8 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

16:27

8 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



Madu merupakan salah satu sumber makanan alami yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Bentuknya cair dan memiliki rasa manis. Selain menjadi sumber makanan, madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Madu merupakan cairan alami yang mengandung gula dan senyawa penting lainnya. Madu mengandung karbohidrat kompleks, mineral, vitamin, dan antioksidan. Karena komposisinya yang lengkap, madu banyak digunakan dalam dunia medis dan kecantikan.

Berikut manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan.



1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu mengandung nutrisi bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Rutin mengkonsumsi satu sendok teh madu yang dicampur dengan segelas air hangat setiap pagi akan membantu meningkatkan kinerja sel-sel penting dalam tubuh. Selain itu, madu juga dapat memperkuat fungsi pencernaan.


2. Membantu proses penyembuhan

Karena memiliki kandungan antioksidan dan vitamin serta mineral penting lainnya, madu sangat baik dikonsumsi pada masa penyembuhan. Flu ringan dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi madu yang dicampur dengan jahe dan perasan air lemon/jeruk nipis. Selain itu, madu juga sangat manjur digunakan untuk penyembuhan sakit tenggorokan dan batuk.

Madu juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk sariawan. Ambil madu dan oleskan pada sariawan sebanyak tiga kali sehari akan mampu meredakan, bahkan menghilangkan sariawan.


3. Untuk detoks racun dalam tubuh

Mengkonsumsi madu secara rutin akan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh. Kandungan antioksidan pada madu mampu membersihkan racun dalam tubuh. Kombinasikan satu sendok teh madu dengan air hangat dan perasan lemon/jeruk nipis akan memberi efek detoksifikasi pada tubuh.


4. Mengurangi risiko serangan jantung, pencegahan untuk kanker, dan pengobatan untuk diabetes

Madu mengandung antioksidan yang bisa mencegah kanker. Selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi risiko serangan jantung. Kandungan manis alami pada madu merupakan perpaduan dari glukosa dan fruktosa. Kombinasi kedua zat tersebut membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah.


5. Menghilangkan bakteri jahat di dalam tubuh

Beberapa penelitian membuktikan bahwa madu mampu memerangi beberapa jenis bakteri jahat yang memicu timbulnya penyakit seperti salmonella dan E. coli.


6. Menjaga berat badan

Madu yang dikonsumsi dengan air hangat dan jeruk nipis/lemon dipercaya mampu mengatasi perut buncit secara alami. Perpaduan madu dengan jeruk nipis membuat pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih efektif.

Kandungan karbohidrat kompleks pada madu akan diubah menjadi kalori yang merupakan sumber energi untuk tubuh. Karenanya madu memberi efek kenyang dan baik dikonsumsi saat melakukan diet untuk menjaga berat badan.


7. Mengatasi insomnia

Mengkonsumsi madu sebelum tidur membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Mengkonsumsi madu sebelum tidur meningkatkan insulin dalam jumlah kecil. Insulin akan merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi yang mampu membuat suasana hati menjadi baik dan bisa membuat tidur pulas.


8. Masker alami untuk kecantikan

Madu juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Dengan rutin memakai madu sebagai masker, akan memberi banyak manfaat pada kulit seperti melembapkan kulit, menghilangkan flek hitam, menyamarkan noda bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, mencegah penuaan dini, dan masih banyak lagi.

Madu juga bisa digunakan sebagai pelembap bibir yang memberi manfaat untuk menjaga kondisi bibir. Madu bisa digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu madu juga memberi efek memerahkan bibir secara alami.

Madu yang digunakan sebagai masker rambut memberi efek menghitamkan rambut, membuat rambut lebih berkilau, dan menguatkan akar rambut. Selain itu, madu juga bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut.


Yuk mulai rutin konsumsi madu dari sekarang. Agar kita memperoleh manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews