7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

21:59

7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

(Photo by: Deki Chezta)


Menjaga kesehatan dan kecantikan merupakan suatu keharusan terutama bagi kaum hawa. Tahukah Anda bahwa untuk perawatan kesehatan dan kecantikan tidak membutuhkan biaya yang mahal? Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami di dapur untuk perawatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan buah tomat.

Tomat seringkali disebut sebagai sayur. Padahal tomat termasuk dalam kategori buah-buahan lho! Antioksidan alami yang terkandung dalam tomat yaitu likopen dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Tomat juga mengandung polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid, antioksidan yang juga bagus untuk tubuh.

Tomat termasuk golongan buah yang rendah lemak dan rendah kalori. Tomat kaya akan kandungan karotenoid, lutein, gula, vitamin A dan C, folat, serta kalium. Tomat juga mengandung banyak air. Karena itu lah banyak sekali manfaat buah tomat yang bisa kita dapatkan saat mengkonsumsinya.

Berikut manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan.


1. Mencegah terjadinya sembelit

Tomat merupakan sumber makanan yang mengandung air dan serat tinggi. Mengkonsumsi tomat secara rutin dapat menghindarkan kita dari sembelit, melancarkan buang air besar, dan mencegah dehidrasi.


2. Bagus untuk kesehatan mata

Tomat mengandung vitamin A, antioksidan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid yang sangat bagus untuk pemeliharaan kesehatan mata.


3. Menjaga kesehatan jantung

Likopen dan kalium efektif menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam jantung dan membantu menjaga kestabilan irama jantung. Kedua zat tersebut ada di dalam tomat. Selain itu, tomat juga mengandung nutrisi yang mampu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan penyakit jantung.


4. Bagus untuk kesehatan kulit

Tomat mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai perangsang kolagen. Antioksidan dalam tomat juga membantu mencegah kerusakan kulit akibat dari paparan sinar matahari dan asap polusi. Tomat dapat membantu mengatasi kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit.


5. Bagus untuk menurunkan dan menjaga berat badan

Tomat rendah lemak, kalori, dan karbohidrat. Namun, kaya akan serat dan nutrisi lainnya seperti vitamin, A dan C, kalium, folat, dan potasium. Tomat juga  kaya akan air. Mengkonsumsi tomat secara rutin mampu membantu menurunkan berat badan, mengecilkan lingkar pinggang, dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.


6. Meredakan jerawat dan mengecilkan pori-pori

Tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Selain itu kandungan nutrisi pada tomat juga mampu mengecilkan pori-pori kulit jika digunakan sebagai masker secara rutin.


7. Mengatasi wajah berminyak

Membuat jus tomat dicampur mentimun lalu diaplikasikan pada wajah sebagai masker dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah. Zat alami pada tomat mampu mengurangi kadar minyak berlebih, sedang mentimun memiliki efek mendinginkan dan menenangkan kulit.


Mudah dan murah, kan? Hanya dengan mengkonsumsi dan menggunakan buah tomat, kita akan mendapatkan berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews