rasa perih pada kedua mata. Akan tetapi sesudahnya mata akan terasa segar dan pengelihatan jadi lebih jelas. Lakukan terapi ini secara rutin sehari sekali untuk membantu mata minus.

Memang mata minus tidak bisa disembuhkan secara instan kecuali dengan melakukan operasi. Tapi, terapi ini dapat membantu mengatasi kelelahan mata minus kita setelah lelah seharian bekerja dengan berkacamata.

Tonton video Manfaat Bunga Kitolod Untuk Mata Minus


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews