Cara Mudah Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Obat

20:11

Cara Mudah Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Obat



Sakit tenggorokan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia. Rasa sakit saat menelan itu bisa muncul secara tiba-tiba. Penyebabnya bisa jadi karena suhu udara atau karena makanan yang kita makan.

Sakit tenggorokan juga dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti batuk dan pilek, amandel, infeksi pada tenggorokan, dan karena naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Rasa sakit saat menelan tentu sangat mengganggu aktivitas. Selain mengkonsumsi obat, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Berikut cara mudah untuk mengatasi sakit tenggorokan tanpa obat.



1. Makan makanan hangat yang dan lembut

Saat sakit tenggorokan hindari makanan pedas, keras, dan berminyak. Makanan tersebut akan memperparah kondisi sakit tenggorokan. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang hangat dan lembut seperti bubur dan sup ayam. Sup atau bubur dengan bahan dasar kaldu ayam dapat membantu mengatasi rasa sakit saat menelan.


2. Minum teh herbal dengan bahan dasar jahe dan perasan lemon/jeruk nipis

Selain makanan hangat, minum minuman hangat pun sangat disarankan untuk mengatasi rasa sakit tenggorokan. Teh herbal dengan bahan dasar jahe dan perasan air lemon/jeruk nipis merupakan salah satu minuman hangat yang disarankan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Jahe mengandung antioksidan yang bagus untuk proses penyembuhan. Sedang lemon atau jeruk nipis mengandung senyawa yang bisa membantu proses pengempisan tenggorokan bengkak. Rasa asam dari lemon atau jeruk nipis akan membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.


3. Kumur air garam hangat

Larutkan garam secukupnya pada segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur pelan-pelan. Berkumur dengan air garam hangat merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan ada yang sengaja menelan air garam hangat untuk meredakan sakit tenggorokan.


4. Konsumsi madu

Minum satu sendok teh madu saat pagi dan malam hari dapat membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan. Madu pun bisa dicampurkan ke dalam teh jahe sebagai pemanis pengganti gula.


5. Banyak minum air putih

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit tenggorokan. Saat tubuh kekurangan cairan, produksi lendir dan air liur menurun. Kondisi itu menyebabkan kelembapan dalam tenggorokan berkurang dan memicu timbulnya sakit tenggorokan.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih agar kondisi lembap dalam tenggorokan terjaga. Saat kondisi lembap dalam tenggorokan terjaga, selaput lendir akan bekerja dengan baik untuk melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Sistem kekebalan tubuh pun akan turut meningkat jika asupan cairan tubuh terpenuhi.

Hindari minum air putih dingin atau air es saat sakit tenggorokan. Lebih baik mengkonsumsi air putih dalam suhu ruang atau air putih hangat.


Jika sudah mencoba lima cara sederhana tersebut di atas tapi sakit tenggorokan tak kunjung reda, ada baiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan secara tepat.

You Might Also Like

2 komentar

  1. va suka makanan pedas & berminyak.
    ini sangat membantu 😊

    ReplyDelete

Total Pageviews