7 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

16:16

7 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat



Nyeri haid merupakan keluhan langganan setiap bulan yang bisa menjadi momok bagi wanita. Tidak perlu panik, ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan untuk mengatasi nyeri haid.

Nyeri haid atau dismenore adalah suatu kondisi ketika perut bagian bawah pada wanita mengalami nyeri atau kram saat menstruasi. Fase ini bisa terjadi sebelum menstruasi. Umumnya keluhan akan semakin menjadi saat hari pertama menstruasi. Ada yang mengalami keluhan ringan, ada pula yang berat hingga tidak bisa melakukan aktivitas sama sekali.


Dismenore atau nyeri haid ditandai dengan rasa nyeri atau kram pada perut bagian bawah. Walau disebut normal sebagai fase bulanan pada wanita, nyeri haid yang berlebihan tentu saja sangat mengganggu.

Berikut cara mengatasi nyeri haid tanpa mengkonsumsi obat.


1. Hindari makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas sebelum atau saat menstruasi akan memicu terjadinya hot flashes yang bisa memperburuk nyeri haid. Karenanya, lebih baik hindari mengkonsumsi makanan pedas sebelum dan saat menstruasi.


2. Kompres perut dengan air hangat

Masukan air hangat ke dalam botol atau ke dalam kantong, lalu gunakan untuk mengompres bagian perut yang mengalami nyeri. Rasa hangat akan membantu rileksasi pada otot-otot rahim yang sedang berkontraksi hingga mengurangi rasa nyeri.


3. Olah raga ringan

Ketika haid, wanita memang lebih suka bermalas-malasan. Akan tetapi, melakukan olah raga ringan bisa menjadi terapi untuk mengurangi nyeri haid. Olah raga membuat aliran darah lancar dan menghasilkan hormon endorfin. Endorfin merupakan pereda nyeri alami yang bisa menekan efek hormon prostaglandin yang merupakan pemicu rahim berkontraksi dan menyebabkan kram.

Olah raga yang bisa dipilih adalah jogging, senam aerobik, dan yoga.


4. Minum teh herbal

Memanfaatkan rempah-rempah yang menjadi bumbu dapur untuk membuat teh herbal untuk mengurangi nyeri haid. Teh herbal berbahan dasar kunyit sangat bagus dikonsumsi saat haid karena kunyit mengandung senyawa yang memiliki fungsi sebagai pereda nyeri. Kombinasikan kunyit dengan jahe dan perasan jeruk nipis/lemon dan ditambah madu untuk mendapatkan rasa yang nikmat dan efek menenangkan.


5. Minum air putih

Saat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dapat memicu terjadinya kram termasuk pada perut bagian bawah. Dengan mengkonsumsi cukup air putih, tubuh akan terhidrasi dan terhindar dari kram.


6. Hindari minuman tertentu

Minuman beralkohol dan bersoda sebaiknya dihindari saat haid. Teh dan kopi pun sebaiknya dihindari. Kafein pada teh dan kopi, juga minuman bersoda dan coklat dapat memperburuk kondisi kram dan nyeri otot perut.


7. Tidur

Tidur merupakan cara ampuh untuk mengatasi nyeri haid. Mandi air hangat, lalu tidur bisa menjadi cara untuk mengatasi nyeri haid. Disarankan untuk tidur dalam posisi tidur fetal atau posisi seperti bayi ketika berada dalam kandungan. Posisi tersebut akan membantu mengurangi kram dan nyeri karena otot perut dan bokong menjadi rileks.


Jika sudah menerapkan cara-cara tersebut di atas, tapi nyeri haid tak kunjung reda, baiknya minum obat pereda nyeri khusus nyeri haid yang dijual bebas di pasaran. Apabila nyeri haid terasa sangat berlebihan, baiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi pengobatan secara tepat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews