Mengulik Manfaat Legen, Minuman Khas Lamongan

05:06

 Manfaat Legen Untuk Kesehatan


(Sumber foto: Pixabay)

Berkunjung ke Lamongan atau Tuban, rasanya kurang pas jika tidak mencoba minuman khasnya yaitu legen. Legen merupakan nira siwalan atau lontar yang dihasilkan dengan cara menyayat kuncup bunga dari pohon lontar, lalu menampung getahnya ke dalam potongan bambu.

Nama legen berasal dari kata dalam bahasa Jawa yaitu legi yang berarti manis. Konon dari kata tersebut minuman khas Lamongan dan Tuban ini disebut legen.

Legen adalah cairan berwarna putih, memiliki aroma yang khas serta rasa manis dan ada sedikit rasa asam. Setelah dipanen, legen dapat langsung dikonsumsi sebagai minuman. Sayangnya legen tidak bisa bertahan lama. Beberapa jam setelah dipanen, legen akan mengalami fermentasi. Namun, apabila dikemas dengan baik dan benar, legen dapat bertahan maksimal sampai dua hari tanpa mengalami fermentasi.

Jika sudah mengalami fermentasi, legen akan berubah nama menjadi tuak. Baunya menjadi lebih tajam, rasanya pun menjadi lebih asam bahkan ada rasa pahit serta ada sensasi seperti minuman bersoda. Tuak yang mengandung alkohol pun memabukkan.

Legen yang masih segar dan belum mengalami fermentasi memberi banyak manfaat untuk tubuh lho! Yuk simak apa saja manfaatnya!


1. Sumber energi & menghidrasi tubuh

Memiliki rasa manis karena gula alami, legen bisa dijadikan sumber energi untuk tubuh. Merupakan minuman isotonik yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang karena berkeringat dan beraktivitas hingga mencegah terjadinya dehidrasi dan mengembalikan stamina.


2. Membantu kinerja sistem pencernaan

Legen mengandung serat walau tak sebanyak buah siwalan, serta termasuk minuman isotonik seperti air kelapa yang memberi manfaat membantu kinerja pencernaan. Mampu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.


3. Bagus untuk kesehatan kulit

Apabila tubuh selalu terhidrasi manfaat yang bisa diperoleh adalah kesehatan kulit. Mengandung serat alami serta zat penting lainnya pada legen akan membuat kulit jadi halus dan lembap. Kulit pun tampak segar dan sehat.


4. Antibiotik alami

Legen memiliki kandungan antibiotik alami yang bagus untuk melawan bakteri dan virus jahat.


5. Obat alami untuk meredakan stres

Legen mengandung vitamin yang dapat meningkatkan dan memperbaiki mood. Minum air legen yang manis dapat meredakan stres.


Wah, memiliki rasa yang enak, legen nggak hanya jadi pelepas dahaga karena banyak manfaat yang bisa didapat darinya. Masih ragu untuk mencoba? Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews