Review Film Jumanji: Welcome to the Jungle (2017)

05:26

 Jumanji: Welcome to the Jungle



Sebuah permainan yang membawa para pemuda masuk ke dalam dunia Jumanji untuk mematahkan sebuah kutukan


• Judul: Jumanji: Welcome to the Jungle

• Sutradara: Jake Kasdan

• Penulis Cerita: Chris McKenna

• Perusahaan produksi:

   - Columbia Pictures

   - Matt Tolmach Productions

   - Seven Bucks Production

• Distributor: Sony Pictures Releasing

• Tanggal rilis: 20 Desember 2017 di Amerika Serikat

• Durasi: 119 menit

• Negara: Amerika Serikat

• Bahasa: Inggris

• Catatan: Berdasarkan Jumanji karya Chris Van Allsburg

• Pemeran:

  - Dwayne Johnson: Dr. Xander "Smolder" Bravestone

  - Alex Wolff: Spencer Gilpin

  - Kevin Hart: Franklin "Mouse" Finbar

  - Ser'Darius Blain: Anthony "Fridge" Johnson

  - Jack Black: Profesor Sheldon "Shelly" Oberon

  - Madison Iseman: Bethany Walker

  - Karen Gillan: Ruby Roundhouse

  - Morgan Turner: Martha Kaply

  - Nick Jonas: Jefferson "Seaplane" McDonough

  - Colin Hanks: Alex Vreeke


Di tahun 1996 remaja bernama Alex Vreeke menerima permainan bernama Jumanji yang ditemukan ayahnya di pantai. Alex membuka papan permainan itu dan memilih karakter, lalu ia menghilang.

Alex terkenal sebagai pemuda malang yang hilang. Di tahun 2017, tepatnya 20 tahun sejak ia dinyatakan hilang, rumahnya mengalami rusak parah namun sang ayah yang sudah putus asa mencarinya masih tinggal di sana.

Di tahun yang sama, empat murid dari SMA Brantford yaitu Spencer Gilpin, Anthony "Fridge" Johnson, Bethany Walker, dan Martha Kaply menerima hukuman karena pelanggaran yang mereka perbuat. Keempatnya dihukum untuk membersihkan ruang bawah tanah. Fridge menemukan sebuah mesin permainan game dan Spencer mencoba menyalakannya. Untuk membuang bosan, Fridge dan Spencer mencoba permainan, mengundang Bethany dan Martha untuk bergabung. Setelah memilih karakter masing-masing, keempatnya menghilang dari dunia nyata dan terdampar di dunia permainan bernama Jumanji. Mereka berempat tidak akan bisa kembali ke dunia nyata jika tidak bisa mematahkan kutukan dalam Jumanji.


Lebaran 2023 masih kebagian tugas jadi satpam yang harus stay di rumah, jaga markas. Hari Sabtu, sambil menunggu sanak saudara datang, iseng ikut nonton televisi. Eh? Ada Jumanji? Wah! Salah satu film favorit yang dulu juga sering tayang di televisi dan selalu nonton. Seneng banget pada mau diajak nobar. Tapi, kok beda? Lalu keinget dulu sempet baca berita tentang Jumanji yang dibuat versi barunya. Tetep semangat nonton. Penasaran bakalan kayak gimana ceritanya. Apakah sama dengan Jumanji tahun 1995 yang dulu sering saya tonton atau beda.

Udah banyak lupanya ama film Jumanji 1995. Yang pasti siapa pun yang memainkan papan Jumanji--yang menurut saya, dulu, mirip sama monopoli--akan terseret ke dalam dunia game bernama Jumanji. Yang khas ada suara tabuhan genderangnya. Asli filmnya dulu lucu, plus bikin tegang. Menghibur sekali.


Versi 2017 kurang lebih sama. Kejadian di tahun 1996 masih menggunakan papan permainan kayak di film tahun 1995. Tapi kejadian di tahun 2017 udah ganti pakek video game. Saya lupa, apa yang versi tahun 1995, pemain yang terseret ke game apa memerankan karakter game kayak di tahun 2017.

Empat murid SMA Brantford yaitu Spencer Gilpin, Anthony "Fridge" Johnson, Bethany Walker, dan Martha Kaply dihukum membersihkan basement karena melakukan pelanggaran. Spencer Gilpin (Alex Wolff) kutu buku yang canggung, Anthony "Fridge" Johnson (Ser'Darius Blain) atlit sekolah yang agak nyebelin, Bethany Walker (Madison Iseman) yang sibuk ama ponselnya karena galau habis putus ama pacarnya, dan Martha Kaply (Morgan Turner) si gadis pendiam namun pemberontak harus bekerja sama untuk membersihkan ruang bawah tanah.


Fridge menemukan video game usang dan mencoba memainkannya bersama Spencer. Karena ada empat karakter--sebenarnya lima, tapi satu nggak bisa dipilih--keduanya mengundang Bethany dan Martha untuk bergabung. Setelah memilih karakter masing-masing, keempatnya tersedot ke dimensi lain dan terjatuh di tengah hutan belantara. Yang paling mengejutkan, penampilan keempatnya berubah total.


Spencer memiliki penampilan Dr. Xander "Smolder" Bravestone (Dwayne Johnson). Pria penjelajah dengan tubuh yang atletis dan kuat.


Fridge memerankan karakter Franklin "Mouse" Finbar (Kevin Hart). Ahli zoologi berkulit hitam yang super bawel.


Bethany memiliki penampilan Profesor Sheldon "Shelly" Oberon (Jack Black). Ahli sains dengan penampilan tambun dan pendek.


Sedang Martha mendapatkan karakter Ruby Roundhouse (Karen Gillan). Petarung wanita yang cantik dan seksi.


Walau awalnya bingung, namun keempatnya kemudian menyadari jika penampilan fisik mereka adalah karakter dalam game.


Sama-sama serunya dengan film tahun 1995. Secara visualisasi tentu lebih apik di tahun 2017. Nuansa komedinya dapet banget. Sukses bikin ngakak. Empat anak SMA beda karakter, cuman satu yang paham game, tiba-tiba jadi player dalam game dan harus menyelasaikan misi. Mana terjebak di dunia Jumanji yang penuh kengerian. Mau nggak mau mereka harus kerja sama.

Paling suka ama karakter Profesor Shelly. Karena yang jadi si profesor ini kan Bethany, cewek yang seksi dan lagi galau ama masalah hidupnya, jadi lucu aja. Profesornya kalau jalan jadi agak nglembengi, trus kalau ngomong juga jadi lembut kayak cewek. Paling kocak pas Profesor ngajarin Ruby buat menggoda penjaga gudang. Asli dah Ruby bikin ngakak. Awalnya saya kira yang milih peran Profesor adalah Martha, baru di tengah film ngeh kalau itu adalah Bethany.


Di dunia nyata Martha adalah cewek yang canggung dan boleh dibilang kuper. Tapi karakter Ruby yang dia mainkan dalam game keren banget. Cantik, seksi dan jago berkelahi. Walau kadang masih agak kagok, pas kemampuan gelutnya nongol, jadi kece banget.


Paling menawan penampilan Dr. Bravestone yang dimainkan Spencer. Atletis, kuat dan punya jiwa kepemimpinan. Sampai-sampai bikin Profesor bolak-balik terkesima.


Fridge di dunia nyata sebagai atlet dan dalam urusan pelajaran agak kurang pandai. Tapi di game, perannya sebagai ahli zoologi bernama Franklin "Mouse" Finbar yang pandai plus sohibnya Dr. Bravestone.


Misi menyatukan empat remaja yang berbeda, saling membahu, menopang satu sama lain. Ada kalanya mereka cek-cok sampai saling bunuh, ada kalanya mereka bersedih bersama. Keempatnya jadi lebih mengenal satu sama lain.

Kenapa di game karakter Jefferson "Seaplane" McDonough (Nick Jonas) si pilot nggak bisa dipilih? Karena udah ada yang ngisi dan tak lain adalah Alex si pemuda yang hilang. Jadi selama 20 tahun Alex bersembunyi di dunia Jumanji karena nggak bisa menyelesaikan permainan.


Karena nyawanya tinggal satu, Alex memutuskan sembunyi. Jika ia tidak melindungi dirinya dan nyawanya yang tinggal satu, maka ia akan beneran mati.


Lucunya dapet, tegangnya dapet, trus menyentuh juga. Komplit! Lebih banyak ke humornya sih. Asli menghibur banget. Entah di tahun 2017 apa yang membuat saya melewatkan film keren ini. Visualisasinya bener-bener memanjakan mata. Terlebih pas film selesai dikasih lagunya GNR yang Welcome to the Jungle. Paket komplit deh! Hehehe. Makasih Trans TV yang udah menanyangkan Jumanji: Welcome to the Jungle untuk menemani libur Lebaran.


Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Sumber informasi: Wikipedia.

Sumber poster: IMP Awards.


Tempurung kura-kura, 24 April 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews