Obat Alami Untuk Masalah Pencernaan, Buah Siwalan Punya Banyak Manfaat Lain Untuk Tubuh

05:08

 Manfaat Buah Siwalan Untuk Kesehatan & Kecantikan



Jika shi-gUi berwisata ke daerah pantura Jawa Timur terutama di daerah Lamongan dan Tuban pasti akan menemukan banyak penjual buah siwalan di pinggir jalan raya utama. Buah siwalan menjadi salah satu buah oleh-oleh khas Lamongan dan Tuban.

Buah siwalan adalah buah dari pohon siwalan (Borassus Flabellifer). Dikenal juga dengan buah lontar dalam bahasa Jawa. Di Indonesia sendiri, siwalan dikenal dengan banyak nama, berbeda di setiap daerahnya seperti di Jawa disebut siwalan. Di Sunda dan Bali disebut ental, di Madura disebut ta'al, di Makassar disebut tala', dalam bahasa Bugis disebut ta', jun tal adalah nama dalam bahasa Sumbawa, tal nama dalam bahasa Sasak, koli nama di Maluku Tenggara, lontara sebutan dari Toraja, lontoir sebutan dari Ambon, manggita/manggitu nama dari Sumba, dan tua adalah nama dari Timor.

Termasuk dalam tanaman palma, rasa buah siwalan mirip kolang kaling tapi bentuknya lebih besar. Hampir sama dengan kelapa, bagian dalam buah ada air yang terasa manis dan sedikit asam. Siwalan rasanya mirip nata de coco, empuk dan kenyal, serta manis jika buahnya masih muda. Jika terlalu tua, daging buah keras dan biasanya bagian dalam tidak ada air.


Kandungan dalam buah siwalan beragam yaitu vitamin (A, B, C, E, dan K), fosfor, kalium, kalsium, karbohidrat, protein, serat, dan zat besi. Rajin mengonsumsi buah siwalan, bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Lalu, apa saja manfaat buah siwalan untuk tubuh? Mari kita bahas!


1. Menghidrasi tubuh

Betapa Tuhan itu Maha Adil dan Maha Keren. Buah siwalan banyak ditemui di daerah panas seperti wilayah pantai, salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi buah siwalan adalah dapat mencegah dehidrasi. Di daerah panas membuat kita sering berkeringat, buah siwalan mengandung air yang tak hanya mampu mengatasi rasa dahaga dan mencegah dehidrasi, tapi juga memberi efek mendinginkan tubuh. Tubuh akan terasa tetap sejuk walau ada di cuaca panas.


2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Selain mengandung air, siwalan juga mengandung serat. Rajin mengonsumsi siwalan bisa mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah menurunkan kadar asam lambung hingga bisa menjadi obat alami untuk maag. Buah siwalan juga bisa mengurangi rasa mual, hingga baik dikonsumsi wanita hamil.


3. Baik untuk kesehatan hati

Dalam buah siwalan ada kandungan potasium hingga memberi manfaat terjaganya kesehatan hati, agar bisa berfungsi dengan baik.


4. Obat alami untuk migrain

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang sangat mengganggu penderitanya. Selain rasa sakit di kepala, gejala lain yang dirasakan adalah sensitif terhadap cahaya, mual bahkan muntah. Mengonsumsi buah siwalan dapat mengurangi gejala migrain.


5. Antibiotik dan antioksidan alami

Buah siwalan memiliki kandungan antioksidan alami yang baik untuk memerangi bakteri dan virus jahat. Turut memaksimalkan kinerja bakteri baik dalam tubuh untuk melawan bakteri jahat.

Buah siwalan juga mengandung antioksidan alami yang dapat mendukung kinerja tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.


6. Baik untuk kesehatan kulit dan mengatasi masalah kulit

Cuaca panas bisa menimbulkan gangguan pada kulit seperti kulit kering yang menyebabkan rasa gatal, biang keringat, dan ruam-ruam merah. Buah siwalan mempunyai sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi masalah pada kulit dengan cara menempelkan langsung irisam buah siwalan ke bagian kulit yang bermasalah atau menghancurkannya untuk kemudian dijadikan masker.

Buah siwalan mengandung vitamin C yang memberi efek baik untuk kesehatan kulit. Kulit akan terhindar dari jerawat dan karena adanya kandungan antioksidan membuat kulit jadi awet muda.


7. Sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung program diet

Dalam buah siwalan terdapat kadar gula alami yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengandung banyak air dan serat, buah siwalan juga rendah kalori jadi bisa menjadi pilihan makanan untuk diet. Mengganti camilan dengan buah siwalan akan memberikan rasa kenyang lebih lama.


Kandungan vitamin C pada buah siwalan juga disebutkan mampu memperbaiki mood menjadi lebih baik hingga stres pun mereda. Setelah mengetahui banyaknya manfaat buah siwalan, apakah masih ragu untuk mengonsumsinya? Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews