Review Drama Korea Glitch (2022)

05:47

 Glitch



Usaha seorang gadis untuk menyelamatkan pacarnya yang diculik alien.


• Judul:

  - Global: Glitch

  - Revised romanization: Glitch

  - Hangul: 글리치

• Sutradara: Roh Deok

• Penulis: Jin Han Sae

• Network: Netflix

• Episode: 10

• Tanggal rilis: 7 Oktober 2022

• Durasi: ± 50 menit per episode

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Pemeran:

   - Jeon Yeo Bin: Hong Ji Hyo

   - Nana: Huh Bo Ra

   - Lee Dong Hwi: Lee Si Guk


Hong Ji Hyo (Jeon Yeo Bin) kehilangan pacarnya usai meminta putus. Di lokasi terakhir pacarnya berada, ia menemukan tanda aneh yang ia yakini sebagai tanda kehadiran alien. Merasa bahwa pacarnya diculik alien, Ji Hyo mencari petunjuk di internet dan menemukan sebuah blog yang menggunakan gambar alien seperti alien yang sering lihat usai kehilangan pacarnya. Ji Hyo bergabung dengan Klub UFO untuk mencari petunjuk dan bertemu Huh Bo Ra (Nana), penulis blog yang selama ini ia cari.


Dari poster nih ya, sok-sokan nebak apa ceritanya ntar manusia sohiban ama alien? Karena alien nya bikin keinget ama karakter Jadoo dari film India Koi Mil Gaya--walau ya beda banget, tapi entah kenapa otak saya malah keinget ama Jadoo. Sebenernya agak ngeri liat penampakan alien nya, entah serem aja rasanya. Trus yang menarik lagi, pemeran utamanya ada Jeon Yeo Bin dan Nana. Ah, Nana! Jadi kangen After School. Heuheuheu.


Tebakan saya salah! Drama ini bukan tentang manusia yang berteman dengan alien, tapi lebih mengejutkan lagi yaitu tentang sekte yang memercayai alien sebagai Cahaya Ilahi yang bakal menolong manusia. Mengejutkan sekali! Di luar dugaan. Mana di awal digiring kayak ini tuh real tentang alien karena karakter utama, Hong Ji Hyo (Jeon Yeo Bin) bolak-balik liat penampakan alien.


Hal itu dialami Ji Hyo sejak SMP usai berburu alien di padang rumput. Doi emang penasaran ama alien dan pengen liat langsung, makanya melakukan percobaan-percobaan biar bisa ketemu dan komunikasi sama alien.

Saking kacaunya hidup Ji Hyo karena alien, doi sampai memutuskan untuk konsultasi psikologi. Trus, hubungannya sama mas pacar, Lee Si Guk (Lee Dong Hwi) jadi memburuk. Padahal kehidupan Ji Hyo terbilang sangat baik; keluarga harmonis, karir mapan, ada pacar yang penyayang dan mapan.


Si Guk udah merencanakan pindah rumah lebih bagus lalu hidup bareng ama Ji Hyo. Tapi ketika diajak ngobrol soal itu, Ji Hyo malah ngakal putus. Pasca kejadian itu, Si Guk tiba-tiba menghilang. Di lokasi kejadian, Ji Hyo melihat sekumpulan serangga yang membentuk tanda (crop circle) yang membuatnya percaya bahwa Si Guk diculik alien.

Ji Hyo berusaha mencari Si Guk dan mencari petunjuk di internet yang membawanya bergabung dengan Klub UFO. Di sana ia bertemu dengan Huh Bo Ra (Nana), penulis blog tentang alien yang selama ini ia cari karena menggunakan logo alien seperti alien yang sering ia lihat.


Jujur alur ceritanya seru! Penonton nggak cuman disuruh nonton, tapi disuruh mikir, nebak-nebak apa bener Si Guk diculik alien. Banyak teka-teki yang bikin pengen lanjut nonton dan nonton biar nyampek episode akhir dan ketemu jawabannya.

Banyak plot twist yang disajikan, bikin saya terwah-wah. Karena emang ga mau mikir walau kepikiran, wkwkwk, jadi ikutin aja alurnya dan ya dibikin kagum ama plot twist-nya.


Karena ini ada bahas tentang sekte, udah pasti bikin kesel sama ulah pemimpin dan pengikutnya. Kok bisa ya para pengikutnya jadi fanatik banget sampai rela nglakuin apa aja. Trus, kok bisa jemaatnya banyak banget. Tapi setelah tahu latar belakang pendeta, jadi memaklumi kalau pengikutnya banyak.

Karakter Direct Kim/Kim Chan Woo (Ko Chang Seok) yang penuh misteri dan penuh kejutan. Sosok bapak yang rela melakukan apa saja demi anaknya termasuk nyamar jadi jemaat agar bisa ketemu sama anaknya yang diculik anggota sekte. Bagian ini juga plot twist banget.


Karakter Kim Young Gi (Jung Da Bin) yanh ngeselin banget tapi bikin hati tersentuh waktu Sang Mesias nongol. Jadi suka ama karakter ini. Antagonis yang membelot selalu memesona. Dia juga plot twist banget.


Tegangnya dapet, keselnya dapet, komedinya juga dapet. Nggak cuman tingkah Bora ama Ji Hyo yang bikin ngakak. Trio anggota Klub UFO; Kapten (Tae Won Seok), Philip (Park Won Suk), dan Dong Hyuk (Lee Min Goo) beneran bikin ngakak. Kapten yang lebih takut kehilangan otot tubuhnya dibanding tim, tapi bisa diandalkan di saat genting. Walau agak lemot, kalau urusan gelut nggak diragukan lagi.


Philip yang banyak tahu informasi tentang alien tapi super penakut. Paling kocak adegan Philip suruh alihin perhatian penjaga pintu rumah sakit jiwa sama Bora. Tingkahnya beneran kayak orang gila. Lucu!


Lalu ada si Dong Hyuk yang bikin mikir, lu jadi anggota klub fungsinya apa. Anak mama yang suka berisik dan bikin video konten adalah yang utama.


Beneran chaos dah anggota Klub UFO ama random-nya tingkah para member. Tapi mereka kompak dan setia kawan banget, walau hampir mati karena bantuin Bora dan Ji Hyo nerobos markas rahasia sekte.


Dukung kapal Ji Hyo ama Kim Byung Jo (Ryoo Kyung Soo) tapi nggak ada hilal bakalan berlayar. Mas-mas polisi yang akhirnya rela turun ke lapangan buat nyelidikin kasus sekte yang sempat dihentikan demi Ji Hyo.


Asli semua tuh dikemas apik, tapi menjelang ending agak mengecewakan. Ini pendapat saya, mohon maaf yang kontra. Karena dari awal alur digiring lebih condong ke sekte, aslinya dah bagus kalau alien nya digambarin beneran nggak ada. Jadi murni tentang sekte yang menuhankan alien. Entah rasanya penyelesaian konflik di ending bikin kurang puas aja, walau lega akhirnya semua karakter mendapatkan akhir yang sesuai.


Paling suka ama persahabatan Ji Hyo dan Bora. Alih-alih karena alien, rasanya lebih bagus jika Ji Hyo beneran hanya berhalusinasi karena luka batinnya yang salah paham ke Bora. Lalu, takdir mempertemukan mereka kembali untuk memperbaiki salah paham di masa lalu.

Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Sumber informasi: AsianWiki.

Sumber poster: AsianWiki & Hancinema.


Tempurung kura-kura, 27 April 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews