Nyontek Resep Seblak Coet Ala Mamang Rafael

06:14

 Resep Seblak Coet Ala Mamang Rafael



Beberapa waktu lalu dunia maya diramaikan dengan aksi Duta Seblak Indonesia Aa Rafael Tan. Saya tahu ada seblak viral ala Rafael Tan dari Twitter. Jadi waktu itu ada yang pos di salah satu akun base, trus video ditaruh di reply. Simpel dan look so tasty. Jadi penasaran.

Di Instagram pun ternyata udah banyak yang memasak ulang resep seblak coet Rafael Tan. Jadi makin penasaran dong! Akhirnya request, nitip belanjaan ke Memes. Tolong beliin ini ini ini itu itu. Hehehe.

Alhamdulillah hari itu juga langsung ngumpul semua bahan dan siap mempraktekkan resep yang dapat nyontek dari Mamang Rafael. Bingung ya, manggilnya Aa, Mamang apa Koko gitu? Atau panggil Mas aja karena saya wong Jowo. Hehehe.

Tapiii mohon maaf ya karena bahan yang kami dapat nggak plek ngetiplek kayak bahan dari Mamang Rafael--lebih enak manggil mamang ternyata, kekeke. Kerupuk mawarnya, eh beneran ya namanya kerupuk mawar? Pokok kerupuk yang bulet itu dah ya, bentuknya kayak bunga. Di sini nyari yang semua putih kayak di resepnya Mamang Rafael nggak nemu. Adanya warna-warni kayak begini. Ada merah, putih, hijau, kuning, oranye, dan coklat. Warna-warni kayak pelangi deh jadinya.


Trus, untuk cabainya juga nggak dapet yang kayak di resepnya Mamang Rafael. Kalau di resepnya Mamang Rafael tuh di sini disebutnya lombok jempling atau cabe tentara. Emang biasanya agak susah karena orang nggak begitu suka. Biasanya digunakan untuk teman makan gorengan, kalau untuk dimasak, jarang yang suka. Padahal pedesnya oke banget cabe tentara, tapi emang ada kesan kayak agak sengir rasanya. Akhirnya pakek cabai ijo gede ini. Entah ini cabai apa ya namanya. Saya nyebutnya lombok cilik. Hehehe. Kalau nggak salah, ini cabai domba kah? Eh, bukan ya? Kata Emak sih lombok jowo. Ga tau lagi deh. Dua bahan itu aja yang nggak mirip. Lainnya insyaallah sama walau beda merek. Hehehe.


Ini resep hasil nyontek Mamang Rafael. Resep seblak coet ala Mamang Rafael antara lain:


• Kerupuk bunga secukupnya (diresep ini seingat saya pakai 25 butir kerupuk)

• 7 buah cabai rawit hijau

• 3 buah cabai rawit merah

• 3 siung bawang putih

• 1 ruas jari kencur

• 2 sdm minyak goreng

• Garam secukupnya

• Gula secukupnya (ini lupa di resep asli ada gula apa nggak, tapi pas saya bikin terlanjur tambahin gula)

• Kaldu jamur secukupnya


Cara masaknya juga simpel dan gampang banget. Simak yuk!

• Cuci bersih cabai, bawang dan kencur yang sudah dikupas, lalu ulek atau gerus.

• Setelah bumbu dihaluskan, tambahkan garam, gula, dan kaldu jamur secukupnya, lalu aduk hingga rata.

• Panaskan 2 sdm minyak goreng sampai benar-benar panas, lalu tuangkan ke dalam bumbu halus dan aduk-aduk sampai merata.

• Rebus kerupuk, tambahkan setetes minyak goreng/minyak sayur agar tidak lengket, tiriskan, lalu masukkan ke dalam bumbu dan aduk rata.


Gampang banget kan! Setelah diaduk rata, makan selagi hangat. Asli enaaak banget! Pantesan viral. Selain bahannya tuh murah banget, bikinnya simpel dan gampang, rasanya tuh enak dan bikin kenyang. Nih yang mau nonton video cookbang dan mukbang seblak coet ala Mamang Rafael.


Ini pakek cabai 10 asli pedes banget! Sampai nangis-nangis pas makan. Sukses bikin keringetan juga. Krupuknya tuh kenyal dan empuk, trus bumbunya medhok banget. Enaaak wes pokoknya! Yang mau niruin pakek resep ini dan nggak doyan pedes, kurangin aja jumlah cabainya. Itu sisa kerupuk masih ada. Ntar mau bikin lagi seblak coet ala Mamang Rafael nya. Selamat mencoba.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews